kumparan
7 Jul 2019 12:27 WIB

5 Jajanan Khas Cirebon yang Bikin Kamu Bernostalgia

Mitang atau mimi kentang di Jl. Ampera, Kota Cirebon. Foto: Cirebon Foodiary
Kalau ngomongin soal masa kecil, pasti kita punya banyak sekali kenangan pada masa itu, termasuk juga dengan jajanannya. Jajanan zaman dulu memang kadang membuat kita rindu, seperti misalnya saja es gabus, lidi-lidian, rambut nenek, permen gulali, coklat ayam, yang memang cukup terkenal pada masanya.
ADVERTISEMENT
Nah, kali ini, kita bakalan ngebahas tentang jajanan zaman dulu yang berasal dari Kota Cirebon nih, food lovers. Kira-kira apa saja, ya? Berikut 5 jajanan di Cirebon yang bikin kamu teringat masa lalu.
  1. Bubur Ayam dan Bubur Ijo M. Toha (Jl. Moh Toha, Kota Cirebon)
Bubur ayam dan bubur kacang ijo M. Toha, kota Cirebon. Foto : Cirebon Foodiary
Tempat bubur yang satu ini selalu ramai pengunjung lho, apalagi kalau sedang turun hujan, pasti kita harus menunggu giliran duduk untuk menikmati semangkuk bubur hangat. Bubur M. Toha ini memang sudah terkenal dari zaman dulu, rasa bubur ayam dan bubur ijo yang lezat, membuat masyakarat Cirebon selalu datang lagi ke tempat ini, bahkan ada beberapa juga yang dari luar Cirebon.
Satu porsi bubur ayam M. Toha, Kota Cirebon. Foto: Cirebon Foodiary
Untuk menikmati satu porsi bubur ayam, kalian hanya cukup merogoh kocek Rp 7.000 saja, gimana? Harganya sangat terjangkau kan? Bubur ayam dan bubur kacang ijo M. Toha ini berlokasi di Jalan Moh Toha, tepatnya berada di seberang Amaris Hotel Cirebon, dan buka 24 jam loh, food lovers.
ADVERTISEMENT
  1. Tahu Gejrot Mang Wardi (Area Pasar Kanoman, Kota Cirebon)
Tahu gejrot Mang Wardi di area Pasar Kanoman, Kota Cirebon . Foto : Cirebon Foodiary
Makanan khas Cirebon yang satu ini biasanya menjadi incaran pengunjung dari luar Cirebon maupun dari dalam kota. Selain harganya yang terjangkau, rasa yang unik dari tahu gejrot inilah yang membuat kita ketagihan saat memakannya.
Tahu gejrot ini memiliki cita rasa manis dan gurih dari kuahnya, untuk yang suka pedas bisa ditambahkan rawit di dalam ulekan kuahnya. Salah satu tahu gejrot yang selalu ramai dikunjungi adalah Tahu Gejrot Pak Wardi, yang sudah ada sejak tahun 1972 di Jatiaseng, dan kini pindah ke area Pasar Kanoman sekitar belasan tahun lalu.
Satu porsi tahu gejrot Mang Wardi di area Pasar Kanoman, Kota Cirebon. Foto: Cirebon Foodiary
Untuk yang penasaran mau datang, kalian bisa langsung aja ke tempatnya, di area Pasar Kanoman, tepatnya di seberang Toko Manisan Shinta. Untuk satu porsi tahu gejrot yang nikmat ini, kalian hanya perlu membayar Rp 10.000 saja dan untuk jam bukanya, sekitar dari pukul 10:00 WIB, hingga menjelang sore hari.
ADVERTISEMENT
  1. Mitang Kentang Goreng (Jl. Ampera, kota Cirebon)
Warung Mitang di Jl. Ampera, kota Cirebon . Foto : Cirebon Foodiary
Jajanan yang satu ini nih yang paling bikin kangen masa-masa sekolah dulu. Selain harganya yang murah, rasanya juga gurih. Mitang ini ternyata merupakan singkatan lh0, yang artinya Mimi Kentang. Nama Mimi adalah nama sang pemiliknya sebelumnya. Kini Warung Mitang dikelola oleh anak dari Ibu Mimi, yaitu Ibu Yani.
