kumparan
9 Juni 2019 12:17

8 Oleh-oleh Khas Cirebon yang Wajib Kamu Beli saat Mudik Lebaran

20190603_165456.jpg
Sirup Tjampolay yang menjadi salah satu oleh-oleh legendaris di Kota Cirebon . Foto : Cirebon Foodiary
Kalau mudik ke kampung halaman, membawa pulang buah tangan atau oleh-oleh memang tidak boleh terlewatkan. Oleh-oleh ini pastinya harus khas dari daerah masing-masing.
ADVERTISEMENT
Pada saat pulang kampung, biasanya menjadi hal yang lumrah saat seseorang membawa banyak oleh-oleh khas kota yang didatangi, karena biasanya pulang ke kampung halaman hanya pada saat saat tertentu saja. Seperti saat Lebaran, yang selalu dijadikan momen untuk bertemu keluarga besar ataupun orang tua.
Jika kampung halamanmu di Kota Cirebon, maka simak delapan oleh-oleh khas Cirebon yang wajib kamu bawa saat kembali dari mudik.
  1. Rengginang (Pasar Pagi, Cirebon)
PhotoEditor_20190603_164429280.jpg
Rengginang Terasi di salah satu lapak di Pasar Pagi, Cirebon . Foto : Cirebon Foodiary
Ini adalah salah satu camilan yang biasanya kalian temui pada saat bertamu. Ya, namanya rengginang. Oleh-oleh ini adalah camilan yang wajib kalian bawa, karena rengginang yang berasal dari kota Cirebon ini berbeda dengan rengginang yang dijual di kota-kota lain.
Kalau biasanya rengginang hanya dibuat dari beras ketan, di kota ini rengginang terbuat dari campuran terasi udang khas Cirebon yang membuat rasanya semakin gurih. Selain itu, ada banyak varian rasa yang bisa dijadikan pilihan, seperti rasa udang, cumi, pedas, keju, dan varian rasa lainnya.
ADVERTISEMENT
  1. Kerupuk 'Mares' Melarat (Pasar Pagi, Cirebon)
PhotoEditor_20190604_104730822.jpg
Kerupuk Mares yang di jual di salah satu lapak di Pasar Pagi, Cirebon . Foto : Cirebon Foodiary
PhotoEditor_20190603_205327405.jpg
Kerupuk Mares dengan rasa yang gurih dan manis . Foto : Cirebon Foodiary
Kerupuk yang satu ini juga menjadi salah satu andalan para pencari oleh-oleh di Kota Cirebon, lho! Bagaimana tidak, cara pengolahannya yang unik dan harganya yang murah menjadi sorotan utamanya.
Berbeda dengan kerupuk lain yang menggunakan minyak saat digoreng, kerupuk mares, atau yang biasa disebut kerupuk melarat ini, digoreng dengan pasir. Walaupun digoreng dengan pasir, cita rasa kerupuk ini sangat gurih dan manis, apalagi ketika dicocol bersama sambal asam khas Cirebon, rasanya bikin ketagihan.
  1. Kue Gapit (Pasar Kanoman, Cirebon)
PhotoEditor_20190603_164651214.jpg
Kue Gapit di salah satu lapak di Pasar Kanoman, Cirebon . Foto : Cirebon Foodiary
Kalau biasanya kita makan kue dengan rasa yang manis, beda halnya dengan kue yang satu ini. Kue gapit cenderung memiliki rasa yang gurih dan cocok jika dimakan untuk camilan sambil nonton tv ataupun dihidangkan untuk tamu.
ADVERTISEMENT
Camilan ini memiliki bentuk seperti cone es krim, akan tetapi memiliki bentuk yang pipih. Nama gapit sendiri diambil dari kata "Apit" dikarenakan proses pembuatannya yang mengapit adonan di antara dua buah besi bercorak seperti cone es krim. Rasa yang dijual juga cukup variatif, mulai dari rasa original, keju, hingga rasa kacang.
  1. Emping Manis (Pasar Kanoman, Cirebon)
PhotoEditor_20190603_164953993.jpg
Emping Manis di salah satu lapak oleh-oleh di Pasar Kanoman, Cirebon . Foto : Cirebon Foodiary
Emping adalah salah satu kerupuk yang banyak disukai, selain rasanya yang khas biji melinjo, makanan yang dimakan dengan emping juga akan menjadi lebih nikmat. Kalau di Cirebon ada emping yang disajikan dengan rasa manis dan pedas, mengingat kalau biasanya kita hanya makan emping dengan rasa gurih saja.
Rasa emping yang manis ini didapat dari campuran gula merah tapi untuk emping manis pedas biasanya dicampurkan sedikit cabai. Emping pedas manis juga bisa dibeli dalam keadaan mentah alias belum digoreng, lho. Jajanan ini cocok buat kalian yang ingin membelikan oleh-oleh yang awet tanpa cepat basi.
