kumparan
21 Jul 2019 11:06 WIB

'Mie Get', Jajanan Legendaris di Cirebon

Dua mangkuk mie get kuah dan goreng hangat . Foto: Cirebon Foodiary
Kalau ngebahas soal zaman sekolah, pasti banyak banget masa-masa indah pada zaman itu ya, food lovers. Apalagi kalau ngomongin soal jajanannya, pasti masing-masing di antara kalian punya jajanan andalan yang selalu kalian kangenin sewaktu sekolah dulu.
ADVERTISEMENT
Kalau di Cirebon, pasti hampir semua masyarakatnya tahu jajanan yang satu ini, namanya Mie Get. Jajanan ini memang identik dengan jajanan zaman sekolah, dikarenakan tempatnya dulu berada di dekat sekolah-sekolah yang ada di kota Cirebon. Maka dari itu banyak pelajar SMA dan SMP yang makan di kedai Mie Get ini.
Mie Get cabang Jl. Terusan Cipto, Kota Cirebon. Foto: Cirebon Foodiary
Mie Get sudah buka sejak tahun 1995 silam, akan tetapi sebutan kata Mie Get mulai dikenal pada 2000. Kata "Mie Get" sendiri bukanlah nama yang sengaja dibuat oleh sang pemilik untuk kedainya loh, akan tetapi diberi nama oleh para pelajar di Kota Cirebon.
Kata “Get" itu memiliki arti gerbang, atau yang biasa kita tahu dengan tulisan “gate" akan tetapi ditulis dengan cara pelafalannya. Kenapa disebut “Get"? Karena dulunya tempat Mie Get sering digunakan oleh para remaja di Cirebon, untuk janjian dengan pacar dan juga temannya.
ADVERTISEMENT
Dulu tempat Mie Get ini berada di trotoar SMP 5 Cirebon, akan tetapi karena sekarang tidak boleh lagi ada yang berjualan di sekitar trotoar, maka dari itu Mie Get berpindah lokasi di 2 tempat, yaitu cabang stasiun kereta api dan cabang cipto. Dari kedua cabang tersebut, tempat makan mi ini tidak pernah sepi penggunjung, bahkan ada yang rela mengantre untuk menunggu giliran duduk.
Suasana warung Mie Get yang dipenuhi dengan pengunjung. Foto: Cirebon Foodiary
Walaupun sekilas jajanan ini terlihat seperti mi pada warung kopi biasa, akan tetapi mi ini memiliki cita rasa yang lebih kaya dibandingkan mi biasa pada umumnya. Mie Get ini adalah mi instan yang dimasak kembali di dalam kuali, dicampurkan dengan telur, saus sambal, sayuran hijau, dan juga bumbu-bumbu lainnya.
Cara pengolahan Mie Get dengan tambahan telur, saus sambal, sayur, dan bumbu-bumbu. Foto: Cirebon Foodiary
Dalam sehari, rata-rata Mie Get ini bisa ludes terjual lebih dari 400 porsi atau setara 12 kardus mi instan per harinya, tutur sang pemilik. Bahkan saat weekend, Mie Get ini bisa terjual 17 kardus mi instan per harinya, wow! Banyak banget ya, food lovers.
ADVERTISEMENT
Maka dari itu, tidak heran jika ke tempat mi yang satu ini kalian akan disuguhi dengan pemandangan pengunjung yang memenuhi segala sudut warung. Apalagi jika kalian datang di hari libur atau ketika cuaca sedang terasa dingin di Cirebon.
Mie Get memiliki dua jenis varian, yaitu varian goreng/sedikit nyemek dan varian kuah. Keduanya sama-sama dibuat dari bahan dasar mi instan, maka dari itu kalian akan merasakan rasa yang cukup familiar di lidah kalian.
Untuk kalian yang suka dengan rasa yang pedas, kalian bisa memesan Mie Get ini dengan campuran cabai rawit. Tingkatan pedasnya bisa kalian sesuaikan dengan jumlah cabai yang kalian inginkan. Nah, kalau kalian yang enggak suka pedas sama sekali, kalian bisa minta untuk tidak memakai saus sambal ya, karena rasa Mie Get sudah sedikit pedas karena saus sambalnya, walaupun tidak memakai cabai rawit.
Semangkuk Mie Get kuah yang menggoda. Foto: Cirebon Foodiary
Walaupun tempat Mie Get ini cukup sederhana, akan tetapi sampai sekarang Mie Get ini masih menjadi idola untuk sebagian besar masyarakat di Cirebon, dari mulai pegawai kantoran, pelajar, keluarga, hingga banyak juga pengunjung yang berasal dari luar kota Cirebon.
ADVERTISEMENT
Rasa Mie Get yang nikmat ini cukup membuat ketagihan para pengunjung yang datang, bahkan tidak jarang ada beberapa pengunjung yang sudah menjadi pelanggan setia dari semenjak dia sekolah dulu. Bahkan ada pula yang menjadikan tempat Mie Get ini sebagai tempat untuk reuni, untuk mengenang masa-masa sekolah dulu.
Semangkuk Mie Get goreng yang nikmat. Foto: Cirebon Foodiary
Nah, jadi untuk kalian yang penasaran akan Mie Get di kota Cirebon ini, kalian bisa langsung aja datang ke tempatnya. Tempatnya berlokasi di dua cabang. Untuk cabang pertama berada di Jl. Terusan Cipto Mangunkusumo, kota Cirebon, tepatnya berada satu tempat dengan Nasi Jamblang Ibad Otoy. Sedangkan, cabang yang kedua berada di Jl. Stasiun Kereta Api No. 08, kota Cirebon, tepatnya berlokasi di dekat Stasiun Kejaksaan Cirebon.
ADVERTISEMENT
Kedua tempat ini mulai buka pukul 14.00 WIB hingga 23.00 WIB, dari Senin sampai Sabtu. Minggu libur ya, food lovers. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau dan tidak menguras kantong loh, hanya dengan Rp 14.000 saja, kita sudah bisa menikmati satu porsi Mie Get hangat yang menggoyang lidah.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·