Bola & Sports
·
21 Februari 2018 17:55

Bosen Kuliah Belajar Doang ? Mungkin Kamu Butuh ‘ginian’ di President University

Konten ini diproduksi oleh Channy Anasthasia
President merupakan salah satu universitas swasta yang terletak di Jababeka, Cikarang, Jawa Barat. Universitas yang berdiri sejak tahun 2002 ini menerapkan full English speaking untuk seluruh warga di dalamnya, baik dalam proses ajar-mengajar maupun kegiatan mahasiswa lainnya. Tak hanya itu, President juga sering kali dijuluki dengan sebutan “Kampus 1000 event”. Yap ! Mahasiswa di universitas ini sangat aktif mengadakan acara-acara mulai dari yang edukatif sampai yang bertujuan untuk menghibur semata. Salah satu acara atau kegiatan bergengsi yang rutin dilakukan di kampus tersebut adalah SOPU atau Sport Olympiad President .
ADVERTISEMENT
SOPU merupakan perlombaan olahraga yang melibatkan seluruh mahasiswa dari 12 jurusan yang ada di President . Berbeda dengan universitas lain, acara tahunan ini juga menyelenggaran kompetisi Cheerleadance yang merupakan gabungan dari cabang olahraga cheerleader dan dance. Dalam kompetisi ini, peserta diwajibkan untuk membentuk sebuah tim yang terdiri dari 15-20 orang. Setelah itu, tim-tim yang sudah terbentuk diberi kesempatan untuk berlatih selama 4-5 bulan untuk menyusun konsep yang melibatkan cheerleader routines dan juga koreografi dance.
Bosen Kuliah Belajar Doang ? Mungkin Kamu Butuh ‘ginian’ di President University  (43574)
Seperti selayaknya cheerleader, tim-tim ini menggunakan kostum yang sesuai dengan standard keamanan olahraga tersebut, mulai dan bahan hingga desain yang digunakan. Walaupun tidak diizinkan menggunakan pelatih, para peserta tetap berusaha semampu mereka untuk mempelajari dan mempraktikkan semua elemen di dalam routines cheerleader, yaitu; stunting, tumblings, dance, cheering, dan yelling. Umumnya mereka berlatih di malam hari di tempat-tempat sekitar kampus dan asrama. Uniknya, setiap tim mempunyai tempat latihan yang sudah turun-temurun digunakan sehingga seluruh proses latihan tidak saling mengganggu satu sama lain.
ADVERTISEMENT
Perlombaan cheerleadance ini juga menyediakan spotter dan juri yang profesional di bidangnya untuk mendukung kelancaran dan keamanan acara. Hal yang membedakan olahraga ini dengan cheerleader pada umumnya adalah durasi routines yang diterapkan. Biasanya cheerleader routines hanya berlangsung selama 3-5 menit, namun pada perlombaan ini peserta dipersilahkan tampil selama 5-20 menit. Durasi waktu yang lebih panjang diterapkan karena koreografi dance yang digunakan lebih banyak dibandingkan biasanya. Nah, tertarik untuk bergabung ? Tonton full videonya disini
https://www.youtube.com/watch?v=XLKIcOep_xc&t=424s