kumparan
20 Sep 2019 14:48 WIB

5 Destinasi Wisata Bernuansa Jadoel di Indonesia

Indonesia punya segudang destinasi wisata menarik yang patut dikunjungi. Dari mulai wisata alam, wisata budaya, wisata kuliner, dan lain sebagainya. Kalau Anda senang dengan sesuatu yang berbau jadoel alias jaman dulu, Anda bisa mendatangi wilayah-wilayah yang memiliki banyak koleksi gedung kuno.
ADVERTISEMENT
Terdapat beberapa pilihan tempat menarik bernuansa jadoel yang bisa Anda kunjungi di Indonesia. Inilah beberapa diantaranya:
1. Jalan Braga, Bandung
Tidak seperti banyak kota tua di Indonesia yang kerap disebut “Kota Tua”, di Bandung, kawasan yang kental dengan rasa zaman dulu (jadul) sangat terasa di Jalan Braga. Jalanan ini masih mempertahankan kon blok dan bukan aspal, dengan trotoar yang luas untuk banyak pejalan kaki.
Kawasan ini juga selalu ramai dan menjadi tujuan wisata utama di ibu kota Jawa Barat dengan mempertahankan bangunan-bangunan lamanya. Tidak jauh dari Braga, ada pula Jalan Asia Afrika, yang juga memiliki banyak peristiwa sejarah, yaitu Konferensi Asia Afrika.
Kalau ke Bandung, selain mencari udara sejuk di Lembang dan sekitarnya, berwisata ke kota-kota tua di sekitarnya juga akan sangat menyenangkan.
ADVERTISEMENT
2. Kota Tua, Jakarta
Sebagai kota terbesar di Indonesia dan sejak lama menjadi pusat kegiatan bisnis dan pemerintahan, tidak heran kalau Jakarta juga memiliki wisata kota tua. Sisa-sisa Batavia bisa dilihat dengan jelas di beberapa bangunan antik tua, namun tetap indah seperti Jembatan Kota Intan, Museum Bank Indonesia dan Museum Fatahilah yang kini semakin eksotis setelah mendapat sentuhan perbaikan.
Daerah ini juga menjadi salah satu tujuan wisata andalan di Jakarta bagi mereka yang tertarik melihat nuansa oldies dan retro. Selain itu, Kota Tua Jakarta juga menjadi langganan untuk kebutuhan foto dan film dengan rasa tua yang kental yang belum bisa tergantikan oleh daerah lainnya.
ADVERTISEMENT
3. Kota Tua, Semarang
Semarang merupakan salah satu kota tertua di Indonesia, yaitu berdiri sejak 2 Juni 1547 Masehi. Tentu kota ini pun menjadi paket lengkap untuk wisata, mulai dari wisata fotogenik, sejarah, budaya, kuliner hingga alam.
Untuk wisata, ada beberapa lokasi wisata sejarah dan kota tua di Semarang. Misalnya adalah Kuil Sam Po Kong, dan Lawang Sewu.
Lawang sewu kalau diterjemahkan dari Bahasa Jawa berarti Seribu Pintu, berasal dari pintunya yang sangat banyak dan jendela yang tinggi dan besar sehingga menyerupai pintu.
Sejarah lawang sewu mencatat bahwa bangunan ini merupakan bekas kantor Nederlands Indische Spoorweg Maatschappij (NIS) atau perusahaan kereta api Belanda. Sampai saat ini semua ornamen bangunan disini masih asli termasuk hiasan kaca patri yang terdapat di salah satu bagian bangunan.
ADVERTISEMENT
Ditambah lagi, ada pula secara spesifik Kota Lama Semarang yang menjadi sudut tempat menyimpan bangunan bersejarah di Kota Semarang. Kota lama ini banyak yang menjulukinya sebagai Little Netherland berkat kanal – kanal kecil di pinggir jalannya. Bangunan yang paling terkenal dan sering dikunjungi di Kota Lama adalah Gereja Blenduk yang dibangun pada 1757 dan masih digunakan sebagai tempat ibadah.
4. Padang Lama, Lahat
Selain pemandangan indah dan adat budaya yang masih kental, di Sumatera Barat juga terdapat kawasan wisata kota tua yang oleh penduduk setempat disebut Padang Lama. Ada banyak hal yang bisa didapatkan di sini, mulai dari gedung kolonial tua hingga kafe dengan nuansa retro yang legendaris.
Mengunjungi kawasan ini dijamin memberi kesan mendalam tentang masa lalu. Sementara kalau mau mencoba menggunakan baju adat dan tahu rumah gadang, khas masyarakat minang, bisa berkunjung ke Istana Pagaruyung yang juga pesona tua namun tetap kokoh berdiri.
ADVERTISEMENT
5. Kota Tua, Palembang
Tidak banyak orang yang tahu kalau Palembang merupakan kota teruta di Indonesia sejak 682 masehi. Selain itu, Palembang juga lebih dikenal dengan jembatan Ampera dan pempeknya yang terkenal.
Namun siapa sangka, masih banyak bangunan tua penuh sejarah dan ikonik di kota tersebut. Kesan kota tua di Palembang akan sangat terasa saat mengunjungi daerah Sekanak atau menelusuri setiap bangunan di Jl. Jenderal Sudirman sampai Jembatan Ampera.
Jadi, sudah tahu objek wisata kota tua yang akan Anda singgahi saat liburan berikutnya nanti? Jangan lupa lindungi diri dan keluarga tercinta dengan asuransi perjalanan yang bisa Anda pilih dengan mudah lewat CekAja.com ya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan