Self Affirmation: Salah Satu Cara Melampiaskan Emosi Secara Positif

Ceicilia
Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Pembangunan Jaya
Konten dari Pengguna
27 Agustus 2023 14:53 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ceicilia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Sumber: pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Sumber: pexels.com
ADVERTISEMENT
Setiap orang tentunya pernah merasa emosi. Emosi merupakan bagian alami dalam kehidupan kita. Cara kita mengekspresikan dan mengatasi emosi tersebut tentunya dapat mempengaruhi kesejahteraan mental dan fisik kita. Salah satu cara untuk melampiaskan emosi kita secara positif adalah melalui self-affirmation atau afirmasi dalam diri kita.
ADVERTISEMENT
Emosi tidak selalu salah, namun emosi juga tidak dapat dibenarkan apabila mengalaminya secara terus menerus. Maka dari itu kita harus tau cara untuk mengatasi dan mengontrolnya agar tidak menjadi suatu kesalahan yang fatal.

Self Affirmation Penting Bagi Kita Untuk Mengontrol Emosi Kita

Sumber: pexels.com
Hal ini memberikan banyak manfaat positif karena self affirmation dapat membantu kita untuk mengurangi tingkat stres, depresi, dan kecemasan yang ada pada diri kita. Selain itu juga seseorang yang menerapkan self affirmation tentunya mereka lebih dapat menahan emosi mereka dan mereka memiliki cara positif tersendiri untuk merespon kegagalan dan situasi sulit yang mereka alami.
Selain itu juga self affirmation dapat membantu kita dalam mengatasi emosi ngatif yang ada di dalam diri kita sehingga kita dapat merasa lebih tenang dan terkendali.
ADVERTISEMENT

Mengaplikasikan Self Affirmation Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Sumber: pexels.com
Ada banyak cara yang dapat kita gunakan untuk mengaplikasikan self affirmation dalam diri kita. Kita harus yakin dan percaya dengan diri kita sendiri bahwa kita dapat mengatasinya. Ucapkan apa yang menjadi hal kita inginkan secara berulang tentunya ini akan memberikan motivasi kepada diri kita sendiri untuk sabar.