Woman
·
14 April 2018 12:54

Tips agar Lulus dari President University Tepat Waktu untuk Mahasiswa Kelas Malam

Konten ini diproduksi oleh Christina Natalia
Tips agar Lulus dari President University Tepat Waktu untuk Mahasiswa Kelas Malam (170401)
searchPerbesar
Kuliah adalah tahap selanjutnya setelah seseorang lulus dari Sekolah Menengah Atas. Seperti layaknya seseorang yang lulus Sekolah Menengah Pertama melanjutkan ke Sekolah Menengah Atas. Mereka santau dan tidak serius kuliah. Tak mengherankan, banyak dari mereka mengulang sejumlah mata kuliah. Bahkan, ada yang lambat lulus kuliah dan di drop out dari bangku kuliah.
ADVERTISEMENT
Jika Anda sekarang ini mahasiswa sadarlah bahwa kuliah sangat jauh berbeda dengan sekolah. Cepat tidaknya Anda jadi Sarjana bergantung seberapa gigih Anda belajar dan mengatasi segala tantangan dalam setiap mata kuliah yang anda ambil agar jumlah kredit terpenuhi untuk dapat lulus dari suatu Universitas.
Untuk membantu agar Anda lulus kuliah dari President University tepat waktu, berikut ada 5 tips yang perlu Anda ketahui :
1. Rajin masuk kuliah
Strategi pertama adalah rajin kuliah. Karena dengan rajin kuliah, Anda dapat memperoleh lebih banyak ilmu dan pengetahuan. Terdapat sistem pengambilan SKS (Satuan Kredit Semester) dalam sistem Perkuliahan. Dengan mengambil satu SKS, berarti Anda harus belajar di kelas selama satu jam, belajar mandiri selama satu jam, dan mengerjakan tugas dalam satu jam. Jadwal kuliah pun berbeda dengan jadwal sekolah. Anda kuliah pukul 18.30–21.00. Biasanya jam kuliah inilah yang membuat seorang mahasiswa kemudian jarang masuk kelas. Tidak lulus satu mata kuliah selanjutnya dapat memperlambat waktu kelulusan, karena tentunya Anda harus mengambilnya kembali di semester selanjutnya.
ADVERTISEMENT
2. Berpikir Tentang Masa Depan
Untuk lebih termotivasi menyelesaikan masa studi tepat pada waktunya, cobalah luangkan waktu sejenak untuk memikirkan masa depan Anda setelah lulus kuliah. Apakah Anda ingin bekerja di perusahaan multinasional, bekerja di pemerintahan, atau menjadi pengusaha? Dengan berpikir jauh ke depan, Anda jadi memiliki timeline hidup yang tentunya akan memotivasi Anda untuk lulus tepat waktu. Bangku perkuliahan merupakan persiapan besar untuk mewujudkan cita-cita Anda di masa depan.Memiliki rencana setelah kuliah juga dapat membantu Anda menentukan mata kuliah apa saja yang kira-kira perlu Anda ambil selama masih berstatus mahasiswa. Kebanyakan para mahasiswa berpikir mereka akan menemukan cita-citanya setelah lulus kuliah, hal ini pada akhirnya menjebak diri sendiri, dan membuat seseorang kurang memiliki tujuan yang jelas.
ADVERTISEMENT
3. Semakin Lama Lulus Semakin Besar Biaya Yang Dikeluarkan
Kuliah dapat dikatakan sesuatu yang mewah dan patut untuk Anda syukuri. Hanya sekitar 13% dari keseluruhan rakyat Indonesia yang beruntung menikmati pendidikan di perguruan tinggi.
Di sisi lain, kian hari biaya pendidikan semakin meningkat. Oleh karena itu, pikirkanlah beban yang harus ditanggung orang tua jika Anda berkuliah lebih lama dari seharusnya. Pikirkan biaya hidup yang harus mereka keluarkan, biaya kuliahnya sendiri, biaya tempat tinggal, dan lain-lain jika Anda merantau. Berlaku pula untuk Anda yang berkuliah menggunakan beasiswa. Pikirkan bahwa semakin lama Anda berkuliah, bisa jadi beasiswa dicabut, serta Anda pun lebih lama tidak mendapatkan penghasilan sendiri untuk menjadi mandiri.
4. Jangan Malas Mencari Dosen
ADVERTISEMENT
Salah satu dilema mahasiswa tingkat akhir yang sedang menggarap tugas akhir atau skripsi adalah kesulitan menghubungi dosen yang memang memiliki kesibukan tersendiri. Saat megejakan skripsi, Anda harus proaktif untuk mencari dosen dan terus gigih untuk melakukan bimbingan. Ingatlah bahwa sebagai mahasiswa Andalah yang membutuhkan ilmu dan bimbingan dosen untuk mencapai kelulusan. Bangun hubungan yang baik dengan dosen pembimbing Anda. Pastikan dosen pembimbing mengenal Anda dengan baik sehingga mendukung proses Anda dalam lulus kuliah.
5. Dahulukan Urusan Kuliah di Atas Urusan Lainnya
Ketika sudah memasuki bangku kuliah, Anda seperti baru terbebas dari ikatan-ikatan seperti saat di bangku sekolah. Anda tidak lagi harus mengenakan seragam, jam kuliah yang tidak teratur juga memungkinkan Anda mengerjakan hal-hal lain selama jam kosong. Kegiatan di jam kosong ini cukup banyak bentuknya. Anda bisa saja mengerjakan tugas, mengerjakan urusan organisasi, atau bahkan mengobrol dan berjalan-jalan dengan teman kuliah. Di sinilah Anda harus bijak dan tegas untuk menolak segala ajakan yang kemungkinan akan mengganggu jam kuliah dan membuat fokus Anda terpecah. Untuk mengenakan toga tepat waktu, dahulukan urusan kuliah di atas urusan-urusan lainnya. Jangan membuat-buat alasan yang membenarkan diri sendiri untuk bersenang-senang sekarang, namun menyesal kemudian karena terlambat lulus.
ADVERTISEMENT
Christina Natalia /014201505078
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020