kumparan
28 Oktober 2019 11:54

Jokowi Pastikan Pasar Wouma Wamena Kembali Berfungsi dalam 2 Minggu

Jokowi di Wamena_BumiPapua_Tarsi.jpeg
Presiden Joko Widodo di Wamena. (BumiPapua.com/Stefanus Tarsi)
Wamena, BUMIPAPUA.COM - Pasar Wouma, salah satu pasar tradisional terbesar di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, dipastikan akan dibangun dan dapat berfungsi kembali 2 minggu ke depan.
ADVERTISEMENT
Kepastian ini didapat dari kunjungan Presiden Joko Widodo ke Wamena pada Senin siang (28/10).
Lanjut Jokowi, warga di Wamena dan sekitanya membutuhkan pasar, guna menjual hasil kebunnya.
"Pasar Wouma akan kembali berfungsi untuk kebutuhan bersama. Pedagang dapat kembali menjual sayur mayur, buah-buahan, dan logistik yang diperlukan masyarakat Wamena dan sekitarnya," jelas Jokowi di Wamena, Senin (28/10).
Pasar Wouma akan digenjot pengerjaannya dan pemerintah juga akan memberikan paket (modal) kepada pedagang. "Ini dimaksudkan agar kegiatan ekonomi di pasar pulih secepatnya," jelasnya.
Jokowi tiba di Wamena_BumiPapua_tarsi.jpeg
Presiden Joko Widodo di Wamena. (BumiPapua.com/Stefanus Tarsi)
Pengerjaan rumah warga yang dibakar perusuh pun akan dikerjakan oleh Kementrian PUPR.
"Rumah warga, ruko juga akan dikerjakan dalam waktu dekat. Semua akan dikerjakan cepat, agar semuanya normal, ekonomi bergerak normal dan saya kira ini yang diharapkan di Wamena," katanya.
ADVERTISEMENT
Kata Jokowi, nantinya kios-kios di Pasar Wouma akan dibuat dengan model swakelola yang bekerja sama dengan BUMN.
"Dua minggu akan selesai semua. Kerja cepat untuk Wamena dan ini bukan hanya ekonomi di Wamena, tapi di seluruh wilayah Papua dan Papua Barat, semua akan normal kembali," ujarnya.
Jokowi berpesan pasca-rusuh di Wamena atau di daerah lainnya di Papua, diharapkan semua pihak menjadikan kejadian ini pelajaran yang baik dan semua pihak harus pegang komitmen.
"Pegang komitmen dan saling bersatu bersama membangun tanah Papua. TNI Polri dan pemerintah menjamin keamanan agar ekonomi yang ada kembali normal. Indonesia adalah negara besar dan jika ada masalah bisa dibicarakan untuk diselesaikan," jelasnya.
Sebelumnya, pada 23 September 2019, Pasar Wouma menjadi daerah terparah kerusakannya pada rusuh Wamena. Pasar tradisional terbesar di Wamena ini habis terbakar dan tak ada yang tersisa. Termasuk korban jiwa juga paling banyak ditemukan di lokasi ini pada reruntuhan material bangunan yang terbakar.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan