Mom
·
7 September 2019 13:35

Tips Sehat Financial dan Sehat Fisik bersama Sun Life

Konten ini diproduksi oleh Citra Junita Salim
Tips Sehat Financial dan Sehat Fisik bersama Sun Life   (4695)
Me as a guardian my family
Sebagai lulusan akuntansi tidak menjamin kita untuk bisa mengatur keuangan sendiri, waktu masih gadis setiap income yang diterima selalu saja habis bahkan terkadang memanfaatkan kartu kredit di akhir bulan.
ADVERTISEMENT
Namun kini setelah jadi moms mulai terfikir kalau terus seperti ini bagaimana masa depan anak saya nanti ?, Nah semenjak itu saya mulai harus dapat memastikan keuangan keluarga sehat, terpenuhi kebutuhan saat ini , esok dan masa depan . Pastinya dengan keinginan perencanaan keuangan yang baik as a Chief Financial Officer.
Beruntung banget minggu kemarin tepatnya Sabtu, 31 Agustus 2019 KumparanMom mengundang aku untuk menghadiri #MomsMingle dengan tema “Moms As The Guardian Of The Family” bersama SunLife Indonesia berlokasi di Kayu Kayu Restaurant, Alam Sutera, Tangerang. Pada kesempatan ini kita moms mingle bersemangat untuk menerapkan konsep #LiveHealtierLives , apa sich ini ? ini adalah konsep dimana semua harus balance baik kesehatan maupun keuangan, karena akan percuma jika kita punya uang tapi tidak sehat begitupun sebalikanya sehat tapi tidak punya uang .
ADVERTISEMENT
Moms As The Guardian Of The Family
Tips Sehat Financial dan Sehat Fisik bersama Sun Life   (4696)
Nara Sumber acara Moms migles the guardian of the family
Why Woman ?, secara kultur, budaya dan partnership dalam rumah tangga , moms, di delegasikan unytuk lebih berperan di rumah tangga sebagai " Chief Financial Officer". Sebagai Chief Financial Officer kita harus tahu mengatur keuangan baik dengan pola keuangan sehat, seperti yang di jelaskan oleh Ibu Ila Abdurrahman seorang Financial Planner Ciri Keuangan Sehat adalah :
1. Cash flow positif
2. Santai ketika terjadi krisisi (memiliki dana darurat atau asuransi)
3. Rutin minimal 10%
4. Rasio cicilan hutang 35% dari income
5. Santai dengan yang dipakai tetangga, teman, orang lain.
ADVERTISEMENT
Lalu bagaimana agar Keuangan kita sehat? Apa yang harus kita lakukan?
Needs vs Wants
Disini kita harus membedakan mana kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan adalah ika kebutuhan tidak terpenuhi maka kehidupan akan terancam meliputi Sandang, Pangan, Papan, Komunikas, Transportasi dan Pendidikan. Sedangkan keinginan adalah jika tidak terpenuhi maka kita akan baik-baik saja meliputi pakaian seperti apa, rumah seperti apa , makan apa, makan dimana , paket data apa, moboil apa , paket data apa , sekolah dimana , paket haji apa , gadget apa
Budgeting your income
Dalam mengelola keuangan keluarga, tentu harus memiliki anggaran dan pos-pos pengeluaran. Seperti berikut ini,
  1. 40% untuk kebutuhan pokok (Living Cost).
  1. 30% untuk membayar cicilan/hutang. Hutang sendiri terbagi menjadi 2, hutang produktif dan hutang konsumtif. Hutang produktif adalah hutang yang tidak akan rugi, hutang yang menghasilkan (tahun ini membeli rumah 500jt dengan KPR, tahun depan nilai rumah tersebut meningkat menjadi 1 Milyar). Sedangkan Hutang konsumtif adalah hutang yang digunakan untuk gaya hidup (makan di restoran mewah, beli mobil baru).
ADVERTISEMENT
  1. 15% untuk Investasi. Menabung untuk masa depan dan untuk hal yang mungkin tidak terduga.
  1. 10% untuk Sosial. Sebagai makhluk sosial, wajib menyisihkan dana untuk zakat/perpuluhan dan kegiatan sosial lainnya sebagai wujud syukur atas rejeki yang diperoleh.
  1. 5% untuk Asuransi. Pentingnya proteksi diri untuk keluarga.
Planning Your Goals
Terukur dan dapat tercapai. What, Where, When, How Much. Misalnya adalah :
What : Lamborgini
Where : Invest dimana untuk mendapatkannya
