4 Langkah Cerdas Bermain di Pasar Modal Saat Bulan Ramadhan

Membantu masyarakat Indonesia membuat keputusan keuangan dengan Cermat dan Tepat! Temukan produk keuangan terbaikmu di Cermati.com.
Konten dari Pengguna
19 April 2022 17:01
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Cermati tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
4 Langkah Cerdas Bermain di Pasar Modal Saat Bulan Ramadhan (14728)
zoom-in-whitePerbesar
ADVERTISEMENT
Melakukan investasi merupakan salah satu cara terbaik untuk mencapai berbagai tujuan di dalam keuangan. Idealnya investasi dilakukan secara rutin setiap bulan, termasuk di bulan Ramadhan.
ADVERTISEMENT
Meski pengeluaran cenderung mengalami kenaikan di bulan Ramadhan, pastikan kamu tetap mengalokasikan sejumlah dana untuk kebutuhan investasi.
Dana investasi ini bisa diambil dengan memanfaatkan sebagian dari THR yang didapatkan di bulan Ramadhan nanti.
Jika berminat berinvestasi di pasar modal, pertimbangkan untuk memilih instrumen yang tepat sejak awal. Jika melihat tahun sebelumnya, kondisi pasar modal cenderung mudah mengalami perubahan saat bulan Ramadhan.
Perubahan seperti ini harus diimbangi dengan keputusan yang tepat di dalam investasi, agar berbagai risiko di dalam investasi itu sendiri bisa dihindari.
Rencanakan dan lakukan investasi dengan cara yang tepat, agar bisa memberi keuntungan yang maksimal.
ADVERTISEMENT
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan saat bermain di pasar modal selama bulan Ramadhan:
1. Fokus pada Investasi yang Minim Risiko
Mendapatkan keuntungan yang besar merupakan harapan setiap orang yang melakukan investasi.
Namun keinginan seperti ini seharusnya diimbangi dengan pertimbangan risiko yang tepat sejak awal, terutama saat bermain di pasar modal.
Memilih instrumen investasi yang memiliki risiko kecil merupakan keputusan yang tepat. Hal ini bisa melindungi dana investasi atas perubahan pasar modal yang cenderung lebih cepat dari biasanya.
Instrumen seperti obligasi atau reksadana dianggap jauh lebih aman, jika dibandingkan dengan instrumen lainnya seperti saham.
ADVERTISEMENT
Meski hanya memberikan imbal hasil yang tidak begitu besar, namun memilih kedua instrumen tersebut di bulan Ramadhan nanti bisa jadi keputusan yang bijak.
Pertimbangan seperti ini sangat penting, terutama untuk investor yang masih belajar dan belum memiliki banyak pengalaman di pasar modal.
2. Lebih Aktif Melakukan Trading
Instrumen saham memang selalu lebih menggoda, jika dibandingkan dengan instrumen lainnya yang ditawarkan di pasar modal.
Namun berbanding lurus dengan potensi keuntungannya, saham juga memberikan risiko yang lebih besar bagi para investor.
Dibutuhkan keberanian dan kemampuan yang cukup baik untuk mengelola instrumen yang satu ini, agar benar-benar bisa memberikan imbal hasil yang maksimal lagi keuangan.
ADVERTISEMENT
Jika kamu tetap berniat untuk melakukan investasi saham di bulan Ramadhan nanti, maka pastikan untuk selalu cermat untuk mengawasi investasi tersebut.
Perubahan harga sangat mungkin terjadi dengan cepat, sehingga dibutuhkan perhatian khusus untuk selalu mengawasi hal tersebut.
Kamu harus lebih aktif melakukan trading, agar potensi keuntungan dari perubahan harga yang terjadi bisa dimanfaatkan secara maksimal.
Di saat bersamaan, hal ini juga akan mengurangi risiko kerugian.
Baca artikel selengkapnya, disini!