Isian mitang, dengan isian otak-otak, kentang biasa dan kentang kering. Foto: Cirebon Foodiary
Di dalam satu bungkus mitang ini, ada berbagai macam isian yakni, kentang goreng biasa, kentang goreng krispi, dan otak-otak. Isian ini dicampur dengan berbagai macam bumbu, seperti bumbu barbeque, balado, keju, dan bumbu pedas.
Untuk satu porsi mitang, kalian bisa beli dengan harga Rp 10.000 saja, porsinya juga cukup banyak lho. Warung Mitang berada di Jl. Ampera, patokannya di belakang bengkel las mobil Ampera. Warung Mitang ini buka dari mulai pukul 09:00 WIB sampai pukul 18:00 WIB.
ADVERTISEMENT
  1. Otak-otak Smanda Mimi Rumsih (Jl. Cipto Manggunkusumo, Kota Cirebon)
Otak-otak Smanda Mimi Rumsih di Jl. Cipto Manggungkusumo, Kota Cirebon. Foto : Cirebon Foodiary
Konsep jajanan yang satu ini hampir sama dengan mitang, tetapi isian di dalamnya lebih variatif lagi, seperti kentang goreng, otak-otak, nugget, bakwan, dan sosis. Dulunya otak-otak Smanda ini berawal dari gerobak yang diam di trotoar dengan SMAN 2 Cirebon, maka dari itu disebutlah dengan sebutan otak-otak Smanda.
Sekarang jajanan yang satu ini sudah memiliki beberapa cabang di Cirebon, salah satunya di Ruko Jl. Cipto ini. Bahkan kita harus rela mengantre dengan nomor antrean saat memesan otak-otak Smanda ini.
Gerobak otak otak smanda . Foto: Cirebon Foodiary
Selain otak-otaknya, ada juga minuman Pop Cce keju yang ditawarkan di sini. Untuk harga seporsinya, kalian hanya perlu menyiapkan Rp 10.000 dan Rp 7.000 untuk ½ porsi. Tempatnya juga cukup strategis, karena berada di tengah Kota Cirebon, tepatnya di Jl. Cipto Manggunkusumo, di seberang LBC. Otak-otak Smanda ini buka pada pukul 11:00 WIB sampai 21:00 WIB.
ADVERTISEMENT
  1. Ruby (Jl. Tentara Pelajar, Kota Cirebon)
Toko Roti Ruby di Jl. Tentara Pelajar, Kota Cirebon. Foto : Cirebon Foodiary
Yang terakhir ini juga enggak kalah legendaris lho, dari jajanan yang sebelumnya, namanya Toko Ruby. Kalau kalian sedang berada di Cirebon, Toko Ruby ini adalah tempat jajanan wajib yang kalian harus coba, selain pilihan kuenya beragam, menu rotinya juga enak-enak, isian topping-nya melimpah, serta tekstur rotinya yang sangat lembut.
Toko Ruby ini sudah ada sejak jaman dulu dan masih laris manis sampai sekarang. Di toko ini, rotinya ini memiliki banyak varian isian, seperti keju, ayam, pisang, dan lain lain.
Menu pisang bolen, pie keju dan pisang bolen keju. Foto: Cirebon Foodiary
Aneka kue lainnya yang ada di Roti Ruby. Foto: Cirebon Foodiary
Selain roti, di tempat ini juga menawarkan banyak jenis kue-kue enak lainnya, seperti pisang bolen, pie, cheese stick, jajanan tradisional, dan masih banyak lagi jenis kue lainnya.
ADVERTISEMENT
Harga dari Toko Ruby ini juga sangat terjangkau, mulai dari Rp 3.500 saja kalian sudah bisa mencicipi cita rasa kue di Toko Ruby. Buat yang mau datang ke tempatnya, kalian bisa datang ke Jl. Tentara Pelajar No. 63, Kota Cirebon. Toko Ruby ini buka mulai pukul 07:00 WIB sampai pukul 19:00 WIB.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·