Pencarian populer

Libur Lebaran, Jalur Wisata di Kuningan Macet Parah

Antrean panjang kendaraan roda empat memadati jalur dari arah wisata menuju jalan utama Kuningan-Cirebon pada Jumat (7/5). (Andry)

ciremaitoday.com, Kuningan, - Petugas kepolisian memberlakukan sistem buka tutup jalan di beberapa titik akses menuju lokasi wisata di Kabupaten Kuningan. Akibatnya, antrean panjang kendaraan roda empat memadati jalur dari arah wisata menuju jalan utama Kuningan-Cirebon.

Pantauan di lapangan, sebagian besar kendaraan bernopol luar daerah kerap memadati ruas jalan Kabupaten Kuningan saat mengisi waktu libur lebaran ke sejumlah lokasi pariwisata. Walau terjadi kepadatan kendaraan di jalur wisata, jalan utama yang biasanya dipakai para pemudik terlihat ramai lancar.

Kepadatan arus lalu lintas mulai terjadi pada pukul 08.30 WIB pagi saat kendaraan menuju tempat wisata seperti Linggarjati, Sangkanurip, Cibulan, Palutungan, dan lainnya. Peningkatan kendaraan kembali terjadi saat arus balik dari arah wisata sekitar pukul 14.00 WIB siang.

Kepadatan arus lalu lintas mulai terjadi saat kendaraan menuju tempat wisata seperti Linggarjati, Sangkanurip, Cibulan hingga Palutungan. (Andry)

Rambu lalu-lintas seperti traffic light juga sengaja tidak difungsikan, agar para pengendara melajukan mobil atau motornya berdasarkan isyarat petugas. Tak hanya itu, petugas memasang pembatas jalan untuk mengarahkan kendaraan dari jalan arteri agar mengambil arah kiri di setiap titik persimpangan jalan.

“Jadi kalau terjadi kemacetan di jalur utama baik di Cirendang, Jalaksana, maupun Cilimus akan diberlakukan penarikan jalur utama. Artinya jalur-jalur arteri ditutup selama 15 menit, dilancarkan dulu semua di jalan utama, tapi tetap dua arah ya baik dari Kuningan-Cirebon maupun sebaliknya,” kata Kapolsek Cilimus sekaligus Kepala Pospam Bojong, Kompol Tri Sumarsono saat ditemui awak media di Pos Pengamanan Bojong Cilimus, Jumat (7/5).

Kepadatan lalu lintas di jalur wisata, diprediksi akan berlangsung hingga H+4 . Polres Kuningan menerjunkan tim urai yang bertugas mengurai kemacetan di titik rawan macet. (Andry)

Pihaknya memprediksi, kepadatan lalu lintas akan berlangsung hingga H+4 nanti. Sehingga, petugas menerjunkan tim urai yang bertugas mengurai kemacetan di titik rawan macet.

“Satu tim urai berjumlah sembilan orang, dan Polres Kuningan menerjunkan lima tim urai untuk ditempatkan di Ciawi, Kuningan Kota, Cirendang, Bojong, dan Cilimus. Tim ini akan mobile menyusuri sepanjang jalan-jalan yang rawan kemacetan,” jelasnya.

Walau diberlakukan sistem buka tutup jalan, pihaknya menyebut, sifatnya hanya kondisional. Jika lalu lintas masih terlihat lancar, maka sistem buka tutup jalan tidak diberlakukan.

“Memang kebanyakan kendaraan ini berplat nomor luar daerah, mungkin sebagian besar wisatawan dari wilayah III Cirebon. Kalau saat hari Lebaran itu cenderung lalu lintas lancar, hanya H+1 kemarin itu sudah mulai padat khususnya di jalur-jalur menuju tempat wisata,” pungkasnya. (*)

Penulis : Andry Yanto

Editor : Tomi Indra Priyanto

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57