Food & Travel
·
16 Oktober 2020 21:13

Mau Makan Escargot yang Enak dan Murah di Kota Paris?

Konten ini diproduksi oleh Citra Jatmiko
Dan inilah salah satu kenangan kami pada bulan Mei tahun 2016 silam. Seharusnya bulan Mei sudah memasuki musim panas atau Summer di sebagian besar negara-negara Eropa Barat, termasuk Prancis. Tapi apa daya, hari itu, dan beberapa hari sebelumnya, hujan tipis-tipis terus jatuh membasahi jalanan kota Paris, dengan suhu udara berkisar 8-10 derajat celsius. Cukup "menusuk" untuk kulit orang Indonesia yang terbiasa mendapatkan cahaya matahari dan panas yang berlebih sepanjang tahun. Hingga akhirnya kami memutuskan untuk istirahat sejenak sambil mencari makan siang. Dan Escargot menjadi pilihan kami berempat secara aklamasi! Ya, kapan lagi kan mencoba makanan khas Paris di tempat asalnya sendiri? Hehehe.
Mau Makan Escargot yang Enak dan Murah di Kota Paris? (21111)
Sumber: www.bouillon-chartier.com/en/grands-boulevards/galerie/
Salah seorang teman saya mendapat rekomendasi dari temannya yang bersekolah di Paris, mengenai sebuah restoran otentik Paris yang menjual makanan khas Prancis, yang enak dan juga tentunya "cucyo" dengan kantong kami sebagai turis backpacker, yaitu BOUILLON CHARTIER.
ADVERTISEMENT
Pas banget, lokasi restorannya kebetulan tidak jauh dari tempat membolang kami, karena memang letaknya di tengah kota kok, tepatnya di Jalan 7 Rue du Faubourg Montmartre, 75009, Paris, kalau naik Metro turun di Stasiun Metro Grands Boulevard 8 dan 9. Dan bener aja dong, dari kejauhan udah terlihat antrean orang-orang yang mau masuk sudah mengular sampai ke tepi jalan. Restonya emang persis di sisi jalan. "Gila, rame banget, bisa kebagian tempat gak nih?" cetus salah seorang teman saya, ketika kami sudah mulai ikut mengantre.
Mau Makan Escargot yang Enak dan Murah di Kota Paris? (21112)
Sumber: www.bouillon-chartier.com/en/grands-boulevards/galerie/
Tidak berasa, ternyata ngantrenya tidak terlalu lama kok, mungkin karena ada teman jadi bisa sambil mengobrol kali ya. Padahal di luar cukup dingin loh, tapi alhamdulillah mungkin hanya butuh sekitar 35-45 menit dari awal kami mengantre sampai masuk ke dalam dan mendapatkan meja untuk 4 orang. Jadi, kalau lihat foto di atas, kita sudah mengantre mulai dari depan pintu warna cokelat itu, sampai belok masuk ke dalam lorong di sebelah kiri, dan di situlah tepatnya pintu masuk restonya. Gak bohong, tempatnya bagus banget, bangunannya klasik, ala-ala restoran eropa (ya iyalah kan emang sedang di Eropa, Bambank...) dengan desain ruangan yang menawan. Kalian bisa lihat sendiri foto-foto di bawah ini. Cantik banget ya... Jadi pengin ke sana lagi deh.
Mau Makan Escargot yang Enak dan Murah di Kota Paris? (21113)
Sumber: www.bouillon-chartier.com/en/grands-boulevards/galerie/
Jadi, ternyata, restorannya gede dan luas banget, guys... Ada dua lantai, dan masing-masing lantai bisa menampung jumlah customer cukup banyak. Itu kenapa kami tidak perlu menunggu antrean terlalu lama, karena jumlah meja cukup banyak dan pergantian orang yang masuk dan keluar cukup cepat di restoran ini. Kalau dilihat-lihat, desain ruangannya geulis pisan euy, dengan chandelier ala-ala yang membangkitkan kesan mewah dan nyaman. Comfy banget deh pokoknya, bikin kita betah dan pengin makan lama-lama, hahaha. Sayang dulu saya belum terlalu aktif di dunia per-sosmed-an, coba kalau tidak mungkin saya sudah menghabiskan waktu sejam sendiri untuk foto-foto di setiap sudut ruangan dan spot-spot kece restoran ini.
