News
·
26 Juli 2021 20:07
·
waktu baca 2 menit

Sekar, Siswa SMAN 4 Jayapura Lolos Pertukaran Pelajar ke Amerika Serikat

Konten ini diproduksi oleh Bumi Papua
Sekar, Siswa SMAN 4 Jayapura Lolos Pertukaran Pelajar ke Amerika Serikat  (857715)
searchPerbesar
Sekar Seruni Jiwadara Srikandi Papua Al-Rasyid, pelajar asal Jayapura lolos pertukaran pelajar ke Amerika Serikat. (Dok: Sekar/Pribadi)
Jayapura, BUMIPAPUA.COM- Siswa kelas XI IPA SMAN 4 Jayapura,   Sekar Seruni Jiwadara Srikandi Papua Al-Rasyid terpilih ikut pertukaran pelajar ke Amerika Serikat.
ADVERTISEMENT
Sekar bersaing dengan 5 orang pelajar dari Papua dan Papua Barat. Setelah menjalani berbagai tes, Sekar terpilih ikut pertukaran pelajar ke Negeri Paman Sam. Seleksi siswa pertukaran pelajar ke Amerika Serikat diselenggarakan oleh Lembaga Bina Antar Budaya.
Dalam prosesnya, Sekar yang sejak SMP hingga SMA selalu unggul mendapatkan nilai A pada mata pelajaran Bahasa Inggris, tetap mengikuti tes English Language Test for International Students (ELTiS).
Bina Antar Budaya merupakan organisasi nirlaba yang merupakan mitra dari AFS Intercultural Programs, Inc yang bertanggung jawab dalam melaksanakan program pertukaran pelajar seperti AFS Intercultural Programs dan YES (Kennedy Lugar Youth Exchange and Study).
"Alhamdulillah saya lolos sebagai finalis. Bahkan setelah menjalani tes ELTiS khusus untuk pertukaran pelajar, saya dinyatakan lulus sehingga tidak perlu lagi mengikuti pelajaran tambahan, khususnya bahasa inggris," kata Sekar kepada BumiPapua.com, Senin (26/7).
ADVERTISEMENT

Meadowdale High School Washington

Menurut Sekar, dirinya akan menempuh pendidikan selama setahun di Meadowdale High School, Kota Lynnwood, Washington. Rencananya, Sekar akan berangkat ke Jakarta pada Rabu 28 Juli 2021.
Kata Sekar, sesuai jadwal pada 9 Agustus 2021, hanya saja dikarenakan pandemi COVID-19, pihak panitia memberikan pertimbangan dan untuk antisipasi berangkat ke Jakarta pada Rabu 28 Juli, mengingat Papua akan terapkan lockdown mulai awal Agustus.
"Sekarang saya menunggu jadwal interview visa. Setelah itu pada 30-31 ada orientasi chapter di Makassar secara online. Setelah itu persiapan keberangkatan ke Amerika Serikat sebelum tanggal 9 Agustus," jelasnya.
Soal pembiayaan, Sekar membocorkan akan sepenuhnya ditanggung Pemerintah Amerika Serikat, mulai dari keberangkatan, tempat tinggal dan sebagainya. “Semoga saja tidak ada penundaan," harapnya.
ADVERTISEMENT
Kepala Sekolah SMAN 4 Kota Jayapura, Laba Sembiring bangga dengan prestasi salah satu siswanya.
"Kami harapkan pelajar yang dikirim dalam pertukaran pelajar bisa menjadi sumber pengaruh bagi teman-temanya untuk memiliki wawasan global," ucapnya.
Laba menjelaskan selama Sekar ikut pertukaran pelajar, sekolah akan memberikan cuti akademik. Begitu kembali ke Indonesia bisa kembali mengambil mata pelajaran yang belum diselesaikan. "Sebab di SMAN 4 sudah menerapkan sistem SKS yang sifatnya fleksibel," Laba menambahkan.