Pentingnya Keseimbangan Pendidikan Formal dan Non-Formal untuk Para Remaja

Murid SMA Citra Berkat
Konten dari Pengguna
21 Januari 2023 15:13
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Chang Hannel Aisyah tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Sumber : Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Sumber : Pexels.com
Pendidikan merupakan salah satu cara untuk mengatasi masalah-masalah yang ada di negara tercinta kita yaitu Indonesia. Seperti yang kita ketahui masalah-masalah di negara kita cukup banyak sebagai salah satu contohnya adalah masalah perekonomian.
Masalah perekonomian bukan hanya karena mendapatkan pendidikan yang kurang, gaji yang kurang tapi juga karena kebutuhan hidup manusia yang tidak ada batasnya.
Lalu, apa peran para remaja sebagai penerus bangsa untuk mengatasi masalah tersebut? Iya benar, pendidikan adalah salah satu cara yang sangat efektif untuk masa depan negara.
Sumber : Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Sumber : Pexels.com
Pendidikan bisa kita dapatkan di mana saja, asal kita berusaha untuk mencapainya. Oleh karena itu, seharusnya kita, para remaja menyadari hal tersebut.
Para remaja juga harus menyadari bahwa pendidikan itu sangat penting bagi diri sendiri. Dengan menyadari bahwa pendidikan sangatlah penting untuk ke depannya, maka para remaja akan berusaha untuk menggapai pendidikan yang berkualitas.
Tidak hanya penting untuk diri sendiri, tapi juga penting untuk bangsa. Pendidikan dibagi menjadi 3 yaitu pendidikan formal, pendidikan non-formal dan pendidikan informal:
  • Pendidikan formal adalah pendidikan yang sedang kita tempuh saat ini, pendidikan yang mengajarkan berbagai ilmu pengetahuan di sekolah, seperti SD, SMP, SMA, dan kuliah.
  • Pendidikan non-formal adalah pendidikan yang mengajarkan berbagai ilmu pengetahuan di luar sekolah. Contohnya adalah kursus yang dilakukan di rumah guru tersebut atau di suatu bangunan, dan seminar yang bisa kita ikuti lewat zoom dan lain sebagainya.
  • Pendidikan informal adalah pendidikan yang dilakukan oleh lingkungan dan keluarga. Contohnya adalah, pendidikan tentang memperdalam agama, pendidikan tentang sopan santun dan lain sebagainya.
Sumber : Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Sumber : Pexels.com
Apa pun cara bisa kita dapatkan untuk menempuh pendidikan asal kita berusaha, contohnya bisa pergi ke perpustakaan dan membaca buku untuk menambah ilmu.
Dengan menyadari bahwa hidup kita kurang dan ingin membantu orang tua dalam masalah ekonomi kita akan menyadari seberapa penting pendidikan dan dengan itu kita akan berusaha untuk bisa bersekolah dengan cara apa pun seperti mendapatkan beasiswa.
Remaja sekarang, mereka sudah memiliki pikiran yang cukup dewasa. Mereka bisa mengetahui apa saja yang sangat penting untuk dirinya dan juga untuk bangsa ke depannya.
Ada beberapa remaja yang berpikir bahwa pendidikan formal tidak terlalu cukup, sehingga mereka mengikuti kegiatan pendidikan non-formal agar mendapatkan ilmu pengetahuan yang baru.
Sumber : Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Sumber : Pexels.com
Dengan mengikuti kegiatan pendidikan non-formal, kita bisa saja diajarkan beberapa materi terlebih dulu oleh guru dari pendidikan non-formal sebelum dijelaskan oleh guru dari pendidikan formal.
Dengan ini, para remaja akan memahami materi yang dijelaskan kembali oleh para guru formal sehingga bisa mendapatkan pengetahuan baru yang belum dijelaskan oleh guru dari pendidikan non-formal.
Ada beberapa remaja berpikir apakah pendidikan non-formal penting untuk kita? Sebenarnya, tergantung kepada masing-masing diri kita sendiri.
Tapi kalian harus tau bahwa pendidikan non-formal punya peran penting untuk mengembangkan sikap maupun pengetahuan kita.
Sumber : Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Sumber : Pexels.com
Dengan mengikuti kegiatan pendidikan non-formal, kita bisa saja diajarkan beberapa materi terlebih dulu oleh guru dari pendidikan non-formal sebelum dijelaskan oleh guru dari pendidikan formal.
Para remaja akan memahami materi yang dijelaskan kembali oleh para guru formal sehingga bisa mendapatkan pengetahuan baru yang belum dijelaskan oleh guru dari pendidikan non-formal.
Ada beberapa remaja berfikir apakah pendidikan non-formal penting untuk kita? Sebenarnya, tergantung kepada masing-masing diri kita sendiri. Tapi, kalian harus tahu bahwa pendidikan non-formal punya peran penting untuk mengembangkan sikap maupun pengetahuan kita.
Jadi, pentingnya pendidikan bagi para remaja adalah, mereka bisa mendapatkan pengetahuan yang berbeda dari tempat yang berbeda juga yaitu dari pendidikan formal dan pendidikan non-formal.
Mengikuti pendidikan non-formal, para remaja bisa mengembangkan pikirannya masing-masing untuk ke depannya, sehingga pikiran para remaja akan berguna untuk diri mereka sendiri maupun untuk bangsa. Pendidikan non-formal juga bisa berfungsi untuk melengkapi kemampuan para remaja yang tidak diterima dari pendidikan formal.
Sekarang, sudah tau kan seberapa pentingnya pendidikan non-formal bagi kehidupan kita para remaja? Apalagi sekarang kita adalah generasi penerus bangsa, untuk menjadi penerus bangsa kita juga perlu mengasah otak kita untuk mendapatkan ilmu pengetahuan baru agar bisa mengembangkan ide-ide menarik untuk diri sendiri maupun negara.