5 Skincare Dasar yang Wajib Dipakai Meski di Rumah Aja

Content Creator
Konten dari Pengguna
19 Agustus 2021 22:46
·
waktu baca 6 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Cici Desri tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Ku kira berdiam diri di rumah aja akan membuat wajahku bersih dan bebas jerawat, ternyata keliru! Buat kamu yang sering bolos pakai skincare, wajib baca tulisan ini sampai selesai agar tidak menyesal.
ADVERTISEMENT
Memasuki tahun kedua pandemi Covid-19, semua orang masih bertahan di rumah. Apalagi sejak kasusnya meroket kembali, makin sulit untuk treatment di klinik kecantikan atau salon. Satu-satunya cara untuk menjaga kesehatan kulit wajah ya dengan rutin memakai skincare setiap hari.
5 Skincare Dasar yang Wajib Dipakai Meski di Rumah Aja (51930)
zoom-in-whitePerbesar
Tapi kenyataanya tak sama. Saya seringkali melewatkan pemakaian skincare, kadang hanya memakai sunscreen dan melewatkan step lainnya, seringnya polosan (please, jangan ditiru). Padahal meskipun di rumah, sinar UVA dan UVB tetap bisa menerobos lewat celah jendela. Belum lagi penggunaan Air Conditioner (AC) yang juga dapat membuat kondisi kulit wajah menjadi kering jika tidak memakai moisturizer cream.
5 Skincare Dasar yang Wajib Dipakai Meski di Rumah Aja (51931)
zoom-in-whitePerbesar
Selain itu, sejak pandemi saya juga lebih sering memasak di rumah. Ternyata asap dapur juga berdampak buruk untuk kulit dan menyebabkan wajah jadi kering karena terkikis kelembapan alaminya, serta menjadi kusam dan berminyak.
ADVERTISEMENT
Ya memang benar adanya. Alhasil kulit wajahku menjadi lebih kering, kusam, berminyak, muncul komedo dan bruntusan. Penyebabnya ya seperti yang saya jelaskan. Kebiasaan buruk tidak memakai skincare secara rutin. Ada yang mengalami hal serupa kah?
Kamu pasti tau dong, menghilangkan bruntusan itu tidak mudah. Belum lagi bekasnya. Duh, jangan sampai kamu menyesal seperti yang saya alami beberapa bulan yang lalu. Bahkan hingga saat ini, bruntusan di area pipi masih belum hilang sepenuhnya.
Untuk mengatasi semua keluhan diatas, saya harus memulainya lagi dari awal dan berkomitmen untuk tidak melewatkan setiap tahapan skincare yang dibutuhkan, yaitu:

1. Cleansing Step

Yes, meskipun di rumah aja dan tidak memakai makeup, cleansing step tetap wajib dilakukan minimal sekali sehari untuk mengangkat debu dan sel kulit mati yang berpotensi menyumbat pori-pori wajah.
ADVERTISEMENT
Mungkin kamu sudah sangat bosan membaca saran ini, termasuk saya! Tapi coba deh kamu biasakan dan lakukan setiap hari, kamu pasti akan terkejut dengan hasilnya. Meskipun komedo tetap muncul namun tidak separah saat malas membersihkan wajah.
Apalagi buat kamu yang tetap harus beraktivitas di luar rumah dan memakai masker dalam waktu yang lama. Meskipun tertutup dan terhindar dari polusi tapi kondisi kulit yang terlalu lembab bisa memicu munculnya jerawat terutama di area hidung dan mulut.
Plus, yang suka banget makeup-an setiap hari. Wajib banget double cleansing atau kalau perlu triple cleansing untuk membantu membersihkan kulit wajah.
Salah satu produk lokal dengan harga terjangkau tapi banyak direkomendasikan beauty enthusiast adalah Milky Way Soothing Cleanser Derma Express.
ADVERTISEMENT
Susu pembersih wajah yang satu ini memiliki tekstur yang creamy, ringan dan sangat lembut. Manfaatnya sudah pasti untuk membersihkan wajah dari makeup dan debu serta polusi yang menempel pada wajah. Milk cleanser ini membantu saya mengurangi munculnya komedo karena kotoran dibersihkan dengan rutin setiap hari.
5 Skincare Dasar yang Wajib Dipakai Meski di Rumah Aja (51932)
zoom-in-whitePerbesar

2. Mencuci Wajah

Setelah memakai milk cleanser, step berikutnya yaitu mencuci wajah menggunakan facial wash dengan seksama. Yang saya lakukan yaitu memijat lembut seluruh area wajah dan tidak membiarkan ada debu atau sisa makeup yang tersisa pada wajah.
Tapi, jangan digosok terlalu keras ya karena bisa membuat kulit wajah menjadi kering dan iritasi. Jika sudah dibersihkan, segera lap dengan handuk bersih dan halus. Jangan gunakan handuk yang biasa kamu pakai untuk mengeringkan badan. Sebaiknya gunakan handuk yang berbeda. Psst.. handuk kotor juga bisa memicu munculnya jerawat, ini sudah saya alami sendiri.
ADVERTISEMENT
Ada banyak sekali produk pencuci wajah. Mulai yang bertekstur foam, gel dan lainnya. Nah, buat kamu yang concern memperbaiki skin barrier yang rusak bisa pakai Facial Wash Skin Refine Facial Cleanser Derma Express. Dilengkapi dengan kandungan Tea Tree oil, Niacinamide dan Pathenol untuk mencerahkan dan menjaga kesehatan kulit wajah. Selain itu, produk ini juga tanpa kandungan SLS, so lebih aman dipakai ya.

