Empal Gentong Cirebon Ini Tawarkan Keunikan Menikmati Kuliner Khas Cirebon

Konten Media Partner
18 September 2023 22:25 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Sajian kuliner empal gentong dalam gentong mini di Rumah Makan, H. Irwan Cirebon. Foto : Istimewa
zoom-in-whitePerbesar
Sajian kuliner empal gentong dalam gentong mini di Rumah Makan, H. Irwan Cirebon. Foto : Istimewa
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ciremaitoday.com, Cirebon-Siapa yang tak kenal Empal Gentong makanan khas Cirebon yang hingga kini tetap di gemari oleh para pecinta kuliner. akanan berbahan dasar daging sapi yang dimasak seperti gulai ini kian populer, karena cita rasa gurih berpadu rasa dengan daging yang empuk sehingga menciptakan sensasi berbeda di lidah.
ADVERTISEMENT
Empal Gentong Cirebon tak lekang oleh zaman, dilestarikan oleh para pelaku usaha baik perorangan, keluarga maupun warisan turun-temurun. Berbeda dengan H. Irwan pemilik rumah makan Empal Gentong yang ada di Jalan Jenderal Sudirman (Depan Kantor Jasa Marga), berbekal pengalamannya menikmati berbagai macam kuliner ia kini menekuni sekaligus melestarikan Empal Gentong dengan caranya sendiri.
Rumah Makan Empal Gentong Cirebon H. Irwan menjadi cabang ke-13 melengkapi 12 cabang lainnya yang tersebar di sepanjang rest area ruas jalan tol dari mulai Cipali hingga jalan tol Semarang-Batang Jawa Tengah.
"Sebelum buka cabang Empal Gentong di Jalan Jenderal Sudirman (Ciperna) saya awalnya buka di rest area. Di rest area sepanjang jalan tol Cipali sampai jalan tol Semarang-Batang," kata owner Empal Gentong Cirebon H. Irwan yakni Irwan Kuswandi, Minggu (17/09/2023).
ADVERTISEMENT
Di RM Empal Gentong Cirebon H. Irwan sendiri tersedia beragam menu seperti empal gentong, empal asem, tahu gejrot, dan sate Maranggi. Selain itu ada juga menu makanan Sunda seperti, ayam goreng, burung marlon, pepes, sambal dadak, dan lainnya.
"Di RM Empal Gentong Cirebon H. Irwan kami menyajikan menu makanan yang pasti halal dan pas di lidah dengan harga mulai dari Rp 25.000. Jam operasional kami dari hari Senin sampai Minggu pukul 07.00-22.00 WIB," imbuhnya.
Empal Gentong H. Irwan memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri karena empal gentong hangat disajikan langsung dalam gentong mini yang menambah nilai estetik budaya daerah. Berbeda dengan Empal Gentong Cirebon lainnya yang disajikan di mangkuk.
"Empal Gentong H. Irwan itu punya ikon tersendiri, dimana Empal Gentong disajikan di dalam gentong mini yang terbuat dari tanah liat. Penyajian ini akan mempertahankan cita rasa dan menjaga kehangatan dari Empal Gentong itu sendiri," terangnya.
ADVERTISEMENT
Tidak lupa Empal Gentong H. Irwan juga menyediakan sejumlah sambal untuk pelengkap bagi penyuka makanan bercita rasa pedas. Selain itu, di Empal Gentong H. Irwan juga tersedia aneka kerupuk yang akan semakin menambah nafsu makan.
"Ada sambal cabai merah tumbuk, sambal hijau. Untuk menemani pengunjung menikmati Empal Gentong kami juga menyediakan aneka kerupuk yang bisa menjadi pilihan pelengkap," tuturnya.
Ia mengaku, RM Empal Gentong H. Irwan merupakan realisasi dari pengalaman pribadi menikmati beragam kuliner di berbagai daerah termasuk Cirebon. Kemudian diamati, dipelajari dan dimodifikasi dengan mengedepankan pelayanan terbaik kepada pelanggan.
"Pada dasarnya saya memang suka kuliner. Dimana ada rumah makan baru buka saya pasti coba. Saya juga lihat bagaimana cara penyajiannya, bagaimana pelayanannya. Metode ini dimodifikasi lalu diaplikasikan ke RM H. Irwan. Untuk resep saya belajar sendiri dari pengalaman. Dan Empal Gentong H. Irwan ini sudah didaftarkan di Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI)," katanya.
ADVERTISEMENT
Empal Gentong H. Irwan siap memberikan pengalaman dalam menikmati kuliner khas Cirebon dengan cara berbeda. Pengunjung dari Cirebon dan sekitarnya bisa dengan mudah menemukan RM Empal Gentong Cirebon H. Irwan karena berada di lokasi strategis yakni di Jalan Jenderal Sudirman yang menjadi jalan lintas dari Cirebon ke Kuningan maupun sebaliknya.
Untuk pengunjung dari luar kota pun tak akan kesulitan menemukan RM Empal Gentong H. Irwan karena dari ruas jalan tol Palimanan-Kanci (Palikanci) hanya keluar dari pintu tol Ciperna sudah bisa langsung menuju Empal Gentong H. Irwan. (*)