News
·
1 Mei 2021 14:49

Kabel Bawah Laut Telkom Putus, Internet Papua Mati Total

Konten ini diproduksi oleh Bumi Papua
Kabel Bawah Laut Telkom Putus, Internet Papua Mati Total (527565)
Ilustrasi internet nirkabel. Foto: Shutter Stock
Jaringan internet di Jayapura putus dan tidak bisa digunakan, pada Jumat malam (30/4). Hilangnya jaringan Internet tersebut diakibatkan karena putusnya kabel optik yang ada di wilayah Jayapura antara Sarmi dan Biak. Dari pantauan tim Bumi Papua, penggunaan telepon dan SMS baru bisa dilakukan, pada Sabtu siang (1/5).
ADVERTISEMENT
“Kami mendatangkan kapal, pengurusan perizinan, memasukkan alat ke dalam laut, lalu mulai dilakukan pengerjaan,” kata Kepala Telkom Jayapura, Sugeng melalui pesan singkat, Sabtu (1/5).
Ia menerangkan saat ini sedang dilakukan contigen C, karena gangguan total termasuk jaringan Telkomsel. Pihak Telkom Jayapura sedang berupaya melakukan radio PRT dari Jayapura menuju Merauke sebesar 300 MBPS.
Di hari yang sama tim dari Bumi Papua, Katharina, memberitahukan bahwa dia dan juga tim lainnya kesulitan untuk menaikkan berita yang disebabkan karena putusnya kabel bawah laut milik telkom Jayapura.
Katharina bercerita kalau mereka harus mencari hotel yang ada jaringannya untuk bisa menyampaikan berita ini ke tim kumparan yang berada di Jakarta. Akhirnya perjuangannya membuahkan hasil, di siang hari, Katharina bisa menghubungi tim kumparan melalui SMS.
ADVERTISEMENT
Sehingga berita ini dinaikkan oleh tim kumparan yang ada berada di Jakarta.