kumparan
14 Jul 2019 13:47 WIB

Mencicipi Mi Colot yang Legendaris di Kota Cirebon

Menu yamin manis mi colot, Jl. Pekalangan No. 15, Cirebon . Foto: Cirebon Foodiary
Kali ini kita mau ngebahas tentang tempat makan mi yang enak nih di Kota Cirebon. Ya, namanya Mie Colot. Mi ini memang sudah terkenal sampai ke kota-kota lain, maka dari itu tidak heran kalau banyak orang dari luar kota yang makan di tempat mi yang satu ini.
ADVERTISEMENT
Mie Colot ini memiliki rasa unik dan lezat. Banyak orang yang penasaran dengan cita rasa yang dimiliki oleh Mie Colot ini. Selain dari segi rasa, Mie Colot juga termasuk tempat mi yang cukup legendaris di Cirebon. Dikarenakan sudah bertahan sejak dari lama, yuk kita cari tahu lebih tentang makanan legendaris yang satu ini.
Penampakan dari tempat Mie Colot, Jl. Pekalangan No. 15, Cirebon . Foto : Cirebon Foodiary
Bagaimana sih awal mulanya berdiri warung Mie Colot? Warung ini berdiri pada tahun 1983 di Kota Cirebon, yang masih bertahan sampai saat ini. Mie Colot ini berada di jalan trotoar dengan sebuah tenda berwarna kuning.
Memang mi yang satu ini termasuk jajanan kaki lima tapi jangan salah ya, food lovers, mi ini memiliki banyak penggemar dari berbagai macam kalangan. Bahkan saat kalian datang ke warung ini, tempatnya selalu dalam keadaan ramai pengunjung.
ADVERTISEMENT
Dari pertama kalian datang ke tempat ini, pasti yang pertama kali tercium adalah aroma mi yamin dan kuah bakso yang cukup kuat, aroma tersebutlah yang akan membuat kalian semakin terasa lapar.
Untuk rasa kalian tidak perlu khawatir, karena mi colot ini sudah cukup banyak direkomendasikan oleh para food blogger dan juga sudah terbukti oleh banyaknya pelanggan dari luar kota yang mengakui dari rasa mi legendaris yang satu ini.
Mie yamin saat diangkat dari air rebusan, mie colot, Jl. Pekalangan No. 15, Cirebon . Foto : Cirebon Foodiary
Mie colot ini memiliki tekstur mi yang cukup kenyal dan tidak rapuh, akan tetapi tidak keras saat dimakan. Mungkin kalau kalian coba lihat sekilas, mi ini tidak jauh beda dengan yang lainnya, akan tetapi jika kalian coba langsung, akan terasa tekstur yang sangat nikmat saat dimakan. Mi dalam mi colot ini juga ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan ukurannya mi pada umumnya.
Topping untuk isian kuah di mie colot, Jl. Pekalangan No. 15, Cirebon . Foto : Cirebon Foodiary
Untuk isian topping di kuahnya, ada berbagai macam topping yang bisa kita pilih, seperti isian siomay, baso tahu, pangsit, otak-otak, dan bakso. Biasanya yang cukup diminati oleh pengunjung adalah menu yamin manis spesial komplit, selain yang memiliki isian yang cukup komplit, menu ini juga cukup mengenyangkan.
ADVERTISEMENT
Tapi sebelum kalian memesan menu yang satu ini, kalian harus tahu dulu nih, kalau menu yamin ini memiliki 3 varian rasa, yaitu yamin manis, yamin asin, dan yamin manis asin. Jadi kalian bisa memilih sendiri untuk rasa yang ditawarkan. Untuk menu yang cukup banyak dibeli, yaitu menu yamin manis, selain rasa manis, akan tetapi masih ada rasa gurih di dalamnya, jadi akan tetap cocok saat disantap.
Mi yamin juga disajikan dengan kuah bakso yang terpisah, biasanya kalian memakan menu ini secara berdampingan, bukan dengan cara mencampurkan antara kuah dan mi yaminnya.
Macam-macam varian menu mi colot, Jl. Pekalangan No. 15, Cirebon . Foto: Cirebon Foodiary
Walaupun yamin manis yang banyak dibeli, untuk kalian yang tidak teralu suka cita rasa manis, kalian juga bisa mencoba menu yamin asin nih, food lovers. Selain lebih cenderung terasa asin dan gurih, menu yamin asin ini juga cukup banyak peminatnya, terutama bagi pembeli yang tidak menyukai rasa manis.
ADVERTISEMENT
Antara menu yamin manis dan yamin asin, keduanya memiliki pelanggan setia tersendiri, bahkan tidak jarang pula, ada pelanggan yang awal mulanya penggemar yamin asin beralih ke yamin manis, begitupun sebaliknya.
Kuliner yang satu ini memang sangat pas disantap untuk mengisi perut yang lapar, apalagi disantap saat siang hari pada saat waktu jam makan siang. Untuk saat ini, memang banyak sekali yang menjual yamin bakso di Kota Cirebon, akan tetapi banyak yang mengakui cita rasa yang ditawarkan oleh mi colot ini cukup berbeda dengan lainnya.
Dari segi tekstur mi, rasa mie yaminnya, sampai dengan kuah baksonya, yang diracik menggunakan kaldu ayam yang gurih.
Menu yamin manis mie colot dengan kuah bakso, Jl. Pekalangan No. 15, Cirebon . Foto : Cirebon Foodiary
Untuk satu porsi yamin dari mi colot ini, kalian sudah mendapatkan semangkuk mi hangat beserta taburan ayam dan juga potongan sayur hijau di atasnya. Ayam yang ditabur di atas yamin ini memiliki rasa yang gurih, yang pastinya sangat cocok dicampurkan dengan mie yaminnya.
ADVERTISEMENT
Nah, bagi kalian yang penasaran dengan mi legendaris yang satu ini, kalian bisa langsung aja datang ke tempatnya, tepatnya berada di Jalan Pekalangan No.15, Pekalangan, Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon, Jawa Barat. Patokan tempatnya berada di sebelah kanan jalan.
Untuk harga, kalian enggak perlu khawatir nih kalau soal harga. Kalian hanya perlu merogoh kocek mulai dari Rp 18.000 per porsinya. Harga yang ditawarkan cukup sesuai dengan 1 porsi mi yamin yang bisa menggoyang lidah kalian.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·