Tentang KamiPedoman Media SiberKetentuan & Kebijakan PrivasiPanduan KomunitasPeringkat PenulisCara Menulis di kumparanInformasi Kerja SamaBantuanIklanKarir
2024 © PT Dynamo Media Network
Version 1.93.2
Konten dari Pengguna
Serunya Belajar Inovasi Bisnis Lewat Boardgame Bersama CIAS
26 Mei 2018 3:40 WIB
Diperbarui 14 Maret 2019 21:08 WIB
Tulisan dari citizen journalism tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Presiden Joko Widodo melalui Perpres No. 2 Tahun 2015 mencanangkan program pengembangan ekonomi kreatif dan peningkatan kapasitas inovasi dan teknologi sebagai upaya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. Program ini dinilai mendesak mengingat situasi persaingan khususnya serangan produk luar negeri terhadap produk lokal yang semakin keras.
ADVERTISEMENT
Maka diperlukan upaya yang serius dan masif untuk meningkatkan kreativitas bisnis para pelaku UKM dan perusahaan-perusahaan di Indonesia. Kreativitas yang dimaksud meliputi desain produk dan strategi bisnis serta pemasaran. Sayangnya banyak pelatihan-pelatihan bisnis yang ada dinilai oleh para pelaku usaha terlalu panjang, rumit dan kurang menarik.
Corporate Innovation Asia (CIAS), sebuah konsultan inovasi bisnis di Jakarta menawarkan sebuah solusi berupa metode belajar inovasi bisnis menggunakan media permainan papan (Boardgame) yang bernama ‘BusinessCraft’. Melalui permainan ini para pelaku usaha belajar prinsip-prinsip kunci terkait strategi membangun dan mengembangkan bisnis dengan cara yang cepat, mudah dan menyenangkan. BusinessCraft dibuat atas kerjasama CIAS dengan Kummara, sebuah perusahaan desain Game dari Bandung.
Pada hari Kamis, 24 Mei 2018 di fX Sudirman Jakarta, CIAS bersama Kummara dan Klub Inovator Bisnis menyelenggarakan event BusinessCraft Play-Day, yaitu sebuah aktivitas belajar sambil bermain BusinessCraft secara bersama-sama. Event yang berlangsung sejak pukul 13.00 hingga 16.00 WIB ini diikuti oleh 125 pemain. Bukan hanya para pelaku UKM dan anggota komunitas bisnis yang bermain, namun juga tim yang mewakili perusahaan-perusahaan besar di Indonesia ikut turut serta.
ADVERTISEMENT
Perusahaan-perusahaan yang mengirimkan timnya ke event ini diantaranya adalah PT Nutrifood Indonesia, PT Nestle Indonesia, PT Nokia Indonesia, Permata Bank, PT Kansai Prakarsa Coatings, PLN Corporate University, PT Finnet Indonesia, Kalbis Institute, PT Signa Cipta Utama, PT MSI Investasi dan masih banyak lagi. Sementara komunitas bisnis yang juga turut serta diantaranya G-Coach, Komunitas Tangan Di Atas, Komunitas Saudagar Nusantara, Provokas!, STIFIN Institute, Komunitas SuksesMulia, HCI Elite, dan lainnya.
“Permainan papan BusinessCraft menghadirkan tingkat engagement yang tinggi (keterlibatan aktif para pemain) dan itu merupakan kunci keberhasilan sebuah proses pembelajaran. Sehingga dalam waktu 2 jam saja, para pemain dapat menguasai cara mengembangkan bisnis dan memenangkan persaingan”, begitu ungkap Indrawan Nugroho, CEO Corporate Innovation Asia (CIAS) di sela-sela aktivitasnya memfasilitasi permainan.
Satu papan permainan BusinessCraft dapat dimainkan oleh 3 hingga 15 orang. BusinessCraft dapat dimainkan secara mandiri, namun demikian permainan papan ini akan lebih optimal jika dimainkan dengan panduan seorang fasilitator yang bersertifikat dari CIAS dan Kummara. Fasilitator tersebut bukan hanya berperan untuk memandu jalannya permainan, namun juga membantu pemain untuk menemukan poin-poin pembelajaran yang penting, hingga menuangkan hasil pembelajaran tersebut ke dalam bentuk rencana aksi nyata dalam bisnisnya.
ADVERTISEMENT
Proses pembuatan papan permainan BusinessCraft membutuhkan waktu lebih dari satu tahun. Sebelum resmi diluncurkan, BusinessCraft telah diujicobakan ke berbagai jenis pemain dari beragam latar belakang dan rentang usia. Hasilnya, BusinessCraft terbukti dapat dimainkan dan memberi manfaat pembelajaran yang dalam untuk siapapun yang memainkannya. Papan permainan BusinessCraft dijual seharga Rp.500,000,-. Terkait informasi produk dan pembelian, silakan kunjungi www.businesscraftgame.com