News
·
3 November 2020 9:53

Karyawan Perusahaan Tambang Emas di Halmahera Kini Miliki Koperasi

Konten ini diproduksi oleh Cermat
Karyawan Perusahaan Tambang Emas di Halmahera Kini Miliki Koperasi (49502)
Pengukuhan pengurus Koperasi Bangkit Sejahtera Bersama yang didirikan PT NHM. Foto: Istimewa
Di bawah manajemen baru yang dipimpin Presiden Direktur Robert Nitiyudo, perusahaan tambang emas PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) di Provinsi Maluku Utara membuka koperasi khusus untuk karyawannya. Koperasi bernama Bangkit Sejahtera Bersama itu bertujuan meningkatkan kesejahteraan para karyawan.
ADVERTISEMENT
Manajer Komunikasi PT NHM Ramdani Sirait mengatakan, koperasi karyawan tersebut secara kelembagaan sudah diakui oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Utara. Tinggal menunggu proses selanjutnya terkait pengesahan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).
"Pengurus Koperasi tersebut sudah dikukuhkan pada Senin, 2 November 2020, di area parkir motor di depan front gate Site Gosowong. Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Halmahera Utara Suwarno Tongo-Tongo dan Kepala Bidang Perizinan dan Kelembagaan Koperasi dan UMKM Dinas Koperasi dan UMKM Halmahera Utara Mersy F. Pattikawa, salah satu Pimpinan Badan Serikat Pekerja PT NHM Fortivaib Manihing dan perwakilan Badan Serikat lainnya, serta Pengurus Koperasi Karyawan PT NHM. Manajemen PT NHM pada acara tersebut diwakili oleh General Manager Perencanaan dan Produksi Rado Lawolo dan Acting Manager SDM Irfan Esali Arief," ungkap Ramdani dalam siaran persnya, Senin (2/11).
ADVERTISEMENT
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Halut Suwarno Tongo-Tongo mengatakan, mewakili Pemda Halut pihaknya sangat mengapresiasi PT NHM yang sangat memperhatikan kesejahteraan karyawannya. Dengan jumlah karyawan yang membludak tentu koperasi tersebut bakal menjadi sangat besar. Akan tetapi diharapkan pengurus koperasi bekerja secara profesional dan transparan.
“Saya sering melihat banyak koperasi sudah dibangun dengan sangat bagus di awalnya, namun dalam perjalanannya mengalami masalah karena adanya konflik-konflik di internal koperasi. Jadi pesan saya, kelola koperasi ini dengan profesional. Dinas Koperasi dan UMKM siap membantu jika diperlukan nantinya,” katanya.
Sementara itu, Rado Lawolo menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara melalui Dinas Koperasi dan UMKM yang telah mendukung terbentuknya koperasi karyawan ini. Dia juga mengapresiasi Badan Serikat Pekerja PT NHM yang telah bekerja keras mempersiapkan terbentuknya koperasi ini.
ADVERTISEMENT