Pencarian populer

Jelang Lebaran, Daging Sapi Tembus Rp130 Ribu

Menjelang lebaran, harga daging sapi kian melonjak. Saat ini, harga sapi di pasar tradisional telah mencapai Rp130 ribu per kilo. (Andry)
ciremaitoday.com, Kuningan, - Disaat harga sejumlah kebutuhan pokok rumah tangga berangsur alami penurunan, justru harga daging sapi kian melonjak. Saat ini, harga sapi di pasar tradisional telah mencapai Rp130 ribu per kilo.
ADVERTISEMENT
Kenaikan harga sapi dinilai sebagai dampak makin dekatnya dengan hari raya Idul Fitri 1440 H. Sebab banyak warga masyarakat yang berburu daging sapi, untuk menu lebaran nanti.
“Saat ini harga Daging Sapi mencapai Rp130 ribu perkilo, naik dari harga bulan lalu yakni Rp120 ribu perkilo. Tak hanya daging sapi, harga Daging Ayam juga melonjak dari Rp35 ribu menjadi Rp37 perkilo,” kata petugas pemantau harga Disperindag Kuningan, Arisman, Senin (3/6).
Walau begitu, Ia menjelaskan, bahwa sejumlah harga kebutuhan pokok yang lain cenderung stabil, bahkan mengalami penurunan. Misalnya saja harga cabai merah, akhir bulan lalu menembus angka Rp50 ribu perkilo kini turun menjadi Rp45 ribu perkilo.
“Beberapa kebutuhan dapur lain yang turun seperti Cabai Hijau dari Rp30 ribu menjadi 24 ribu perkilo, Cabai Rawit Rp30 ribu menjadi Rp24 ribu, dan Cabai Kriting Rp50 ribu menjadi Rp45 ribu perkilo. Lalu harga Bawang Merah Rp30 ribu turun menjadi Rp24 ribu perkilo dan Bawang Putih Rp40 ribu menjadi Rp35 ribu perkilo,” sebutnya.
ADVERTISEMENT
Selain itu lanjutnya, harga beras di pasaran cenderung masih stabil, baik beras premium Rp10 ribu perkilo, beras medium Rp9.500 perkilo, dan beras termurah Rp9.000 perkilo. Harga sembako lainnya seperti gula, minyak goreng, telur, maupun ikan masih cenderung stabil.
Sementara itu, Bupati Kuningan Acep Purnama juga menyempatkan diri melakukan sidak ke Pasar Baru Kuningan. Disana, Bupati Acep melakukan peninjauan pasar dan monitoring harga kebutuhan sembako di pasar tradisional tersebut.
“Monitoring ini dilakukan untuk mengetahui harga kebutuhan pokok jelang lebaran, ketersediaan stok hingga keamanan produk makan dan minuman yang dijual. Alhamdulillah hasil dari monitoring ini harga-harga cenderung relatif stabil,” katanya.
Selain menyapa para pedagang, Bupati Acep juga mendatangi kantor seksi kebersihan Pasar Baru. Acep meminta, agar petugas pasar selalu menjaga kekompakan terutama memberikan keamanan dan kondusifitas di wilayah pasar, antisipasi kebakaran, antisipasi sabotase, penjagaan di malam hari untuk ditingkatkan, dan arus lalu lintas untuk diatur dengan baik.
ADVERTISEMENT
“Paling penting yakni untuk selalu memantau persediaan bahan-bahan kebutuhan pokok, termasuk memonitoring harga. Saya ucapkan terimaksih kepada petugas yang sudah berbakti kepada daerah, mudah-mudahan ada peningkatan kesejahteraan atas apa yang telah kita kerjakan,” tutupnya. (*)
Penulis : Andry Yanto
Editor : Tomi Indra Priyanto
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86