Bangkit Bersama Membangun Bangsa

ALFIN
Mahasiswa Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Konten dari Pengguna
24 Januari 2023 16:56 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari ALFIN tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
kebersamaan mempererat persaudaraan. (sumber:pribadi)
zoom-in-whitePerbesar
kebersamaan mempererat persaudaraan. (sumber:pribadi)
ADVERTISEMENT
Bangkit bersama membangun bangsa diperlukan rasa persaudaraan yang tinggi. Terutama bagi negara Indonesia yang merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang berada di Asia Tenggara, dan terletak di antara benua Asia dan benua Australia/Oseania, serta di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.
ADVERTISEMENT
Indonesia merupakan sebuah bangsa yang besar, wilayahnya terbentang dari utara pulau sumatera (sabang) sampai selatan pulau papua (merauke).
Indonesia memiliki keberagaman suku bangsa, agama, ras, dan budaya yang menjadikan kekayaan tak ternilai harganya. Terlepas dari banyaknya keberagaman, membuat masyarakat Indonesia harus berusaha keras untuk menjaga persatuan dan kesatuan. Masyarakat Indonesia juga perlu menanamkan rasa kekeluargaan satu kebangsaan dan satu tanah air. Seperti yang tercantum dalam pancasila alinea ke-3 yaitu persatuan Indonesia.
Dengan banyaknya perbedaan jangan sampai membuat kita kehilangan rasa persaudaraan, rasa persamaan, rasa kekeluargaan, dan rasa kerukunan. Keharmonisan suatu bangsa akan terlihat jelas dari komponen masyarakatnya, dengan melihat bagaimana interaksi sosial masyarakatnya dalam memahami dan menghargai segala bentuk perbedaan tersebut.
ADVERTISEMENT
Ada dua cara dalam menciptakan keharmonisan dalam berbangsa dan bernegara yaitu, adanya rasa saling menghargai dan adanya rasa saling memahami.
Kebersamaan menjadi kunci persatuan dalam suatu bangsa. Dengan selalu menjaga kebersamaan dengan orang-orang di sekitar, kamu bisa mendapatkan arti hidup yang sebenarnya. Kemudian rasa kebersamaan itu bisa kamu ungkapkan melalui kata-kata.
Gotong royong menjadi salah satu kebersamaan untuk bangkit bersama membangun bangsa. Gotong royong memiliki kekuatan kebersamaan yang mungkin tidak dimiliki bangsa lain. Budaya gotong royong yang sudah mengakar dalam kehidupan masyarakat Indonesia ini bisa menjadi modal sosial yang kuat untuk membangun dan menyelesaikan persoalan bangsa.
Gotong royong memiliki banyak makna, selain saling membantu dan menolong, gotong royong juga dapat mempererat tali persaudaraan. Kelompok masyarakat Indonesia biasanya melakukan gotong royong ketika ada peristiwa kedukaan, pesta pernikahan, pemindahan rumah, atau upacara adat, dan masih banyak lainnya.
ADVERTISEMENT
Dengan adanya rasa kebersamaan, rasa saling menghargai, dan memiliki rasa keluargaan. Bangsa akan bangkit, bangsa akan maju, bangsa akan tumbuh, dan bangsa akan kuat menghadapi segala tantangan, goncangan, dan kesenjangan sosial yang menghadang baik yang berasal dari dalam maupun dari luar bangsa itu sendiri.
Walaupun kita berdiri di atas bumi yang sama, tetapi dengan nasib dan pilihan yang berbeda-beda, tetap kita tanamkan dalam hati sanubari kita bahwa kita memiliki tujuan yang sama dalam hal berbangsa dan bernegara, sehingga apapun agamanya, apapun sukunya, apapun rasnya serta apapun bahasanya kita tetaplah satu kebangsaan, satu tanah air yaitu Bangsa Indonesia.