kumparan
4 Agu 2019 11:25 WIB

Nikmatnya 'Pedesan Entog Mas Nana', Kuliner Khas Kabupaten Cirebon

Pedesan Entog mas Nana, di Jl. Fatahillah, kabupaten Cirebon . Foto : @ourfoodiaries
Pecinta kuliner Nusantara mana nih suaranya? Kali ini, kami akan ngebahas soal kuliner yang ada di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, nih. Selain Kota Cirebon, ternyata banyak makanan legendaris yang ada di daerah Kabupaten Cirebon loh food lovers.
ADVERTISEMENT
Salah satunya ialah Pedesan Entog Mas Nana cukup terkenal di Cirebon. Sebelum kita terlalu jauh bahas soal pedesan entok, pasti di antara kalian ada yang enggak familiar kan dengan kata 'entog' atau 'entok'? Nah, entok merupakan hewan sejenis unggas mirip itik yang memiliki kesamaan dengan bebek. Namun, entok berbulu putih, dan rasa dagingnya juga mirip dengan daging bebek.
Rumah makan pedesan entog mas Nana, di Jl. Fatahillah, kabupaten Cirebon . Foto : @ourfoodiaries
Pedesan Entog Mas Nana terletak di kawasan Megu, Kabupaten Cirebon, rumah makan ini dibuka sejak tahun 2007 dan dikelola sendiri oleh mas Nana, sang pemilik. Dulu, untuk membuka rumah makan pedesan entok ini, sang pemilik hanya bermodalkan Rp 60 ribu, namun karena kerja keras dan kesabarannya, beliau mampu mengembangkan usaha rumah makan miliknya hingga saat ini.
ADVERTISEMENT
Rumah makan Pedesan Entog Mas Nana ini bukan hanya terkenal karena kelezatan rasanya, namun juga daging olahan entok yang empuk saat dimakan, terlebih daging entok ini memiliki banyak serat dan akan menjadi keras apabila tidak dimasak dengan baik.
Mas Nana memiliki teknik khusus dalam pengolahan daging entoknya, sehingga empuk dan nikmat saat disantap. Untuk bumbu yang digunakan, Pedesan Entog Mas Nana ini berbeda dengan pedesan entok lainnya, rasanya lebih gurih dan berempah.
Pedesan entog mas Nana di kuali, di Jl. Fatahillah, kabupaten Cirebon . Foto : @ourfoodiaries
Pedesan entog mas Nana di kuali (2) di Jl. Fatahillah, kabupaten Cirebon . Foto : @ourfoodiaries
Pedesan entok adalah salah satu kuliner khas Cirebon yang biasanya di makan bersama nasi hangat. Populasi entok sangat banyak di Cirebon, dan dulunya entok adalah daging yang biasa dimakan oleh para petani pada saat makan siang.
ADVERTISEMENT
Walaupun banyak rumah makan sejenis, rumah makan Pedesan Entog Mas Nana ini sudah memiliki pelanggan tetap sejak tahun 2007, bahkan ada yang jauh jauh datang dari luar kota hanya untuk menyantap pedesan entok buatan mas Nana.
Di rumah makan mas Nana ini menyediakan menu lain bagi anda yang tak menyukai masakan pedas atau entok, antara lain seperti bebek penyet dan bebek cobek, bahkan ada menu ayam dan lele juga.
Macam macam olahan entog, di RM pedesan entog mas Nana di Jl. Fatahillah, kabupaten Cirebon . Foto : @ourfoodiaries
Mas Nana bercerita, ada beberapa konsumen yang mulanya tidak tertarik dengan sajian olahan daging entok buatannya. Akan tetapi karena penasaran ingin mencoba, pelanggan yang mulanya tidak tertarik malah ketagihan.
Es degan tjampolay, di RM pedesan entog mas Nana di Jl. Fatahillah, kabupaten Cirebon . Foto : @ourfoodiaries
Untuk menemani anda menyantap pedesan entok, di rumah makan mas Nana juga menyediakan es degan yang dicampurkan dengan sirup Tjampolay khas Cirebon. Rasa segar dari es degan akan membantu menghilangkan rasa pedas saat menyantap pedesan entok mas Nana. Tapi jangan khawatir food lovers, pedesan entok bikinan mas Nana ini masih bisa dinikmati tanpa takut lidah terbakar.
Pedesan entog mas Nana (2) di Jl. Fatahillah, kabupaten Cirebon . Foto : @ourfoodiaries
Nah gimana nih kira-kira penasaran enggak dengan olahan daging entok mas Nana? Kalau kalian yang penasaran ingin cobain, kalian bisa langsung datang ke tempatnya, yang berlokasi di Jalan Fatahillah No. 80, Blok Kawung, Megu Gede, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.
ADVERTISEMENT
Untuk harganya cukup terjangkau kok food lovers, untuk 1 porsi pedesan entok, kalian hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 30 ribu saja, dengan daging entok berkualitas dan juga rasa yang lezat, harga yang ditawarkan cukup terjangkau. Jadi, kalau berkunjung ke Cirebon, jangan lupa untuk mencicipi makanan legendaris yang satu ini ya!
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·