Konten dari Pengguna

Sahabat Membawa Pengaruh Positif

Chelsea Theresia Wang
Mahasiswa Psikologi Universitas Pembangunan Jaya
16 September 2023 21:04 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Chelsea Theresia Wang tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Sahabat. Foto : Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Sahabat. Foto : Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Manusia merupakan makhluk hidup yang diciptakan sebagai makhluk sosial. Maka dari itu, manusia membutuhkan kehadiran manusia lainnya di lingkungannya, seperti seorang sahabat. Meskipun begitu, masih banyak manusia yang menganggap bahwa sahabat bukanlah hal yang penting bagi kehidupannya dan lebih memilih untuk sendiri saja. Lantas, apakah sahabat merupakan hal yang penting bagi kehidupan seseorang?
ADVERTISEMENT
Memiliki hubungan persahabatan merupakan hal yang penting terutama bagi seorang anak dikarenakan dengan memiliki hubungan persahabatan bisa membantu tumbuh kembang si anak. Adapun manfaat yang bisa didapatkan oleh anak-anak, seperti : (Fadli, 2022).
• Mereka akan belajar tentang artinya sebuah persahabatan sejati
• Belajar untuk menghadapi sebuah permasalahan yang bisa terjadi ketika memiliki sebuah hubungan pertemanan
• Membuat anak bisa menciptakan sebuah komunikasi secara langsung sehingga anak tidak hanya terbatas dengan penggunaan smartphone saja
• Membuat seorang anak tidak merasa sendiri
Ilustrasi Sahabat. Foto : Shutterstock
Selain itu, hubungan persahabatan bisa memberikan manfaat bagi kesehatan, yaitu : (Yulianto, 2021).
• Meningkatkan kekebalan tubuh
Menurut sebuah studi mengatakan bahwa persahabatan memiliki sebuah kecenderungan lebih cepat tanggap dalam sebuah kondisi khusus. Semisalnya, ketika kita sedang mengalami luka di tubuh dengan memiliki sahabat bisa membuat proses penyembuhan bisa lebih makin cepat membaik dan membuat risiko terkena penyakit pun menjadi lebih rendah.
ADVERTISEMENT
• Mengurangi stres
Adapun peneliti yang menyampaikan dan mempercayai bahwa persahabatan memiliki peran agar tubuh dapat memproses stres dengan baik. Ketika kalian menghabiskan waktu dengan sahabat untuk bercerita, maka produksi hormon, yaitu kortisol yang berada dalam tubuh akan berkurang sehingga hal tersebut bisa memberikan efek yang bisa menenangkan diri kalian.
• Meningkatkan rasa percaya diri
Dengan memiliki sahabat bisa mendapatkan sebuah support yang bisa memicu untuk menambahkan rasa percaya diri kalian karena sahabat yang baik akan memberikan dukungan serta nasihat secara positif ketika kalian sedang berada di situasi sulit.
• Meningkatkan kebahagiaan
Peneliti menunjukkan dengan bersosialisasi dengan sahabat dalam keadaan senang bisa membuat mood kalian akan menjadi lebih baik serta dapat meningkatkan rasa bahagia dalam diri kalian.
ADVERTISEMENT
Maka dari itu, bangunlah sebuah persahabatan karena banyak hal positif terutama bagi kesehatan.