Tentang KamiPedoman Media SiberKetentuan & Kebijakan PrivasiPanduan KomunitasPeringkat PenulisCara Menulis di kumparanInformasi Kerja SamaBantuanIklanKarir
2025 © PT Dynamo Media Network
Version 1.96.0
Konten dari Pengguna
Menumbuhkan Semangat Belajar: Bagaimana Media Pembelajaran Memotivasi Siswa
14 Juli 2024 15:56 WIB
·
waktu baca 4 menitTulisan dari Cinta Pradana Putri tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Pembelajaran adalah proses yang kompleks dan dinamis, dan menciptakan lingkungan belajar yang efektif memerlukan penggabungan berbagai elemen. Salah satu unsur kunci dalam mencapai tujuan tersebut adalah penggunaan media pembelajaran yang tepat. Media pembelajaran yang dirancang dengan baik tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa tetapi juga memotivasi siswa untuk lebih aktif dan terlibat dalam pembelajaran. Pada artikel ini akan menjelaskan bagaimana media pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan semangat belajar siswa dengan beberapa referensi yang terkait.
ADVERTISEMENT
Pentingnya Media Pembelajaran yang Tepat
Media pembelajaran merupakan alat atau sarana penyampaian informasi kepada siswa dalam proses pembelajaran. Media tersebut dapat dalam format visual, auditori, atau audiovisual dan dimaksudkan untuk membantu siswa lebih memahami materi pelajaran. Mengapa media pembelajaran yang tepat sangat penting?
ADVERTISEMENT
Jenis Media Pembelajaran yang Efektif
ADVERTISEMENT
Maka dari dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran yang tepat merupakan kunci untuk meningkatkan semangat belajar siswa. Media yang menarik, interaktif, dan sesuai dengan gaya belajar siswa dapat meningkatkan pemahaman, minat, dan motivasi belajar siswa. Guru dan pendidik hendaknya terus menggali dan memanfaatkan berbagai media pembelajaran yang tersedia untuk menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan efektif. Dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat, guru dapat membantu siswa mencapai potensi maksimalnya dan menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan memotivasi.
Referensi:
Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning (2nd ed.). Cambridge University Press.
Dichev, C., & Dicheva, D. (2017). Gamifying education: what is known, what is believed and what remains uncertain: a critical review. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 14(1), 9.
ADVERTISEMENT
Makransky, G., Terkildsen, T. S., & Mayer, R. E. (2019). Adding immersive virtual reality to a science lab simulation causes more presence but less learning. Learning and Instruction, 60, 225-236.
Melalui penggunaan media pembelajaran yang tepat dapat memberikan pengalaman belajar yang kaya, menarik, dan memotivasi siswa serta memungkinkan mereka mencapai potensi pendidikan mereka sepenuhnya.