Asuransi Syariah sebagai Pilihan Asuransi yang Tepat

Mahasiswi Universitas Al-Azhar Indonesia
Konten dari Pengguna
3 Januari 2022 18:16
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Calsey Azzahra tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Sumber Gambar: Dibuat di Canva oleh Calsey Azzahra
zoom-in-whitePerbesar
Sumber Gambar: Dibuat di Canva oleh Calsey Azzahra
ADVERTISEMENT
Berbicara mengenai mempersiapkan diri akan risiko kehidupan di masa depan memang suatu hal yang sangat penting bagi setiap orang. Karena tidak adanya kepastian apa yang akan terjadi di masa depan. Untuk itu penting untuk kalian mempersiapkan dana darurat maupun proteksi diri seperti asuransi. Pasti sudah tidak asing lagi untuk mendengar kata asuransi atau mungkin sering kali kalian mendapatkan tawaran untuk menjadi peserta asuransi.
ADVERTISEMENT
Namun, mungkin kalian ragu antara memilih asuransi konvensional atau asuransi syariah sebagai pilihan yang tepat. Karena bukan hanya asuransi konvensional saja yang banyak diminati masyarakat. Tetapi, asuransi syariah juga banyak diminati dan memiliki keunggulan-keunggulan yang perlu kalian ketahui. Keunggulan-keunggulan yang dimiliki asuransi syariah dapat menjadi alasan kenapa kalian harus memilih asuransi syariah sebagai pilihan yang tepat. maka, agar kalian paham apa itu asuransi syariah dan keunggulan-keunggulannya.
Sebelum membahas keunggulan-keunggulan dari asuransi syariah, perlu kalian ketahui terlebih dahulu apa itu asuransi syariah. Asuransi syariah itu merupakan jasa perlindungan jiwa atau kesehatan yang menggunakan prinsip saling tolong menolong antar peserta yang dilakukan melalui pengumpulan dana dan pengelolaan dana tabarru yang dapat kalian klaim apabila menghadapi risiko melalui akad yang pastinya sesuai syariat islam. Jadi, dengan asuransi syariah kalian bisa mendapatkan proteksi diri dan juga bisa saling meonolong antar peserta. Sehingga menurut saya karena faktor itu juga asuransi syariah saat ini diminati banyak orang karena keunggulan-keunggulannya. Untuk itu yuk disimak apa keunggulan-keunggulan asuransi syariah agar kalian yakin dalam memilihnya!
ADVERTISEMENT
Hal pertama yang perlu kalian ketahui prinsip yang ada di asuransi syariah terasa lebih adil. Mengapa dapat dikatakan seperti itu, karena pada asuransi syariah menggunakan prinsip sharing risk atau risiko akan menjadi tanggung jawab bersama dan adanya saling tolong menolong dengan menggunakan dana tabarru’ apabila ada peserta yang terkena musibah seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya. Dengan begitu dapat saya katakan lebih adil dan meringankan beban peserta. Hal ini tidak ada dalam asuransi konvensional karena asuransi konvensional menggunakan prinsip transfer risiko dari peserta ke perusahaan (transfer risk) dengan menggunakan sistem jual beli dengan membayarkan premi bukan saling tolong menolong yang ada pada asuransi syariah.
Keunggulan selanjutnya yang ada pada asuransi syariah ialah lebih transparan. Kenapa? Karena apabila kalian mendaftarkan diri menjadi peserta, sejak awal memilih produk dan akad dalam asuransi syariah kalian akan melihat dengan jelas manfaat dan risikonya. Perusahaan akan menjelaskan secara rinci terkait untung ruginya yang akan kalian dapatkan, sehingga kalian akan siap dengan risiko dari kerugiannya. Terlebih, asuransi syariah tidak memiliki niat untuk mengambil keuntungan besar dan menghindari riba. Jadi, akan tetap aman dari sisi transparansinya.
ADVERTISEMENT
Berbicara mengenai mengambil keuntungan besar yang tidak dilakukan perusahaan asuransi syariah merupakan keunggulannya juga. Karena dalam asuransi syariah konsepnya tidak mencari keuntungan dari jual beli melainkan saling tolong menolong. Seperti yang kalian ketahui bahwa kegiatan tersebut dilarang dalam islam. Selain mengambil keuntungan besar, transaksi riba (bunga) dan gharar (ketidakpastian) juga tidak ada pada asuransi syariah. Jadi, tidak perlu khawatir akan melanggar transaksi yang dilarang dalam Islam ya!
Selain terbebas dari larangan-larangan transaksi yang dilarang dalam islam, keunggulan lainnya yang penting untuk kalian ketahui bahwa asuransi syariah itu diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS). Artinya, mereka bertugas sebagai pengawas untuk menjamin halalnya produk dan pengelolaan dana investasi yang dilakukan asuransi syariah. Sedangkan, apabila kalian memilih asuransi konvensional kalian tidak mendapatkan pengawasan dari DPS.
ADVERTISEMENT
Selanjutnya apabila berbicara mengenali pengelolaan dana pada asuransi syariah, perlu kalian pahami juga bahwa semua dana asuransi yang kalian setorkan akan tetap menjadi milik kalian seutuhnya. Hal ini berbeda juga dengan asuransi konvensional. Kenapa saya katakan seperti itu, karena kalau di asuransi konvensional, dana premi yang disetorkan merupakan keuntungan perusahaan sedangkan kalau kalian menjadi peserta asuransi syariah, dana yang kalian setorkan tidak dapat digunakan perusahaan tanpa izin. Mengingat tugas dari perusahaan asuransi syariah hanya memegang amanah sebagai pengelola dan kalian sebagai nasabah. Dengan begitu pasti kalian akan lebih nyaman.
Kenyamanan lainnya yang dapat kalian rasakan apabila memilih asuransi syariah yaitu tidak ada dana hangus. Menarik sekali karena dana hangus berlaku di asuransi konvensional. Hal itu terjadi apabila kalian tidak melakukan klaim asuransi dalam jangka waktu yang telah disepakati. Maka kalian akan sangat nyaman apabila memilih asuransi syariah yang tidak akan mengambil hak kalian sebagai peserta untuk keuntungan perusahaan. Sangat jelas perbedaannya dengan asuransi konvensional.
ADVERTISEMENT
Maka, dari penjelasan di atas sebaiknya kalian memilih asuransi syariah sebagai pilihan yang tepat. karena dibandingkan dengan asuransi konvensional, asuransi syariah lebih banyak menunjukkan keunggulan dan memberikan keuntungan tentunya dengan prinsip-prinsip syariah islam.
Hal yang perlu kalian ingat juga apabila kalian memilih asuransi syariah, kalian tidak hanya mendapatkan proteksi diri dan dana darurat saja. Tetapi, kalian juga dapat saling tolong menolong antar peserta sehingga menjadikan asuransi syariah merupakan pilihan yang tepat untuk kalian.