6 Rekomendasi Film Horror Indonesia Terseram yang Siap Membuat Anda Merinding

Seorang mahasiswa di Universitas Bina Nusantara
Konten dari Pengguna
20 Desember 2020 16:50
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Christina Adelia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
6 Rekomendasi Film Horror Indonesia Terseram yang Siap Membuat Anda Merinding  (85469)
searchPerbesar
Sumber: https://www.instagram.com/p/B9wjORen7lR/?igshid=1t5jhbz0k5ifb
Sejak dahulu, Indonesia adalah negara yang memiliki kepercayaan yang sangat kental dalam hal-hal yang berbau mistis. Sebagai masyarakat Indonesia, kita selalu menyambungkan kejanggalan yang terjadi di hidup kita dengan segala suatu hal yang berbau mistis. Belum puas rasanya apabila kita tidak menginterpretasikan segala sesuatu dengan kemistisan dan alam goib. Indonesia dikenal dengan karya seni film horrornya yang menantang dan mengerikan. Hal ini juga sudah diakui oleh masyarakat di dunia internasional. Maka dari itu, industri perfilman horror di Indonesia menjadi sangat booming sejak tahun 1900 an. Ketika mendengar ‘film horror Indonesia’ hal yang pertama kali kita ingat adalah hantu kuntilanak, jelangkung, tuyul, pocong, dan masih banyak macam hantu Indonesia lainnya. Berikut ini adalah tampilan rekomendasi film horror Indonesia yang sudah terbukti dapat membuat bulu kuduk para penontonnya merinding.
ADVERTISEMENT
  1. Pengabdi Setan (2017)
6 Rekomendasi Film Horror Indonesia Terseram yang Siap Membuat Anda Merinding  (85470)
searchPerbesar
Sumber: https://www.instagram.com/p/BaQ3KnOhwOE/?igshid=s3p4ci6s798z
Pengabdi Setan adalah film horror buatan dalam negeri yang sangat mendunia pada masanya, kepopuleran film ini membawakan reward khusus bagi Indonesia sebagai negara yang memiliki seni sinematografi horror yang menakjubkan. Pengabdi Setan adalah film horror yang bercerita tentang satu keluarga yang mengalami banyak kejadian yang sangat aneh sejak peran ibu (Ayu Laksmi) meninggal karena menderita sakit yang aneh dan tidak diketahui secara medis. Naasnya, ayah Rini tidak ada di sisi mereka pada saat kejadian aneh sering terjadi, bahkan saat nenek Rini dan adik-adiknya meninggal secara tiba-tiba, ayah mereka masih bekerja di kota. Kematian nenek membuat Rini (Tarra Basro) dan Hendra (Dimas Aditya) yang merupakan anak dari Pak Ustad pergi ke kota dan menemukan informasi bahwa ibu mereka telah mengikat dirinya dengan perjanjian dengan dunia gelap.
ADVERTISEMENT
  1. Perempuan Tanah Jahanam (2020)
6 Rekomendasi Film Horror Indonesia Terseram yang Siap Membuat Anda Merinding  (85471)
searchPerbesar
Sumber: https://www.instagram.com/p/CIcv4X9AKsM/?igshid=15u1k63ydzn0x
Di tahun 2019, Joko Anwar mengrilis film horror yang berjudul Perempuan Tanah Jahanam yang bercerita tentang desa terkutuk yang membuat seluruh rakyat di Desa Harjosari tidak bisa memiliki keturunan. Anehnya, setiap bayi yang lahir dari perut perempuan Desa Harjosari selalu lahir tanpa kulit, hal ini dipercayai dengan adanya kutukan keluarga Nyai Sinta yang telah melakukan perselingkuhan dengan anak pengasuhnya sendiri. Film ini diciptakan melalui mimpi Joko Anwar (Sutradara Film Perempuan Tanah Jahanam) yang tidak bisa dilupakan oleh beliau.
  1. Danur: I Can See Ghost (2017)
6 Rekomendasi Film Horror Indonesia Terseram yang Siap Membuat Anda Merinding  (85472)
searchPerbesar
Sumber: https://www.instagram.com/p/BSgFCJmFmcl/?igshid=1xav0aeql4oi0
Danur adalah film dibuat berdasarkan kisah nyata yang dialami oleh Risa Saraswati sebagai anak indigo. Dalam kisahnya, diceritakan bahwa Risa adalah seorang anak yang memiliki ‘bakat’ dalam melihat dan merasakan kehadiran roh-roh yang tidak bisa terlihat. Hal ini diawali dengan pertemuan Risa dengan Imaginary Friends yang bernama Janshen, William, dan Peter. Awalnya, Risa tidak menyadari bahwa teman-temannya adalah hantu, namun pada suatu saat Risa dibujuk untuk pergi ke dunia mereka dengan cara membunuh dirinya sendiri. Tetapi, hal ini langsung dicegat oleh ‘orang pintar’ yang dikenalkan oleh kerabat orangtua Risa.
