Berdamai Dengan Masa Lalu

Ceicilia
Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Pembangunan Jaya
Konten dari Pengguna
17 September 2023 21:23 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ceicilia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Sumber: pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Sumber: pexels.com
ADVERTISEMENT
Masa lalu sebagai bagian dari tak terpisahkan dari kehidupan kita dan tentunya semua orang pasti pernah mengalaminya. Masa lalu yang baik maupun masa lalu yang buruk tentunya dapat kita jadikan sebagai pengalaman yang berharga bagi kita. Kita seperti sekarang juga terbentuk berdasarkan dari pengalaman kita dulu.
ADVERTISEMENT
Walaupun terkadang kita merasakan apabila mengingat masa lalu yang buruk yang ada hanyalah penyesalan. Namun kita harus berdamai dengan masa lalu kita.

Masa Lalu Sebagai Pengalaman

Sumber: pexels.com
Tanpa masa lalu, tentunya seseorang tidak akan mendapatkan pengalaman. Maka dari itu kita harus menjadikan pengalaman sebagai pelajaran yang berharga kita. Kita harus dapat mengembangkan value kita berdasarkan dengan pengalaman dan wawasan kita untuk mengetahui apa yang benar-benar penting dalam hidup kita.
Kita dapat menggunakan masa lalu sebagai pengalama kita untuk kita dapat berhati-hati mengambil keputusan yang lebih baik di masa mendatang.

Pandangan Positif Ke Masa Lalu

Sumber: pexels.com
Positifnya kita harus merasa bahwa memandang positif ke masa lalu kita karena berdamai dengan masa lalu bukan berarti kita harus melupakan pengalaman-pengalaman yang ada.
ADVERTISEMENT
Sebaliknya apabila kita memandang hal ini sebagai positif, maka kita dapat merasa bersyukur atas pengalaman yang pernah kita lalui hingga pada akhirnya kita dapat terbentuk mlalui pengalaman.

Tantangan dalam Berdamai dengan Masa Lalu

Sumber: pexels.com
Semua itu butuh proses, sama halnya dengan kita berdamai dengan masa lalu. Kita harus bangkit, tumbuh, dan berkembang. Ketika kita sudah bisa berdamai dengan masa lalu, sehingga kita dapat melangkah maju dari masa depan yang lebih bermakna. Dan juga kita dapat lebih berkembang.Walaupun ini memerlukan dukungan dari orang terdekat kita, namun percayalah bahwa itu semua awal dari proses yang menyenangkan.