Tips Aman Wisata Keluar Negeri Bersama Balita

Seorang Ibu dengan dua anak yang juga berprofesi blogger di www.ceritamamah.com dan Asesor bersertifikasi BNSP sebagai pendamping UMKM dan pelaksana Ekspor.
Konten dari Pengguna
22 Mei 2022 22:36
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Shafira Adlina tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Ibu Traveling membawa balita (pexels.com)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Ibu Traveling membawa balita (pexels.com)
ADVERTISEMENT
Di tahun 2022 ini di mana masyarakat sudah bisa melakukan perjalanan, baik untuk perjalanan bisnis maupun liburan di dalam negeri maupun ke luar negeri. Bahkan Anda yang memiliki balita sudah memungkinkan untuk melakukan wisata ke luar negeri. Namun untuk yang baru pertama sekali ingin membawa si buah hati jalan-jalan ke luar negeri, tentu Anda membutuhkan sebuah tips yang tepat agar perjalanan liburan tetap lancar.
ADVERTISEMENT
Hal ini mengingat tentu saja ada perbedaan negara sendiri dengan negara orang lain tempat tujuan wisata. Tidak hanya perbedaan kultur tapi juga peraturan yang ada.

Wisata Ke Luar Negeri Bersama Balita

Untuk itu, penting bagi Anda mengetahui apa saja hal-hal yang harus diperhatikan saat ingin berwisata ke luar negeri dan membawa serta sang buah hati.

#1. Mempersiapkan Paspor Dan Visa

Agar perjalanan keluarga negeri tetap aman tanpa kendala maka anda bisa membuat paspor terlebih dahulu. Meski akan membawa balita saat berwisata, tapi Anda tetap harus mempersiapkan paspor untuk si buah hati. Untuk pembuatan paspor khusus anak-anak, saat ini cukup dipermudah karena terdapat antrian khusus atau anak-anak bisa diprioritaskan. Sehingga saat anak membuat paspor antriannya akan berbeda dengan orang dewasa. Kita dapat mengurusnya di kantor imigrasi terdekat atau mendapatkan antrian dengan aplikasinya. Silahkan melakukan konfirmasi kembali ke situs resminya.
ADVERTISEMENT
Selain paspor, Anda juga wajib mempersiapkan Visa. Karena ada beberapa negara tujuan yang akan dikunjungi dan membutuhkan Visa. Maka itu lakukan pengajuan visa dan ketahui apa saja dokumen yang harus dipersiapkan lalu masukkan ke kedutaan. Bisa juga dengan menggunakan travel agent jika dirasa sulit melakukan pengajuan sendiri.

#2. Sesuaikan Kondisi Negara Tujuan

Tips ini sangat penting mengingat meski pariwisata pulih secara perlahan, masyarakat sudah bebas untuk melakukan perjalanan ke luar negeri tetapi pasti di negara tujuan memiliki prosedur masing-masing yang pastinya juga berbeda. Paling tepat adalah dengan mempersiapkan protokol kesehatan dengan baik, sebelum berangkat apalagi untuk anak.
Kemudian Anda juga perlu memperhatikan yang namanya musim yang sedang berlangsung di negara tujuan wisata. Jangan sampai Anda tidak memiliki persiapan tetapi mengunjungi negara yang sedang berlangsung musim dingin.
ADVERTISEMENT
Pariwisata pulih kita bisa bangkit bersama IndiHome sebagai layanan internet dari Telkomgroup yang bisa gunakan.
Apalagi bawa anak-anak, buat daftar barang bawaan apa saja yang harus dibawa jangan sampai terlalu banyak tapi juga jangan terlalu sedikit.

#3. Persiapan Makanan Untuk Anak

Salah satu hal yang membuat anak tidak rewel selama liburan adalah memastikan bahwa perutnya kenyang. Apalagi untuk anak yang cukup malas makan maka Anda harus membawa stok camilan favorit. Terlebih makanan di luar negeri belum tentu pas dengan lidah anak. Serta agar lebih aman untuk anak, maka lebih baik bawa makanan yang biasa dimakan sehari-hari sehingga Anda sudah tahu kandungan bahan makanan tersebut.
Apalagi untuk anak yang terbiasa makan nasi dan Anda pergi ke negara yang terbiasa tidak makan nasi maka Anda bisa cukup kesulitan untuk menemukan nasi di sana. Jika memungkinkan Anda tentu bisa membawa rice cooker portable untuk masak atau pilih tempat menginap yang menyediakan barang tersebut.
ADVERTISEMENT

#4. Bawa Mainan Favorit Anak

Selain penting untuk memastikan perut anak kenyang agar tidak rewel Anda juga bisa membawa mainan favorit anak. Jika tidak ada mainan, setidaknya Anda membawa perlengkapan yang membuat anak nyaman apalagi selama di pesawat. Ke luar negeri yang memakan waktu belasan jam tentu akan membuat anak merasa kebosanan.
Maka penting membawa mainan atau sesuatu yang membuat anak bisa nyaman. Seperti game-game offline di smartphone misalnya.

#5. Periksa Kondisi Kesehatan Anak

Karena Anda akan membawa balita maka pastikan kondisi kesehatan anak, normal. Akan lebih baik jika Anda mengunjungi dokter langganan atau dokter spesialis anak terdekat untuk benar-benar mengetahui kondisinya.
Jangan lupa juga untuk mempersiapkan obat-obatan untuk anak dan keluarga yang turut serta dibawa saat liburan. Paling tidak, Anda bisa mempersiapkan vitamin dan obat ringan sebagai pertolongan pertama jika anak tiba-tiba sakit.
ADVERTISEMENT

#6. Membawa Stroller

Salah satu caranya yaitu dengan mempersiapkan sebaik mungkin apa saja yang harus dipersiapkan saat akan liburan ke luar negeri bersama balita. Hal yang tidak kalah penting untuk dipersiapkan ketika membawa anak adalah perlengkapan yang nyaman.
Akan lebih baik dan memungkinkan jika ibu bisa membawa serta perlengkapan seperti stroller. Anda bisa memilih stroller dengan ukuran kecil yang bisa dibawa kemana saja. Tetapi pastikan maskapai yang dipilih memang memperbolehkan stroller masuk ke pesawat. Jika tidak memungkinkan, maka Anda bisa membawa gendongan yang kualitasnya bagus agar nyaman dipakai selama liburan.

#7. Asuransi Perjalanan

Pastikan juga internet stabil selama liburan, hal ini agar membuat anda lebih mudah berkomunikasi dengan orang-orang di rumah selama sedang melakukan kegiatan wisata. Kemudian hal terakhir yang juga harus dipersiapkan ketika liburan adalah dengan memiliki asuransi perjalanan.
ADVERTISEMENT
Asuransi perjalanan ini tentu saja harus ada untuk insiden atau kejadian yang tidak terduga selama melakukan wisata. Paling tidak, ketika sesuatu terjadi ada asuransi yang bisa menanggung biaya terlebih dahulu.
Pastikan juga Anda tidak lupa ya untuk mendapatkan vaksin 2 dan booster sebagai orang tua yang membawa serta anak liburan ke luar negeri. Meski anak tidak diwajibkan, orang tua yang sudah vaksin lengkap tentu membuat perjalanan ke luar negeri jadi lebih lancar tanpa hambatan.
Semoga bermanfaat, salam.
Shafira Adlina
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020