78 Penyelam Polda Papua Ikut Pecahkan Rekor Dunia di Manado

Konten Media Partner
3 Agustus 2019 21:15
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ketua Bhayangkari Polda Papua, Ny Wati Rudolf Rodja ikut serta dalam memecahkan rekor dunia di Manado. (Dok: Polda Papua)
ADVERTISEMENT
Jayapura, BUMIPAPUA.COM - Wanita Selam Indonesia (WASI) pecahkan rekor dunia, Guinness World of Record (GWR) untuk rangkaian manusia terpanjang di bawah air. Aksi menyelam dilakukan di Pantai Kawasan Megamas, Manado, Provinsi Sulawesi Utara.
ADVERTISEMENT
WASI pun mencatat rekor dunia selam yang akan dicatatkan untuk sejarah baru Indonesia. Rekor pertama adalah penyelaman massal terbanyak (Most People Scuba Diving) yang dilakukan pada Kamis (1/8) dan pembentangan bendera terbesar di bawah air (Largest Unfurled Flag Underwater) yang dilakukan pada Sabtu (3/8).
Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol AM Kamal menyebutkan sebanyak 578 penyelam ikut berpartisipasi yang terdiri dari berbagai usia dan gender. Aksi ini dilakukan dalam waktu 7 menit bergandengan bersama di bawah air.
"Penyelam Papua dipimpin oleh Bapak Kapolda Papua dan bersama ribuan penyelam lainnya berhasil bergandengan tangan tanpa terputus di lautan biru itu," kata Kamal, Sabtu (3/8).
Penyelam dari Bhayangkari Polda Papua mendapat arahan dari Kasat Brimob Polda Papua. (Dok: Polda Papua)
Aksi lainnya yang dilakukan WASI pada rekor kedua GWR adalah pembentangan Bendera Merah Putih di bawah air apda Sabtu (3/8). Ikut dalam pemecahan rekor ini Kapolri Jenderal Tito Karnavian bersama Ketua Bhayangkari pusat Ny Tri Tito Karnavian.
ADVERTISEMENT
Kegiatan dimulai dengan pengecekan kembali alat-alat selam oleh tim Polda Papua dan dilanjutkan penyelaman di Pantai Megamas Manado.
"Ada lebih dari 3.000 penyelam pria maupun wanita siap pecahkan rekor penyelam terbanyak dan pembentangan Bendera Merah Putih terbesar di bawah air," kata Kamal.
Wara Manado terlihat memadati pantai tersebut, untuk melihat langsung even spektakuler ini. (Katharina)