News
·
22 Maret 2021 20:35

Legislator Tina Wiryawati Fasilitasi Milenial di Banjar, Jabar, Jadi Barista

Konten ini diproduksi oleh ciremaitoday
Legislator Tina Wiryawati Fasilitasi Milenial di Banjar, Jabar, Jadi Barista (229439)
Sejumlah pemuda dari Karang Taruna di Kota Banjar, Jawa Barat, saat mengikuti pelatihan barista. (Istimewa)
Ciremaitoday.com, Kuningan - Anggota DPRD Jawa Barat, Tina Wiryawati mendorong potensi anak-anak muda untuk berwirausaha. Salah satu wujud yang bisa dikembangkan yakni menjadi peracik kopi atau istilah kekinian disebut barista kopi.
ADVERTISEMENT
Tina memfasilitasi anak-anak muda Kota Banjar, Jabar, untuk mengikuti pelatihan barista kopi. Dengan menggandeng Karang Taruna di Kota Banjar, Jawa Barat, pelatihan itu digelar bersama Tim dari Tina Wiryawati Center (TWC).
"Pelatihan barista ini menjadi salah satu program kerja TWC atau Tina Wiryawati Center. Semoga pelatihan barista ini memberikan dampak positif untuk kemajuan para pemuda, khususnya pengurus Karang Taruna di Kota Banjar," kata legislator dari Partai Gerindra itu kepada awak media, Senin (22/3/2021).
Melalui pelatihan barista, menurut Tina hal itu bisa menjadi modal dasar untuk meningkatkan kemampuan untuk meracik kopi secara profesional. Tentunya bisa menjadi profesi menjanjikan dalam bisnis usaha kopi.
Legislator Tina Wiryawati Fasilitasi Milenial di Banjar, Jabar, Jadi Barista (229440)
Sejumlah pemuda dari Karang Taruna di Kota Banjar, Jawa Barat, saat mengikuti pelatihan barista. (Istimewa)
"Selain kita menikmati kopi, tentu kita bisa menyajikan kopi yang rasanya lebih nikmat dan disukai para penikmat kopi di daerah. Ini menjadi peluang usaha bagi anak-anak muda sekarang agar lebih kreatif dan inovatif membuka usahanya sendiri," imbuhnya.
ADVERTISEMENT
Dia berkeinginan, pelatihan barista tidak hanya dilakukan oleh Karang Taruna di Kota Banjar saja. Melainkan di kabupaten/kota lain khususnya di Dapil Jabar 13 seperti Kuningan, Ciamis dan Pangandaran.
"Saya berharap sih pelatihan barista bisa dilakukan sama temen-temen Karang Taruna di daerah-daerah. Sehingga mereka nantinya bisa membuat kedai kopi dan bisa meningkatkan kesejahteraan pengurus," ucapnya.
Sementara itu, Ketua Karang Taruna Sindhulawangi Kelurahan Banjar, Deni Herdiandi mengaku, ternyata tidak mudah untuk menjadi seorang barista. Sebab seorang barista harus mempelajari metode penyeduhan termasuk membuat busa, buih dan susu uap untuk campuran berbagai macam minuman berbasis espresso sampai menyiapkan minuman kopi.
"Kami sekarang sengaja ke Bandung untuk mengikuti pelatihan barista yang difasilitasi oleh anggota DPRD Tina Wiryawati. Selama 2 hari kami dilatih dan diberi pengetahuan, serta keterampilan dalam meracik kopi oleh barista profesional di kota kembang yakni Kang Reza yang sudah terkenal," imbuhnya.
ADVERTISEMENT
Karena itu, lanjutnya, seorang barista juga harus mampu dan mahir menggunakan mesin peracik kopi. Agar hasil kopi racikan yang diciptakan memiliki rasa khas dan berbeda dengan barista lain.