Pencarian populer
PUBLISHER STORY

Menikmati Air Guraka, Minuman Khas di Ternate

Air Guraka ditaburi buah kenari, cocok disantap saat cuaca sedang dingin. Foto: Rizal Syam/cermat

Musim hujan adalah waktu yang paling pas untuk berburu kuliner yang bisa menghangatkan badan. Di Ternate, Maluku Utara ada satu minuman yang cocok disantap saat cuaca sedang dingin, yakni Air Guraka.

Minuman ini berbahan dasar guraka (sebutan orang Ternate) atau jahe. Tak sulit menemukan minuman ini di Ternate. Di sepanjang kawasan Tapak, Ternate Tengah misalnya, berjejer warung-warung makan yang menyediakan menu tersebut.

Taburan kenari menambah rasa gurih. Foto: Rizal Syam/cermat

Tahun 2017 lalu, Air Guraka masuk sebagai salah-satu nominasi dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) untuk kategori minuman tradisional terpopuler.

Maryam, salah-satu penjual air guraka di kawasan Tapak mengatakan, minuman tersebut menjadi salah-satu menu favorit yang banyak dipesan pelanggannya.

“Biasanya banyak yang pesan air guraka saat sore sampai malam. Soalnya dorang (mereka) kasih hangat badan ‘kan,” ucap Maryam saat ditemui cermat di warung makannya, Minggu (16/6).

Menikmati Air Guraka saat hujan di tapak, Ternate Tengah. Foto: Rizal Syam/cermat

Maryam menjelaskan, minuman khas Maluku Utara ini dibuat dengan berbahan dasar guraka, gula merah, serta tambahan daun pandan. Sepintas memang mirip bandrek (di Jawa Barat) atau saraba (di Sulawesi Selatan).

Cara membuatnya pun tak rumit, jahe yang sudah ditumbuk dimasukan ke dalam air, begitupun dengan gula aren. Rebus air tersebut hingga mendidih, tak lupa masukan daun pandan untuk menambah wanginya. Terakhir taburi kacang kenari untuk menambah rasa gurih.

Maryam saat sedang mengupas pisang mulu bebe, salah-satu jenis pisang favorit warga Ternate. Foto: Rizal Syam

Karena berbahan dasar jahe merah, maka rasa dari Air Guraka ini cenderung pedas, namun hal itulah yang memberikan kehangatan dan kesegaran saat diminum.

Salah-satu rekan Maryam, Sumiati, bercerita bahwa tak jarang para pelanggan datang ke warungnya untuk memesan Air Guraka karena merasa kurang enak badan.

“Baru semalam ada yang ke sini pesan dua gelas (air guraka). Katanya dia pe (punya) badan lemas dan juga batuk-batuk, makanya minum air guraka,” ucap Sumiati.

Setiap harinya Maryam dan Sumiati membuat Air Guraka hingga tiga termos. Harga yang dipatok untuk minuman ini adalah Rp10ribu untuk gelas berukuran kecil dan Rp20ribu untuk gelas berukuran besar.

Maryam bilang, menyantap Air Guraka paling pas jika ditemani dengan sepiring pisang 'mulu bebe' --sejenis pisang yang berukuran panjang mirip mulut bebek.

Nah, bagi kamu yang hendak melancong ke Ternate, pastikan untuk mencicipi minuman ini. Minuman yang tak hanya menghangatkan tubuh tapi juga menyehatkan.

---

Rizal Syam

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57