ADVERTISEMENT
  1. Jailangkung (2017)
6 Rekomendasi Film Horror Indonesia Terseram yang Siap Membuat Anda Merinding  (85473)
searchPerbesar
Sumber: https://www.instagram.com/p/BTkixQugCfB/?igshid=nbo3jjf20tep
Jailangkung adalah film yang menceritakan tentang ambisi ayah dari Bella (Amanda Rawles) untuk memanggil arwah istrinya yang sudah meninggal. Dalam ambisinya, ia mempelajari mantera pemanggilan arwah dari peninggalan istana goib. Mantera kuno pemanggilan arwah itu berisikan, “Datang gendong, pulang bopong”, dengan mantera ini ayah dari Bella berhasil memanggil arwah Sarah (istrinya) yang telah meninggal. Keberhasilan ini membuat ia melakukan pemanggilan ini secara berkali-kali dalam beberapa tahun silam, awalnya tidak ada hal buruk yang terjadi. Namun, pada akhirnya ayah Bella ditemukan tidak sadar dan terbaring koma di rumah sakit.
  1. Sebelum Iblis Menjemput (2018)
6 Rekomendasi Film Horror Indonesia Terseram yang Siap Membuat Anda Merinding  (85474)
searchPerbesar
Sumber: https://www.instagram.com/p/B1GZJL6A4md/?igshid=1jceeobcr6f47
Sebelum Iblis Menjemput adalah film yang menceritakan bagaimana keserakahan manusia yang menghancurkan kehidupan kita sebagai manusia yang beriman. Berawal dari perjanjian Lesmana dengan seorang wanita yang mewakili perjanjian manusia dengan iblis yang membuahkan kekayaan dan kemakmuran, Lesmana akhirnya rela membiarkan isterinya untuk dijadikan tumbal. Sejak saat itu, Lesmana menjadi orang yang kaya raya dan membangun keluarga baru dan meninggalkan anak dari isteri pertamanya yang bernama Alfie (Chelsea Islan). Alfie tumbuh sebagai anak yang pemberani, teguh, dan kasar karena masa kecilnya yang sangat traumatik. Ia berjuang demi hidupnya sendiri sejak ia kecil, dan bertekad untuk tidak pernah bertemu dengan ayah kandungnya lagi. Sampai pada akhirnya, Alfie harus bertemu dengan ayahnya yang sedang sekarat di rumah sakit dan mengalami banyak hal aneh dan mengerikan.
ADVERTISEMENT
  1. Rumah Dara (2019)
6 Rekomendasi Film Horror Indonesia Terseram yang Siap Membuat Anda Merinding  (85475)
searchPerbesar
Sumber: https://www.instagram.com/p/B-Me_KCDNvc/?igshid=1sdyxwrvuuj6s
Dari film Rumah Dara ini, kita dapat belajar bahwa manusia bisa menjadi sosok yang lebih menyeramkan dan kejak daripada hantu. Rumah Dara adalah film yang menyajikan adegan sadis yang menginterpretasikan perkumpulan psikopat kelas kakap yang memangsa korbannya dengan cara yang cermat. Naasnya, Ladya dan teman-temannya dijadikan mangsa dalam aksi penyiksaan di rumah tersebut. Di pertengahan film ini, dijelaskan bahwa Rumah Dara adalah rumah yang menciptakan manusia psikopat sejak kecil. Dara melakukan hal keji ini terhadap banyak anak kecil yang kehilangan orangtuanya dan menjadikan mereka seorang psikopat yang tidak berhati nurani.
Keenam film horror ini cocok sekali dijadikan sebagai hiburan anda dikala bosan dan membutuhkan pengalaman menonton film horror yang mencengkam dan seru. Apabila anda merasa takut untuk menonton film horror ini sendirian, kamu bisa langsung mengajak sahabat, keluarga dan juga pacar yang pasti bersedia menemani kalian ditengah keseraman yang ada di adegan-adegan di film horror di atas. Nah, menurut kalian manakah film horror di atas yang paling menarik?
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020