Mau Makan Escargot yang Enak dan Murah di Kota Paris? (21114)
Sumber: Dokumentasi Pribadi - Kita sedang menanti Escargot :)
Maafkan hasil jepretan saya yang sangat blur dan tidak cemerlang ini. Seharusnya ada banyak foto-foto lainnya di galeri HP saya, tapi berhubung karena HP saya udah dua kali rusak, foto-foto itu pun tidak terselamatkan, hiks... Itu kenapa mohon maaf banget terpaksa saya ambil foto-fotonya langsung dari website restonya, ya... huhuhu... Beruntung ada beberapa foto yang sudah sempat saya unggah ke sosmed, Salah satu di antaranya pas kita berempat sedang menunggu Main Course nya. Kita pesen Escargot, pastinya. Sebagai appetizer, disediakan roti-roti kering khas makanan pembuka dan mushroom creme soup, yang cukup menghangatkan dinginnya balasan chat sang mantan, #Eh salah woy, maksudnya menghangatkan dinginnya tubuh setelah sedari pagi berjalan kaki menyusuri kota Paris, hehehe...
Mau Makan Escargot yang Enak dan Murah di Kota Paris? (21115)
Sumber: www.bouillon-chartier.com/en/grands-boulevards/galerie/
Akhirnya Escargot kami pun terhidang di depan kami, dengan aroma yang khas dan masih hangat. Langsung saja, tanpa basa basi, saya pun mencoba Escargot asli Prancis langsung, cieee... akhirnya ya Bapak Ibu... hahaha dan alhamdulillah, rasanya sangat tidak mengecewakan. Bukan sulap bukan sihir, rasa Escargot nya memang sangat nikmat. Entah saya yang memang katro, atau tidak pernah merasakan jenis makanan serupa lainnya, tapi menurut saya rasanya sangat worth-it! Rasa bumbunya cukup kuat, terutama untuk garlic dan herbs lainnya, dengan aroma yang sangat menggoda, asli ngga ada rasa amisnya sama sekali. Duh saya jadi ngiler lagi nih ketika sedang menulis artikel ini, hahaha... Pokoknya yummy banget, gak bohong, daging bekicot (atau siput?) nya juga lembut banget, disajikan lengkap dengan cangkangnya di atas sebuah piring besi sedang.
Mau Makan Escargot yang Enak dan Murah di Kota Paris? (21116)
Sumber: www.bouillon-chartier.com/en/grands-boulevards/galerie/
Porsinya juga lumayan cukup untuk membuat perut berasa ada isinya, hehehe... Tidak terlalu banyak, dan tidak terlalu sedikit. Mungkin kalau terlalu banyak bisa eneg juga kali ya, hehehe.. satu piring berkisar 6-8 biji. Teman saya yang lain juga ada yang pesan typical fish and chips, dan ada juga yang pesan french fries dan onion ring. Rasanya juga sama-sama enak. Untuk minum, kalau tidak salah kami hanya pesan mineral water atau orange juice, haha.. Maklum wong 'ndeso. Dan untuk harga pun, insya Allah sangat terjangkau, hehe.. Sok, lihat saja di berbagai review, resto-ini masuk dalam kategori harga murah dengan simbol hanya satu "$". Karena memang harganya relatif sangat murah, meskipun pada saat itu, saya benar-benar lupa berapa harga Escargot per porsinya, tapi yang pasti seingat saya, kami berempat cukup merasa lega ketika tahu harganya tidak semahal yang kami bayangkan, tidak sebanding dengan kemewahan tempat dan ke-maha dahsyat-an rasa yang telah kami nikmati.
Mau Makan Escargot yang Enak dan Murah di Kota Paris? (21117)
Sumber: Dokumentasi Pribadi - Wajah-wajah kekenyangan ;p
Intinya, keseluruhan rasa, harga, dan suasananya sangat memanjakan lidah, dompet, dan mata kami sebagai turis dadakan tanpa rencana ini, hahaha... Kalaupun saya suatu saat nanti berkesempatan mengunjungi kota Paris lagi, saya tidak akan segan-segan untuk kembali bernostalgia dan mengulangi kenikmatan Escargot murah nan enak di salah satu sudut kota Paris ini! Tentu saja, ketika Pandemi Covid-19 ini sudah berakhir, dan kita semua pun sudah kembali dapat bersantap dengan aman. Sok, yang mau kepoin restonya lebih lanjut, bisa langsung kunjungin website-nya di: https://www.bouillon-chartier.com/
ADVERTISEMENT
BON VOYAGE EN BON APETIT!