ADVERTISEMENT
  1. Tape Ketan (Pasar Pagi, Cirebon)
PhotoEditor_20190603_165122139.jpg
Tape Ketan Ibu Nina yang dijual di salah satu lapak di Pasar Pagi, Cirebon . Foto : Cirebon Foodiary
Siapa sih yang enggak kenal sama makanan manis yang satu ini, selain manis rasanya juga unik. Tapi, tetap saja jangan terlalu banyak makanan ini, ya, karena bisa mabok tape ketan, hehehe.
Tape ketan ini difermentasi dalam waktu yang cukup lama, biasanya 10 hari masa fermentasi. Sejatinya, tape ketan merupakan oleh-oleh khas Kuningan, tapi banyak diminati oleh para pendatang yang berkunjung ke Kota Cirebon.
Tak pelak, banyak juga penjual yang menyediakan tape ketan di Kota Cirebon, mengingat jarak antara Kuningan dan Cirebon tidaklah jauh.
Kalau berencana beli tape ketan, ada baiknya kita menanyakan kapan waktu matang tape ketan tersebut, agar dapat disantap saat waktu yang tepat. Jika sudah dalam keadaan matang, tape ketan disarankan dimasukkan ke dalam kulkas, agar tidak basi.
ADVERTISEMENT
  1. Terasi Udang (Pasar Kramat, Cirebon)
PhotoEditor_20190603_164755975.jpg
Macam-macam pilihan terasi di salah satu lapak di Pasar Kramat, Cirebon . Foto : Cirebon Foodiary
PhotoEditor_20190603_164845438.jpg
Salah satu jenis terasi khas Cirebon di Pasar Kramat, Cirebon . Foto :Cirebon Foodiary
Oleh-oleh yang satu ini juga enggak boleh kamu lewatkan nih. Bagaimana tidak, terasi merupakan salah satu bahan makanan terbaik yang dihasilkan di Kota Cirebon.
Sesuai dengan julukannya sebagai kota udang, Kota Cirebon memiliki penghasilan udang yang melimpah, sehingga terasi yang dihasilkan juga tidak perlu diragukan lagi.
Terasi di Cirebon bisa dibilang jadi salah satu terasi terbaik dengan rasa yang enak. Untuk yang hobi masak, kalian wajib banget bawa bahan makanan yang satu ini. Agar tidak bau selama di perjalanan, kalian bisa membungkusnya dengan plastik rapat-rapat atau di masukkan ke dalam kotak.
  1. Sirup Tjampolay (Pasar Pagi, Cirebon)
PhotoEditor_20190603_165227665.jpg
Varian pisang susu yang menjadi best seller sirup tjampolay . Foto : Cirebon Foodiary
Sirup ini jadi yang paling tersohor di Kota Cirebon. Yang menarik, sirup ini juga sudah diproduksi sejak tahun 1936, loh! Wow, sudah ada sebelum Indonesia merdeka.
ADVERTISEMENT
Bagi orang Cirebon, rasanya belum afdal kalau belum bawa oleh-oleh sirup Tjampolay ini. Rasa yang ditawarkan juga sangat beragam, ada 15 varian rasa, yaitu rasa pisang susu, jeruk nipis, kopi moka, asam jeruk, nanas, leci, melon, cocopandan, kopyor, durian, melon, strawberry, rozen rose, peach, dan mangga gedong. Untuk rasa yang best seller dari sirup tjampolay ini adalah rasa pisang susu.
  1. Atom Kocir Bakpia'e Wong Cirebon (Cirebon Super Block Mall)
PhotoEditor_20190604_141334977.jpg
Stand Atom Kocir di Cirebon Super Block Mall, Cirebon . Foto : Cirebon Foodiary
PhotoEditor_20190604_145413326.jpg
Packaging Atom Kocir untuk oleh-oleh . Foto : Cirebon Foodiary
Yang terakhir ini enggak kalah unik sama oleh-oleh yang lainnya, lho. Bakpia khas Cirebon ini memiliki isian yang penuh dan juga lumer pada saat dimakan.
Di sini ada dua macam rasa, yaitu asin dan manis, kalau biasanya kita makan bakpia dengan rasa yang manis saja, beda halnya dengan Atom Kocir yang memiliki varian rasa asin.
ADVERTISEMENT
Untuk rasa manis, ada rasa cokelat, keju, vanilla, durian, dan rasa yang lain. Kalau varian asin, ada rasa udang, tuna, ayam, dan sosis. Oleh-oleh ini cocok banget untuk kalian yang ingin cobain bakpia dengan rasa-rasa yang unik.
--------
Itulah beberapa oleh-oleh khas Cirebon yang wajib kalian beli saat mudik Lebaran. Nah, jadi apa aja nih kira-kira yang mau kalian beli buat oleh-oleh nanti nih, food lovers?
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan