News
·
1 Mei 2020 12:01

Aksi Buruh PT IWIP di Halmahera Tengah Ricuh

Konten ini diproduksi oleh Cermat
Aksi Buruh PT IWIP di Halmahera Tengah Ricuh (361030)
Ribuan buruh PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) di Halmahera Tengah, Maluku Utara, melakukan aksi saat Mey Day 2020. Foto: Istimewa
Ribuan buruh PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) di Halmahera Tengah, Maluku Utara, menggelar aksi unjuk rasa tepatnya di pintu masuk yang menghubungkan ke beberapa kantor PT IWIP.
ADVERTISEMENT
Aksi ini untuk merayakan Hari Buruh Internasional yang jatuh pada 1 Mei 2020. Berdasarkan informasi yang dihimpun cermat, pada perayaan hari buruh ini, mereka mendeklarasikan Forum Perjuangan Buruh (FPB) Halmahera Tengah serta aksi mogok kerja. Aksi memanas, setelah masa aksi berusaha menerobos masuk ke area perusahaan.
Tidak hanya saling lempar dengan pihak sekuriti. Video yang beredar di media sosial, tampak sebuah bangunan ikut terbakar. Seorang buruh yang enggan menyebutkan namanya mengaku, bangunan yang terbakar itu adalah sebuah kantin.
Diketahui massa mulai bergerak ke titik aksi sekitar pukul 07.00 WIT. Dalam aksi ini, tidak hanya kantin yang menjadi sasaran. Sejumlah fasilitas perusahaan seperti kendaraan mobil juga ikut dilempari.
“Sebenarnya sejak pukul 06.00 WIT massa sudah berkumpul. Mereka deklarasi forum buruh dan banyak tuntutan juga, salah satunya soal diskriminasi terhadap buruh,” ujar seorang pekerja PT IWIP, yang juga enggan namanya dimuat.
ADVERTISEMENT
Humas PT IWIP saat dihubungi mengaku masih mengumpulkan kronologi yang terjadi di lapangan. Namun, keterangan dari pihak perusahaan, menyebutkan massa aksi diketahui melakukan pengrusakan sejumlah fasilitas.
Atas kejadian ini, pihak perusahaan sendiri belum bisa memberikan banyak keterangan.
Sementara itu, hingga berita ini ditayangkan, cermat masih berusaha menghubungi FPB Halmahera Tengah terkait aksi yang digelar hari ini.