kumparan
KONTEN PENGGUNA
11 September 2019 16:06

Cek Bunga Deposito Terbaru di 22 Bank

Bunga Deposito (1).jpg
Bunga kredit maupun bunga simpanan selalu dipengaruhi oleh tingkat suku bunga acuan bank sentral Indonesia (BI).
ADVERTISEMENT
Tak heran bila setiap orang akan mencari tahu berapa bunga kredit sebelum mengajukan pinjaman dan berapa bunga simpanan sebelum menempatkan dana di deposito.
Bicara bunga deposito, suku bunga pinjaman akan berubah mengikuti pergerakan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI 7 day repo rate).
Jika BI 7 day repo rate turun, maka bunga simpanan juga ikut turun. Begitu sebaliknya, saat BI 7 day repo rate naik, bunga simpanan juga akan ikut naik.
Naik-Turunnya BI 7-DRR Tak Langsung Diikuti Bunga Bank
Namun, perlu diketahui bahwa saat BI 7 day repo rate turun maupun naik, tidak serta merta bunga deposito ikut turun atau naik.
ADVERTISEMENT
Ada jeda waktu (time lag) dari penurunan atau kenaikan suku bunga BI itu diikuti oleh penurunan bunga simpanan atau bunga deposito.
Para ekonom dan perbankan selalu saja mengatakan bahwa setidaknya butuh waktu sekitar bulan bagi bank untuk menyesuaikan penurunan atau kenaikan suku bunga bank sentral Indonesia.
Jadi, saat mau investasi di deposito, pasti yang terbersit di kepala adalah berapa bunga deposito saat ini?
Untuk mengetahui jawabannya, berikut Cermati.com memberikan update pergerakan bunga deposito berbagai bank di Indonesia yang dilansir dari Pusat Data Kontan melalui Pusat Informasi Pasar Uang (PIPU) Bank Indonesia.
Baca artikel selengkapnya di sini.