Pencarian populer

Ini Daftar Caleg Artis yang Lolos ke DPR di Pemilu 2019

Krisdayanti via Instagramnya @krisdayantilemos
Pemilihan umum (Pemilu) telah usai diselenggarakan serentak pada 17 April 2019. Dari sekian banyak artis yang mendaftarkan diri sebagai calon legislatif (caleg), hanya segelintir artis saja yang berhasil lolos dan melenggang masuk ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, tercatat pada Daftar Caleg Tetap (DCT) di Komisi Pemelihan Umum (KPU) ada 91 artis di 10 partai politik (parpol) yang mencalonkan. Setelah semua provinsi berhasil menyelesaikan rekapitulasi suara hasil Pemilu 2019, menurut pantauan pada Perhimpunan Sangga Nusantara hanya terdapat segelintir artis saja yang memperoleh suara yang cukup tinggi di Daerah Pemilihan (dapil) masing-masing.
Daftar Caleg Artis yang Lolos
Pada daftar caleg artis yang lolos Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 berikut ini tentunya tak hanya artis pendatang baru saja yang mencoba terjun di dunia politik, tapi ada juga artis lama yang lebih dulu terjun dan mencoba peruntungannya kembali sebagai calon anggota legislatif periode 2019-2024. Siapa saja mereka?
ADVERTISEMENT
1. Krisdayanti
Sebagai diva pop terkenal Indonesia, Krisdayanti juga mencoba mendaftarkan dirinya sebagai caleg 2019. Wanita kelahiran 1975 ini, memilih maju di parpol PDIP untuk dapil Jawa Timur 5 Malang Raya yang meliputi Kabupaten Malang, Kota Malang dan Kota Batu.
Daya tariknya yang kuat sebagai public figure terkenal mampu menyeret namanya memenangkan Pileg 2019 di daerah kelahirannya tersebut dengan memperoleh 132.131 suara.
2. Tommy Kurniawan
Tommy Kurniawan merupakan seorang aktor Indonesia yang sering tampil di layar kaca dan layar lebar pada tahun 2003 – 2017. Meski sempat gagal nyaleg di Pemilu 2014, tapi tak membuat pria kelahiran Jakarta ini menyerah.
Tahun ini ia mencoba lagi melalui PKB. Daftar di dapil V Jawa Barat yang meliputi Kabupaten Bogor ini, akhirnya Tommy menang dengan mengantongi 33.988 suara. Tommy sendiri berharap bahwa dirinya ingin fokus memajukan e-Sport, dunia pendidikan di Indonesia.
ADVERTISEMENT
3. Nico Siahaan
Terkenal sebagai aktor dan presenter kondang di Indonesia, Niko Siahaan yang sebelumnya sudah duduk di kursi komisi X DPR RI pada bidang pendidikan, pariwisata, pemuda olahraga, ekonomi, kreatif dan perpustakaan ini, kembali lagi mencalon diri di Pileg 2019.
Kinerjanya yang sudah terbukti, pria yang sedang menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Pemuda dan Olahraga DPD PDIP Jawa Barat periode 2015-2020, akhirnya dipercaya kembali untuk duduk di kursi wakil rakyat.
4. Rachel Maryam
Kedua kalinya Rachel Maryam lolos ke Senayan. Pada Pileg 2014 lalu, Rachel menjadi anggota DPR 2014-2019 pada dapil Jawa Bawat II partai Gerindra. Sementara pada Pileg 2019, wanita yang sekarang sudah berhijab ini berhasil masuk menjadi caleg parpol yang sama di Dapil Jawa Barat 2 Kabupaten Bandung dan Bandung Barat dengan mengantongi suara sebanyak 145.636.
ADVERTISEMENT
5. Dessy Ratnasari
Pastinya semua masyarakat Indonesia tak asing lagi dengan sosok Dessy Ratnasari yang terjun ke politik. Karier politiknya dimulai saat ia menang Pileg 2014 dan duduk di kursi wakil rakyat pada komisi VIII DPR RI. Sesuai dengan kepribadiannya, saat itu ia ditugaskan di bidang sosial dan pemberdayaan perempuan. Pada pileg kali ini, ia berhasil kembali dengan meraup 86.440 suara di dapil Jabar 4 dari fraksi PAN.
Baca artikel selengkapnya di sini.
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80