3. Toner

Jujur, saya sering menyepelekan penggunaan toner. Padahal toner ini berperan penting untuk mengembalikan kelembapan wajah setelah dibersihkan. Setelah rutin memakai toner secara rutin, mulai terasa perbedaannya terutama di area hidung yang rawan komedoan. Jadi lebih halus dan rata saat disentuh, ngga gradakan lagi.
Toner juga beragam jenisnya ya, kamu bisa pilih sesuai jenis kulit. Dan, pastikan menggunakannya dengan benar, tidak digosok, cukup ditaptap dengan lembut di area wajah.
ADVERTISEMENT
Salah satu rangkaian skincare Derma Express yang bisa kamu coba yaitu, Solution Essence. Meskipun namanya essence namun fungsinya sama dengan toner yaitu untuk mengangkat sel kulit mati, melembutkan dan mengontrol produksi minyak berlebih serta menguatkan skin barrier dan mencerahkan wajah. Pastinya semua manfaat ini akan kita rasakan jika digunakan secara rutin dan teratur ya.

4. Moisturizer Cream

Fyi, kulit wajahku tuh oily. Ada yang bilang, kulit berminyak itu bagus karena bisa awet muda. Tapi jangan salah lho, kondisi kulit yang terlalu kering juga memicu produksi minyak berlebihan. Jadi kondisi kulitnya sih kering, tapi berminyak dan ini yang sedang saya alami. Sekilas tidak terlihat namun jika diperhatikan dan disentuh permukaan kulitnya akan terasa kering sekali.
ADVERTISEMENT
Seperti apapun kondisi kulit wajah, tetap harus memakai moisturizer cream yang sesuai dengan skin type agar kulit wajah tetap terawat dengan baik.
Jika kamu ragu, kamu bisa konsultasikan dengan dokter kulit baik di rumah sakit atau klinik kecantikan untuk mendapatkan produk yang tepat. Ngga asal coba, risikonya kulit wajah makin bermasalah.
Salah satu produk yang direkomendasikan yaitu Sunflower Emulsion Cream Derma Express. Produk ini mengandung Sunflower Seed Oil dan Ceramide serta non-comedogenic. Manfaatnya tentu saja untuk melembabkan tanpa menyumbat pori-pori serta membantu mengurangi iritasi.
Sederhananya, dengan memakai moisturizer cream, kulit wajah sudah dipersiapkan sebelum beraktivitas terkena debu, panas matahari, keringat dan polusi.
5 Skincare Dasar yang Wajib Dipakai Meski di Rumah Aja (51933)
zoom-in-whitePerbesar

5. Sunscreen

Step Skincare dasar terakhir yang wajib banget dipakai yaitu Sunscreen. Bahkan untuk saya yang work from home dan berhijab tetap harus memakai Sunscreen supaya wajah ngga belang. Biasanya saya gunakan Sunscreen setelah mandi pagi. Lalu re-apply setiap 3-4 jam sekali atau sesuai dengan kandungan SPF-nya.
ADVERTISEMENT
Buat kamu yang masih harus beraktivitas di luar, jangan lupa pakai Sunscreen minimal 15-30 menit sebelum keluar rumah ya.
Satu lagi nih, produk skincare Derma Express yang bisa kamu pilih yaitu Sun Protection Cream. Kandungan Niacinamide dan SPF 30 mampu melembabkan wajah, merangsang produksi kolagen serta melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB.

Kesimpulan

Yuk, mulai sekarang biasakan untuk memakai skincare setiap hari agar kulit wajah lebih sehat. Ketika kita berhenti ditengah jalan, artinya kita akan mulai lagi dari awal. Karena biasanya keluhannya sudah muncul seperti yang saya jelaskan diatas.
Hati-hati dalam memilih produk skincare. Pastikan kandungannya aman dan telah terdaftar BPOM. Jangan tergiur dengan hasil yang instan sebab sesuai namanya, skincare atau perawatan kulit ya harus dilakukan bertahap dan berkelanjutan. Tidak bisa hanya dilakukan sekali lalu langsung terlihat hasilnya.
ADVERTISEMENT
Saat ini ada banyak sekali produk skincare lokal dengan kualitas bagus dan harga ekonomis. Salah satunya yaitu rangkaian skincare Derma Express bahkan harganya mulai dari Rp 50ribuan aja.
Product skincare Derma Express harganya sangat terjangkau dan aman, berstandard international, sudah terdaftar BPOM, 100% fragrance free, bebas merkuri, bebas streoid, bebas hydroquinone, dan sudah diformulasikan oleh dokter spesialis , jadi sudah pasti aman untuk semua jenis kulit termasuk kulit sensitif.
Informasi lengkap, langsung cek disini ya www.derma-express.com