News
·
6 Mei 2021 16:04

Masjid Al-Muhdhar Yaman, Masjid dengan Menara dari Tanah Liat

Konten ini diproduksi oleh Cerita Santri
Dikenal sebagai kota seribu masjid, Kota Tarim di negara sejuta wali, Yaman, menyimpan begitu banyak peninggalan sejarah Islam yang kental. Salah satu dari ratusan masjid itu adalah Masjid Al-Muhdhar.
ADVERTISEMENT
Masjid ajaib ini dikenal karena punya menara dengan konstruksi tanah liat tertinggi di dunia. Konon, ketika berdoa di sini, niscaya doa itu akan lebih cepat dikabulkan. Masjid dengan berjuta keajaiban ini akan kita telusuri bersama salah satu alumni Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an, Alby Fauzan.
Negara Yaman, khususnya di Kota Tarim juga terkenal karena kegiatan di masjid-masjidnya yang hampir tak pernah berhenti. Keunikan itu membuat Alby penasaran ingin mengunjungi negara ini. Ia juga ingin mencari berbagai keberkahan dari negeri asal para wali dan ulama-ulama besar dunia ini.
Meskipun, berbagai kendala tetap ia temukan seperti cuaca ekstrem antara siang dan malam hari serta terkendala koneksi internet, namun itu tak menyurutkannya untuk menancapkan hati menuntut ilmu di sana.
ADVERTISEMENT
Di Ramadhan kali ini, Alby juga akan mengajak untuk melihat keunikan budaya Yaman saat memasuki bukan yang mulia ini. Ia juga akan menceritakan pengalamannya salat tarawih dari setelah waktu Isya hingga menjelang sahur di berbagai masjid yang ada di Kota Tarim.
*Selama bulan Ramadhan, Alumni Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an, bekerja sama dengan kumparan, akan mengajak kita berkeliling ke sejumlah destinasi yang menjadi pilar peradaban Islam.