Pembangkit Hijau Terangi 39 Kampung di Provinsi Papua Selatan

Konten Media Partner
30 Desember 2022 8:50 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Petugas PLN saat melistriki 3 kabupaten di Papua Selatan. Foto PLN Papua
zoom-in-whitePerbesar
Petugas PLN saat melistriki 3 kabupaten di Papua Selatan. Foto PLN Papua
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Merauke, BUMIPAPUA.COM- PLN terus berupaya melakukan pemerataan listrik hingga pelosok Papua. Komitmen ini ditunjukkan dengan hadirnya listrik di 39 kampung di Kabupaten Merauke, Kabupaten Boven Digoel dan Kabupaten Mappi yang terletak di Provinsi Papua Selatan.
ADVERTISEMENT
Dari seluruh daerah yang dilistriki, 22 kampung di antaranya dipasok oleh Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dengan total kapasitas 850 kWp. Dalam proses penyaluran listrik kepada 2.125 pelanggan tersebut, PLN membangun jaringan tegangan menengah (JTM) pada grid Sistem Waropko sepanjang 33 kms dan total jaringan tegangan rendah (JTR) sepanjang 76,05 kms.
Bupati Merauke, Romanus Mbaraka berterima kasih atas upaya PLN melayani masyarakat setempat. Sebagai ibu kota Provinsi Papua Selatan, pemerintah daerah akan terus berkolaborasi dengan PLN agar dapat memaksimalkan pelayanan.
“Kami berterima kasih atas kerja keras PLN yang berusaha menyediakan listrik. Pemerintah Kabupaten Merauke berkomitmen akan terus membantu PLN, agar kebutuhan listrik secara bertahap dapat terpenuhi seluruhnya. Kami meminta masyarakat menjaga fasilitas kelistrikan yang sudah tersedia saat ini,” ujar Romanus, Jumat (30/12/2022).
Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dengan total kapasitas 850 kWp untuk menerangi listrik di Papua Selatan. Foto PLN Papua
Selain itu, Bupati Boven Digoel, Hengky Yaluwo yakin dengan hadirnya listrik, masyarakat dapat terbantu, terutama untuk pendidikan dan ekonomi.
ADVERTISEMENT
"Dengan adanya listrik, aktivitas malam hari tak ada hambatan, sehingga siswa dapat belajar dengan cahaya lampu yang cukup," katanya.
Dari 39 kampung yang berhasil dilistriki, sebanyak 25 kampung sudah dapat merasakan listrik selama 24 jam dan 14 kampung lainnya menyala selama 6 jam setiap harinya. Ke depan, PLN akan terus meningkatkan keandalan dan pelayanan, sehingga seluruh pelanggan dapat menikmati listrik 24 jam.
Penjabat Sekretaris Daerah Mappi, Maurids Kabagaimu berterima kasih karena PLN telah menerangi sebagian besar kampung di Kabupaten Mappi, Maurids merasa listrik yang ada sangat membantu melancarkan aktivitas masyarakat. “Kami sangat senang menjalin komunikasi baik bersama PLN, sehingga dapat mewujudkan harapan masyarakat untuk merasakan penerangan. Semoga ke depan harus lebih baik," jelasnya.
ADVERTISEMENT

Energi Hijau

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat, Budiono lega karena PLN dapat hadir melistriki 39 desa di Provinsi Papua Selatan. Pemanfaatan energi surya merupakan upaya PLN untuk mendukung percepatan bauran energi baru terbarukan yang ditargetkan pemerintah.
"Ini merupakan karunia dari Tuhan yang patut kita syukuri karena akhirnya kami dapat menghadirkan listrik bagi masyarakat," jelasnya.
PLN berharap sinergi yang baik dapat berlanjut agar listrik bisa hadir sepenuhnya di timur Indonesia.
"Terima kasih kepada pemerintah daerah atas bantuan dan dukungan yang diberikan. Semoga dengan cepat, PLN dapat meningkatkan jam nyala di desa-desa yang belum 24 jam terlistriki," katanya.