kumparan
KONTEN PUBLISHER
13 Januari 2020 18:51

KKB Pimpinan Joni Botak Diduga Jadi Pelaku Penembakan Bus di Papua

WhatsApp Image 2020-01-13 at 11.22.48.jpeg
Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw usai melakukan oleh tempat kejadian perkara lokasi penembakan di Mile 53 dan Mile 54. (Dok: Istimewa)
Jayapura, BUMIPAPUA.COM – Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw menduga pelaku penembakan di Mile 53 dan Mile 54 jalan tambang PT Freeport Indonesia (PTFI) pagi tadi dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) Joni Botak.
ADVERTISEMENT
Kapolda Papua bersama Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gede Era Adhinata, yang turun ke lokasi kejadian usai penembakan, langsung menuju ke lokasi penembakan, guna menyaksikan olah tempat kejadian perkara (TKP).
Kapolda menyebutkan KKB pimpinan Joni Botak menguasai daerah Tembagapura, Kali Kopi, Kali Kabur hingga ke Kota Timika.
Dalam olah TKP ditemukan 5 selongsong peluru kaliber 5,56 milimeter dan 11 butir peluru macet yang ditembakkan tapi tak meledak, di antaranya berkaliber 5,56 milimeter sebanyak 9 butir dan berkaliber 7,62 milimeter sebanyak 2 butir.
“Indikasi pelaku penembakan dari kelompok Joni Botak. Setelah melakukan penembakan ke arah bus yang melintas, pelaku langsung menyeberang ke Kali Kopi. Tebingnya cukup terjal, sehingga aparat keamanan kesulitan melalui jalur itu untuk pengejaran,” jelasnya, Senin (13/1).
ADVERTISEMENT
Kapolda menyebutkan akan mencari wilayah pada bagian lainnya untuk melakukan pengejaran kepada kelompok KKB Joni Botak.
"Terlalu berbahaya bagi anggota jika mengikuti arah pelarian kelompok ini, maka kami mencari alternatif jalur lainnya," ujarnya.
Pagi tadi sekitar pukul 08.40 WIT, dua bus PTFI dengan nomor lambung 140487 dan 140419 yang mengangkut karyawan freeport dari Tembagapura ke arah Kota Timika ditembaki oleh KKB. Tak ada korban jiwa dalam kejadian ini, hanya saja salah satu bus kena tembakan pada badan bus.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan