News
·
19 April 2021 18:24

Tim Mabes Polri Autopsi Korban Pembunuhan di Hutan Halmahera

Konten ini diproduksi oleh Cermat
Tim Mabes Polri Autopsi Korban Pembunuhan di Hutan Halmahera (586091)
searchPerbesar
Ilustrasi proses autopsi. Foto: Shutterstock
Ahli forensik dari Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusdokkes) Mabes Polri bersama Biddokes Polda Maluku Utara dan Sat Reskrim Polres Halmahera Tengah mengautopsi jenazah korban pembunuhan di Hutan Halmahera, Senin (19/4).
ADVERTISEMENT
Korban tewas yang diautopsi pertama adalah Risno Muhlis (40) yang dimakamkan di Kota Ternate.
Autopsi dimulai sekitar pukul 14.00 WIT di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kelurahan Ubo-Ubo, Kecamatan Ternate Selatan.
Proses autopsi dipimpin Kasubbid Doksik Biddokpol Pusdokkes Polri AKBP dr. Wahyu Hidayati Dwi Palupi bersama IPDA Ayu Safitri. Autopsi dilakukan berdasarkan SOP Tim Forensik Pusdokkes Mabes Polri dan atas persetujuan keluarga korban.
Kabid Humas Polda Maluku Utara, Kombes Pol Adip Rojikan saat dikonfirmasi cermat membenarkan telah dilakukan autopsi terhadap jenazah salah satu korban pembunuhan di Hutan Halmahera.
“Satu orang yang dimakamkan di Ternate,” tutur Adip.
Setelah jenazah Risno tuntas diautopsi, selanjutnya tim akan mengautopsi jenazah dua korban lainnya, yakni Masani (40) dan Yusuf Kader (40). Keduanya dimakamkan di Patani, Halmahera Tengah.
ADVERTISEMENT
“Setelah ini akan dilanjutkan terhadap dua korban lainnya di Patani,” jelas Adip.
Adip bilang, hasil autopsi tersebut akan digunakan sebagai bahan penyidikan lebih lanjut untuk penyidik.
Terpisah, Kapolres Halmahera Tengah AKBP Nico A. Setiawan mengatakan, setelah dilakukan autopsi tiga korban pembunuhan di Hutan Halmahera pihaknya akan menyandingkan hasil autopsi dengan keterangan para saksi.
“Ya nanti kita sandingkan hasil autopsi dengan keterangan para saksi dan bukti yang kita temukan, pastinya ke arah siapa pelakunya,” terangnya. (Samsul Hi Laijou)