Pencarian populer

Youtuber Ria Ricis Makin Kaya Raya, Yuk Intip Sumber Uangnya

Siapa yang ada di dalam pikiran kamu jika mendengar ciri-ciri berikut, wanita berkerudung, memiliki tubuh mungil, selalu tampil ceria, sering bermain dengan anak kecil, sangat suka dengan squishy, terbilang bawel dan merupakan adik kedua dari Oki Setiana Dewi? Ya, dia adalah Ria Yunita atau yang akrab disapa Ria Ricis atau Ricis. Jangan salah, Ricis itu ada kepanjangannya lho, yaitu Ria cantik dan manis.
ADVERTISEMENT
Kesuksesan karier yang sudah Ricis dapatkan seperti sekarang ini tidaklah secara instan atau hanya ‘numpang tenar’ dari sang kakak tercinta yang memang sudah terjun terlebih dulu di dunia entertainment, tapi Ricis berusah dan berjuang dari nol.
Berkat kegigihannya tersebut, kini Ricis mendapat pengakuan dari banyak orang sebagai salah satu Youtuber terkaya di Indonesia dengan penghasilan mencapai miliaran setiap tahunnya. Lalu dari mana sajakah sumber uang Ria Ricis?
1. Youtuber
Ricis mulai mencoba peruntungannya menjadi youtuber sejak Januari 2016. Pada akun youtube channelnya yang diberi nama Ricis Official, ia menyuguhkan video lucu seputar kesehariannya, endorse, permintaan netizen hingga mengikuti tren di masyarakat.
Untuk menarik netizen dan membuat mereka mengklik tombol subscribe untuk berlangganan video Ricis tidaklah mudah. Awalnya, Ricis memanfaatkan tren untuk menarik perhatian banyak orang baik dari kalangan orang dewasa apalagi anak kecil, yaitu dengan squishy yang saat itu sedang naik daun.
ADVERTISEMENT
Dari situlah, banyak netizen yang mulai menjadi pelanggan video Ricis hingga sampai 14 Februari 2019 ini sudah memiliki 9,9 juta subscriber. Hal ini membuat Ricis berhasil menjadi Youtuber peringkat ke dua se-Asia Tenggara dengan meraup penghasilan hampir Rp3 miliar per tahun.
2. Selebgram
Bukan terjun di televisi sebagai artis, melainkan Ricis memilih menjadi selebgram untuk mengawali kariernya. Dengan akun instagramnya @riaricis1795, Ricis meraup pundi-pundi dari endorsement yang memiliki ragam biaya berbeda mulai dari Rp5 juta hingga Rp8 juta tergantung dari permintaan klien, ingin postingan di insta story, postingan gambar atau video.
Ya, memang masih banyak selebgram lainnya yang memiliki harga endorse di bawah itu, namun Ricis memiliki tampilan yang sangat unik dan berbeda dari selebgram lainnya. Wanita kelahiran Batam, 1 Juli 1995 ini tidak canggung dalam berekspresi di setiap postingannya, bahkan selalu membuat konten-konten yang sangat lucu, apalagi setiap video yang diposting. Inilah yang membuat netizen tertarik pada Ricis dan hingga kini sudah mencapai hampir 12 juta followers yang selalu menunggu update-an dari Ria Ricis.
ADVERTISEMENT
Konsistensi yang dimiliki Ricis membuatnya pernah memenangkan dua perhargaan, yakni Sosial Media Awards 2016 dengan kategori Hijabers Selebgram dan Nickelodeon Indonesia Kids’ Choice Awards 2017 dengan kategori Selebgram Favorit.
3. Bisnis
Walaupun pundi-pundi yang diraupnya dari Youtuber sudah banyak, tapi tidak membuat Ricis berpuas diri. Justru ia memutar penghasilannya kembali dengan terjun di berbagai bisnis. Baginya dengan memanfaatkan popularitas namanya tak membuat Ricis merasa kesulitan saat mengenalkan bisnis yang digelutinya.
Kini Ricis menjalankan empat jenis bisnis, antara lain selain bisnis snack Kripik JamaNow yang berada di daerah Bandung, Ricis bersama sang kakak tercinta, Oki, membangun Warung ayam geprek Ok-Cis yang pertengahan 2018 tercata sudah membuka 15 cabang dan dua toko kue artis kekinian Patata di Surabaya dan Cushy di Jogja yang dimulai sejak 2016-2017 lalu.
ADVERTISEMENT
Ricis juga membangun bisnis fashion dengan clothing line-nya sendiri, Hijab Ricis by Khayra. Dari bisnisnya tersebut Ricis mampu meraup omzet penjualan hingga puluhan juta. Hal ini tentu membuat penghasilan Ricis semakin bertambah.
4. Hiburan Televisi dan Layar Lebar
Mengikuti jejak kakanya, Ricis mencoba terjun ke ranah hiburan di pertelevisian. Awalnya Ricis mencoba sebagai host di beberapa stasiun televisi, kemudian ia juga sering mendapat tawaran sebagai bintang tamu. Melihat bakatnya di dunia hiburan semakin terasah, Ricis pun mendapat tawaran untuk bermain di layar lebar atau perfilman.
Deretan film yang pernah ia lakoni, di antaranya Selebgram dengan peran menjadi Sherly, Mars Met Venus (Part Cewek dan Cowok) menjadi Icha, The Underdogs memerankan sebagai Youtuber talkshow, Yowis Ben menjadi MC konser musik, Target memerankan dirinya sendiri dan yang masih proses 212: The Power of Love, disini bukan menjadi pemeran melainkan sebagai manajer produksi.
ADVERTISEMENT
Jadikan Inspirasi Suksesmu
Sukses tidak hanya dicapai orang yang bekerja dikantoran saja. Buktinya, Ria Ricis yang hanya bermodalkan kreativitas saja bisa menjadi Youtuber terkaya di Indonesia. Kamu pu bisa seperti Ricis asalkan ada niat ingin sukses di masa depan.
Gali saja kreativitas yang kamu miliki dan manfaatkaan semaksimal mungkin. Buka mata dan pikiran untuk terus mengikuti tren di masyarakat agar menarik perhatian banyak orang. Sabar dan konsisten menjadi kunci utama menggapai kesuksesan di masa depan.
Dapatkan informasi keuangan menarik lainnya lewat:
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86