When : 5 Tahun
How Much : Harga lamborgini 5 M
Setelah itu kita harus mengkrtieriakan mana goals yang ingin dicapai. Goals wajib adalah Dana Darurat & Asuransi, Tempat Tinggal, Dana Pensiun; Dana Pendidikan & Pernikahan Anak;,Perjalanan Rohani; serta Dana Investasi Sosial.
ADVERTISEMENT
Financial Product Knowledge
Ribuan produk keuangan di Indonesia, tetapi hanya beberapa yang cocok, sesuai dan memenuhi syarat untuk tempat berinvestasi dan berasuransi. Ada banyak produk dan macam investasi yang bisa kita miliki antara lain:
1. Asuransi : Term Life, Endowment, Whole Life, UnitLink, Kerugian dll
2. Tabungan dan Deposito
3. Sukuk, Obligasi, Sbr, Sukri
4. Reksadana
5. Logam Mulia, Property, Tanah
Tips dari ibu Ila agar keuangan semakin sehat yaitu:
1. Penuhi Kebutuhan dan Keinginan
1. Mempunya Proteski asuransi dan Tabungan
3. Investasti
4. Selesaikan Utang Konsumtif
Setelah banyak masukan yang di dapat dari ibu Ila, kini ada sesi sharing Mba Kania seorang Mominfluencer yang memiliki usaha suskes Chicanddarling beliau juga memberikan tips keuangan, biasanya setelah mendapatkan income, Mba Kania akan
ADVERTISEMENT
langsung memisahkan pendapatannya untuk investasi sebesar 2-5%, kemudian duduk bareng dengan pasangan menyusun post untuk mengcover apa saja.
Pada kesempatan kali ini, hadir juga Mba Kelly Tandiono Artis sekaligus Brand Ambassador dari SunLife Indonesia. Dengan
berbagai macam aktivitas, Mba Kelly memberikan beberapa tips sederhana menuju #LiveHealthierLives yaitu:
  1. Tertawa
  2. Sinar Matahari
  1. Jangan Malas Bergerak
  1. Pola Makan Sehat (No MSG, No Soda, dan mengurangi konsumsi gula/garam)
  1. Be Independent Woman, tentu khususnya dalam hal Financial.
Tips Sehat Financial dan Sehat Fisik bersama Sun Life   (4697)
Saya bersama dengan moms mingle lainnya yang bersemangat belajar bersama sunlife
Akhir acara seluruh Moms Mingle diajak bermain game sederhana, challenge per kelompok untuk melakukan exercise bagaimana mengatur keuangan keluarga seperti tips-tips yang sudah disampaikan Mba Ila. Kita diasumsikan setiap bulan menerima 20 juta dari suami, bagaimana kita mengelola nya. Alhamdulillah kelompok kami menang dan masing - masing kelompok mendapatkan voucher belanja .
Tips Sehat Financial dan Sehat Fisik bersama Sun Life   (4698)
Keceriaan moms setelah mendapatkan ilmu dan tips dari nara sumber
Bahagia banget bisa dapat mendapatkan ilmu dan tips2 dari nara sumber kece, semoga setelah ini saya membenahi perencanaan keuangan keluarga saya. Sebagai perusahaan penyedia jasa layanan keuangan terkemuka, Sunlife di dukung lebih dari 7500 perencanaan keuangan yang tersebar 77 kota dalam mencapai kemapanan serta menjaga hidup lebih sehat lagi. Sun Life Financial merupakan perusahaan penyedia layanan jasa keuangan internasional terkemuka, Awal mula berdiri di Indonsia dari tahun 1995. Namun sebelumnya sudah berdiri di berbagai negara didunia sejumlah pasar utama di seluruh dunia, yaitu Kanada, Amerika Serikat, Inggris, Irlandia, Hong Kong, Filipina, Jepang, Indonesia, India, Cina, Australia, Singapura, Vietnam, Malaysia, dan Bermuda.
ADVERTISEMENT
SunLife kini memiliki lebih dari 132 kantor pemasaran konvensional dan 49 kantor pemasaran syariah di seluruh Indonesia serta yang sudah tercatat dan di awasi oleh OJK (Otoriras Jasa Keuangan) dan memiliki tujuan untuk membantu nasabah mencapai kesejahteraan mngin membantu keluarga Indonesia melalui kemapanan financial dan secara fisik. Kalau Moms tertarik dengan layanan Sunlife Indoensia silahkan kunjungi websitenya di www.sunlife.co.id dan atau jangan lupa follow IG
@sunlife_id dan @kumparanmom
#LiveHealthierLive #MomsMinggle #SunlifeXKumparan #KumparanMom

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white