News
·
23 Juli 2021 14:55
·
waktu baca 2 menit

Polisi Tambah Perkuatan Jaga Pilkada Ulang Nabire

Konten ini diproduksi oleh Bumi Papua
Polisi Tambah Perkuatan Jaga Pilkada Ulang Nabire   (56611)
searchPerbesar
Personel tambahan dalam rangka pilkada ulang Nabire. (Dok Humas Polda Papua)
Jayapura, BUMIPAPUA.COM- Polres Nabire kembali mendapat perkuatan sebanyak 179 personel untuk pengamanan pilkada ulang Nabire.
ADVERTISEMENT
Sebanyak 179 personel Kamis malam (22/7) tiba di Pelabuhan laut Nabire, dengan rincian 99 personel dari Gasum Polri dan 80 personel dari Brimob Den A.
Sebelumnya Polres Nabire telah mendapakan perkuatan 115 personel dari Polres Biak Numfor dan Polres Waropen untuk mengantisipasi keamanan di Nabire jelang pilkada ulang yang akan dilaksanakan pada 28 Juli.
Kapolres Nabire, AKBP Kariawa Barus menjelaskan personel tambahan yang dikirim ke Nabire akan melakukan pengamanan, hingga penetapan, pelantikan pasangan terpilih dan diharapkan dengan penambahan personel ini dapat mengawal, menjaga dan mengamankan penyelenggaraan pelaksanaan PSU di Nabire, sehingga berlangsung aman, jujur, adil dan demokratis serta aman dari penyebaran Covid-19.
"Kamtibmas di Nabire saat ini tetap aman dan kondusif. Masyarakat juga masih beraktivitas normal seperti biasa," jelasnya, Jumat (23/7).
ADVERTISEMENT
Kapolres juga berpesan kepada setiap personel dalam pengamanan pilkda ulang, tetap menjaga netralitas, dengan tidak berpihak kepada kelompok tertentu, dalam memberikan pelayanan maupun tindakan kepolisian lainnya.
Pilkada ulang Nabire dilakukan sesuai putusan Mahkamah Konstitusi atas selisih Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang tidak valid dan tidak logis, serta pemungutan suara dianggap tidak sah karena tidak dilakukan dengan menggunakan sistem pencoblosan langsung.
Pilkada Nabire diikuti tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati yakni paslon Yuvinia Mote-Muhammad Darwis, paslon Mesak Magai-Ismail Jamaludin dan paslon Pasangan FX Mote-Tabroni Cahya.