Pencarian populer

Video: Petani Jual Murah Produksi Garam

ciremaitoday.com, Cirebon, - Disaat musim kemarau, para petani di wilayah Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, saat ini masuk ke masa musim panen. Namun, saat panen garam kali ini tampaknya kurang berpihak kepada para petani garam di wilayah Cirebon. Pasalnya harga garam pada awal panen di wilayah Cirebon merosot tajam hingga mencapai Rp 300,- per kilo gram di tingkat petani.
ADVERTISEMENT
Seperti halnya di sentra garam wilayah Klangenan Kabupaten Cirebon, harga garam sebesar 300 rupiah per kilogram ini dikeluhkan oleh petani garam. Daryan, seorang petani garam di klangenan mengaku pada musim panen garam sebelumnya harga normal mencapai Rp 1000,- per kilo gram dan paling rendahnya mencapai Rp 500,- per kilo. Namun dengan harga saat ini Rp. 300,- per kilo dirasakan berat oleh para petani.
Para petani mengaku tidak banyak mengetahui penyebab merosotnya harga garam, namun masa panen yang mulai mengakibatkan garam mulai melimpah diduga penyebab merosotnya harga garam. Selain itu stok garam di gudang dari masa panen tahun lalu juga masih melimpah dan belum terjual.
Dengan kondisi ekonomi, para petani terpaksa menjual garam mereka dengan harga murah. Para petani garam di Cirebon berharap agar pemerintah turun tangan untuk menstabilkan harga garam sehingga para petani garam bisa menikmati hasil panen dengan harga yang wajar. (*)
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86