1001 Bibit Mangrove Disumbangkan PT GMM untuk Pelestarian Pulau Widi

Konten Media Partner
5 Januari 2023 17:20 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Serah terima bibit pohon mangrove dari perwakilan Gelora Mandiri Membangun (GMM) Mr. Sehoon Lim kepada Syamsudin Abas, selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Halmahera Selatan. Foto: Istimewa
zoom-in-whitePerbesar
Serah terima bibit pohon mangrove dari perwakilan Gelora Mandiri Membangun (GMM) Mr. Sehoon Lim kepada Syamsudin Abas, selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Halmahera Selatan. Foto: Istimewa
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
PT Gelora Mandiri Membangun (PT GMM) menyerahkan sumbangan berupa 1001 bibit mangrove untuk ditanam di Pulau Widi, Halmahera Selatan, Maluku Utara.
ADVERTISEMENT
Penyerahan bibit mangrove itu diterima Syamsudin Abas, Kepada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Halmahera Selatan pada Rabu (4/1/2023) di kantornya, Jln. Raya Labuha-Babang, Desa Marabose, Kecamatan Bacan.
Langkah ini, katanya, adalah upaya pelestarian kawasan Pulau Widi, sekaligus menyukseskan program pemerintah Halmahera Selatan yakni 'Mangrove For Widi'.
Perwakilan perusahaan PT Gelora Mandiri Membangun, Mr. Sehoon Lim pada momentum penyerahan sumbangan bibit ini menyampaikan harapannya untuk keberhasilan upaya pelestarian alam di kawasan Pulau Widi.
"Saya pribadi melihat kepulauan Halmahera secara keseluruhan, merupakan kawasan yang sangat indah dan menyimpan banyak potensi." Ungkap Sehoon.
Mr. Sehoon Lim selaku perwakilan dari Gelora Mandiri Membangun (GMM) menyerahkan sumbangan 1001 bibit pohon mangrove kepada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Halmahera Selatan. Foto: Istimewa
"Dengan menjaga kelestarian lingkungan, diharapkan terjadi keseimbangan juga keselarasan antara manusia dan alam," ujarnya.
Bibit-bibit pohon mangrove yang diserahkan oleh PT Gelora Mandiri Membangun rencananya akan ditanam di Pulau Widi sebagai upaya penghijauan.
ADVERTISEMENT
Pohon mangrove memiliki peran penting untuk mendukung ekosistem wilayah pesisir. Mangrove berfungsi untuk menyeimbangkan kualitas lingkungan dan menetralisir bahan-bahan pencemar.
Sementara itu, dikutip dari website Kabupaten Halmahera Selatan, di Kepulauan Widi terdapat 99 pulau, tiga atol dan mempunyai dua gugusan pulau yang dikenal oleh masyarakat nelayan.
Sebagai Pulau Daga Gane (berhadapan dengan Kecamatan Gane Timur Selatan) dan Daga Weda (berhadapan dengan Kecamatan Gane Timur Tengah).
Kepulauan Widi menjadi surga bagi para nelayan karena potensi perikanan nya yang besar.
Kepulauan Widi bisa dikatakan sebagai kepulauan terindah di Provinsi Maluku Utara, dan sering dijadikan destinasi wisata.
Kepulauan Widi memiliki banyak spot wisata bawah laut dan menjadi surga bagi para penggemar diving dan snorkeling.
ADVERTISEMENT
PT Gelora Mandiri Membangun merupakan bagian dari TSE Group, yang bergerak dalam bidang perkebunan kelapa sawit di Papua.
Yang berkomitmen dalam penerapan tata kelola sawit berkelanjutan dan terus berinovasi untuk mengedepankan tanggung jawab lingkungan dan sosial. (ADV)