Jadi Penyanyi Cilik, Joshua Suherman Jadikan Panggung Arena Bermain

10 Maret 2017 8:29
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
ADVERTISEMENT
Joshua kecil dan Joshua sekarang (Foto: Instagram @jojosuherman)
zoom-in-whitePerbesar
Joshua kecil dan Joshua sekarang (Foto: Instagram @jojosuherman)
Mendengar nama Joshua Suherman, langsung terlintas dengan lagu 'Cit Cit Cuit' yang sempat tenar pada era '90an. Lewat lagu tersebut, nama Joshua tak hanya dikenal anak-anak, tapi juga orangtua.
ADVERTISEMENT
Diobok-obok airnya diobok-obok
Ada ikannya kecil-kecil pada mabok
Disemprot-semprot airnya disemprot-semprot
Kena mukaku aku jadi mandi lagi
Dingin-dingin dimandiin nanti masuk angin
Nama Joshua atau yang akrab dipanggil Jojo ini semakin melambung saat ia menyanyikan sepenggal lirik lagu tersebut diatas. Tentu kamu masih ingat 'kan dengan tingkahnya yang menggemaskan dalam video klip bersama Tukul Arwana dalam lagu tersebut?
Ya, lagu berjudul 'Air' atau yang lebih kenal dengan 'Diobok-obok' ini, menjadi salah satu lagu yang akhirnya semakin melebarkan jalan Jojo dalam karier bermusik.
Jojo pun menjadi salah satu mantan penyanyi cilik yang tak bisa terlupakan hingga saat ini.
Berkarier di Industri Musik Tanah Air sejak 1995, tidak membuat penyanyi kelahiran Surabaya, 3 November 1992 ini merasa kehilangan masa kecilnya. Meskipun, tawaran menyanyi kerap datang menghampirinya.
ADVERTISEMENT
"Panggung itu playground aku. Aku sangat menikmati duniaku di situ. Aku anggap tampil ya tampil saja, main-main gitu," ungkap Joshua ketika dihubungi kumparan (www.kumparan.com).
Pemain film 'Joshua oh Joshua' ini juga tidak pernah menyesali keputusannya menjadi seorang penyanyi cilik. Di saat teman seusianya bermain dan belajar, ia justru menghabiskan waktu dengan menyanyi dari satu panggung ke panggung lainnya.
Lalu, bagaimana ya Jojo mengatur waktu sekolah dan menyanyi?
"Bagi waktu enggak susah sih. Kan sekolah cuma sampai siang. Acara yang aku manggung rata-rata acara anak, enggak mungkin tabrakan sama hal sekolah. Sama kaya anak bermain dan belajar sih, tapi bedanya bermain aku di panggung sih," jelasnya.
Senang dan bangga menjadi kata-kata yang bisa diungkapkan Jojo saat mengenang masa kecilnya. Ketika yang lain hanya fokus sekolah dan bermain, ia bisa mencari uang sembari jalan-jalan keliling Indonesia, bahkan dunia.
ADVERTISEMENT
Tak pernah ada rasa duka ketika menjalani pekerjaan sebagai penyanyi cilik kala itu. Bahkan berbagai penghargaan dan apresiasi dari sejumlah pihak sempat diraihnya.
Keberuntungan terus menghampirinya. Selain fokus bermusik, tawaran untuk akting juga sempat dicicipinya. Sejumlah film dan sinetron mulai dari 'Joshua Oh Joshua', 'Air Mata Ibu', 'Natal Putih', hingga 'Anak Ajaib' pernah diperankannya.
Jojo yang dulu dikenal sebagai penyanyi cilik, kini sudah mulai tumbuh besar. Perubahan suara dan postur tubuh pada saat beranjak remaja, sempat membuat dirinya memilih untuk vakum dari dunia hiburan.
"Bingung gitu mau main sinetron perannya apa. Anak-anak udah bukan, remaja juga belum. Jadi diputuskan untuk vakum," tuturnya.
Pria yang kerap berbicara dengan nada Jawa itu sempat dilema ketika usianya semakin bertambah. Citra penyanyi cilik pun hingga saat ini masih sangat melekat di dalam dirinya.
ADVERTISEMENT
Selebriti yang tahun ini menginjak usia 25 tahun itu perlahan mulai mencari cara untuk bisa tetap bertahan di industri hiburan Tanah Air. Meski sudah tak lagi memfokuskan jadi penyanyi, namun tawaran sejumlah film hingga menjadi komedian masih datang ke dirinya.
"Ke depannya masih di stand up, jadi open linernya Soleh Solihun. Terus aku ada film juga tahun ini, terus ada beberapa program acara dan aku kan juga masih ada siaran," tandasnya.
Sejak saat mulai beranjak dewasa, Joshua sudah membintangi sejumlah film layar lebar yakni 'Sang Pencerah', 'Menembus Impian', 'Tendangan Dari Langit', '3600 Detik', 'Cerita Cinta', 'Ketika Mas Gagah Pergi The Movie', hingga 'Gila Jiwa The Movie'.
Selain sibuk membintangi sejumlah film layar lebar, Joshua juga tengah menikmati dunia komedi. Ia bahkan beberapa kali ikut terlibat stand up comedy bersama komedian Soleh Solihun.
ADVERTISEMENT
Ia juga kerap mengisi waktu luangnya dengan membuat vlog yang diunggah ke youtube channel 'Joshua Suherman' dan juga membuat soundcloud untuk menyapa penggemarnya.
Selain sibuk untuk mengembangkan kariernya di dunia hiburan, ia juga menaruh kepedulian terhadap lagu anak-anak yang hingga saat ini sudah sangat jarang diketahui masyarakat.
Sehingga, ia bersama dengan teman seangkatannya yakni, Dea Ananda, Tina Toon, Leoni, Amanda, serta sejumlah mantan penyanyi cilik lain membentuk projek #savelaguanak. 
"Bikin single iya ada, satu di #savelaguanak. Tapi ya itu, project ke depannya belum bisa ngomong, enggak enak sama yang lainnya juga nanti," tutupnya sembari tertawa renyah.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020