News
·
7 November 2020 19:51

Bandara Sentani Jayapura Ganti Nama Dortheys Hiyo Eluay

Konten ini diproduksi oleh Bumi Papua
Bandara Sentani Jayapura Ganti Nama Dortheys Hiyo Eluay (137600)
Bandara Sentani di Kabupaten Jayapura yang menjadi salah satu bandara terbesar di Papua. (Bumipapua.com/Alan Youwe)
Sentani, BUMIPAPUA.COM- Bandara Sentani di Kabupaten Jayapura Papua berganti nama menjadi Bandara Dortheys Hiyo Eluay, melalui Peraturan Daerah Khusus (Perdasus) dalam rapat paripurna DPRD Jayapura.
ADVERTISEMENT
Ondofolo Kampung Sereh, Sentani, Yanto Eluay menuturkan putusan pergantian nama telah dilakukan dalam sidang paripurna DPRD Jayapura non APBD khusus penetapan 12 perdasus.
"Tahapan berikutnya, Kementerian Perhubungan akan melakukan perubahan nama secara administrasi," ujar Yanto Eluay, usai menghadiri ucapan syukur dan KKR pemulihan Ondofolo Khose dan masyarakat Puyakha di Taman Kota Sentani, Sabtu (7/11).
Yanto Eluay yang juga putra Theys Hiyo Eluay berharap dengan disahkan pergantian nama bandara itu, jangan ada lagi suara sumbang yang menentang perubahan nama.
"Jika sudah ditetapkan dalam sidang paripurna melalui tahapan demi tahapan, maka nama tersebut sudah mempunyai kekuatan hukum tetap, sehingga tak bisa diganggu gugat," ujarnya.
Yanto menyebutkan bandara tersebut masuk dalam wilayah adat Kampung Sereh dan kawasan bandara masuk sebagai tanah milik almarhum Theys Hiyo Eluay.
ADVERTISEMENT
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, sosok Theys Hiyo Eluay adalah figur untuk orang asli Papua yang membela hak-hak dasar masyarakat adat secara khusus orang Sentani.
"Almarhun (Theys) adalah tokoh hak asasi manusia. Ia selalu membela hak masyarakat asli Papua. Almarhun Theys mempunyai visi yang besar untuk masyarakat adat. Bagaimana masyarakat adat bisa masuk ke suatu modernisasi dan bertransfomasi ke arah yang lebih baik untuk menyongsong masa depan," ujarnya Mathius.