LSPR Mengembangkan Pendidikan Berstandar Internasional

LSPR NEWS
LSPR Institute of Communication and Business, berdiri sejak 1 Juli 1992 adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang memiliki dua Fakultas, Komunikasi dan Bisnis. Saat ini LSPR memiliki hampir seratus ribu lulusan.
Konten dari Pengguna
1 Agustus 2023 14:49 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari LSPR NEWS tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Bukanlah sebuah hal yang mudah untuk terus konsisten dalam mengembangkan bisnis, apalagi berbisnis pendidikan. Di tahun 2023 ini, genap sudah LSPR Institute of Communication & Business memasuki usianya yang ke-31 tahun, sebagai lembaga pendidikan tinggi ilmu komunikasi dan bisnis bertaraf internasional yang inovatif dan adaptif. Kini dengan diperkuat tiga kampusnya yang terletak di Sudirman Park Jakarta, Transpark Juanda Bekasi, dan Bali. LSPR semakin mantap berupaya untuk menjadi kampus ilmu komunikasi dan bisnis terdepan di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Sejak awal pendiriannya di tahun 1992, Dr. (H.C) Prita Kemal Gani, MBA, MCIPR, APR, FIPR – Founder dan CEO dari LSPR – memang sudah mempersiapkan LSPR menjadi sebuah lembaga pendidikan yang memiliki standar internasional dalam semua program studinya. LSPR juga secara konsisten mengembangkan lingkungan dan sistem pembelajaran yang mendorong perspektif berpikir dan wawasan mahasiswa, agar siap berkompetisi di dunia kerja dan menjadi ahli di bidang komunikasi. Salah satu caranya adalah dengan menyelenggarakan ujian internasional (international exam) yang terselenggara dengan kerjasama dengan berbagai universitas di luar negeri, di antaranya Edith Cowan University – Australia (ECU), Nebrija University Spanyol, The Hague University, Northumbria University Newcastle, juga De Montfort University Leicester, UK untuk program ilmu komunikasi. Untuk fakultas bisnis, international exam yang tersedia terselenggara berkat kerjasama dengan Woosong University dan Solbridge International School of Business dari Korea Selatan, Breda University Netherlands, juga HIM – Hotel Institute Montreux, dan terakreditasi oleh The Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB), USA.
ADVERTISEMENT
Pertukaran Pelajar di LSPR
Selain itu, LSPR setiap tahun mengadakan program student exchange outbound dan inbound, di mana mahasiswa LSPR yang mencapai semester tertentu berpeluang untuk mengikuti perkuliahan di universitas rekanan selama beberapa waktu. Hal ini tentu dapat menambah pengalaman dan motivasi mahasiswa untuk belajar serta mengembangkan keterampilan berbahasa asing dan jaringan pertemanan. Sebaliknya, LSPR juga menerima para mahasiswa dari luar negeri yang ingin mempelajari ilmu komunikasi di LSPR. Hal ini tentunya juga membantu memperkaya wawasan para mahasiswa tersebut tentang Indonesia, sekaligus memperkenalkan negaranya kepada teman-temannya di LSPR. Menariknya lagi, LSPR juga memiliki program Dual Degree, di mana mahasiswa bisa mendapatkan dua gelar sekaligus setelah menyelesaikan studi di LSPR dan di universitas rekanan di luar negeri. Dalam masa pendidikan 4 tahun tersebut, mahasiswa bisa mendapatkan gelar ganda.
ADVERTISEMENT
Tentunya apa yang dilakukan oleh LSPR ini tidak saja berlaku untuk tingkat mahasiswa saja. Para dosen pun mendapatkan peluang untuk mengajar ke beberapa perguruan tinggi rekanan LSPR di luar negeri dan sebaliknya, para pengajar dari luar pun berkesempatan untuk mengajar di LSPR untuk beberapa mata kuliah tertentu. Dengan kesempatan ini, masing-masing pengajar bisa saling berbagi ilmu dan penerapannya sebagai upaya pengayaan wawasan.
Mahasiswa LSPR Mengikuti Program Magang Internasional di KBRI Singapore
Mahasiswa LSPR Mengikuti Program Magang Internasional di KBRI New Zealand
LSPR percaya bahwa kesiapan mahasiswa untuk memasuki dunia kerja tidak saja diraih melalui penguasaan ilmu secara akademik saja, namun juga melalui kegiatan magang (internship) di bidang yang dipelajarinya. Seiring dengan standar internasional yang selalu dipertahankan oleh LSPR, tersedia International Internship Program di mana para mahasiswa bisa magang di berbagai kedutaan Indonesia di luar negeri, di antaranya di New Zealand, Amerika Serikat, Singapura, dan sebagainya. “Kedutaan memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk magang selama 3 bulan, biasanya dengan pembagian lokasi kerja 1 bulan di luar negeri dan 2 bulan bekerja secara remote dari Jakarta,” demikian pernyataan Candy Hernandez, B.S.N., MA., F APR, Direktur International Relations & Partnerships Office. “Tentunya melalui program ini mahasiswa dapat mengembangkan diri, juga mengaplikasikan ilmu yang didapatkannya di kampus di dunia kerja.”
ADVERTISEMENT
Ibu Prita mengunjungi New York Film Academy (NYFA)
Demi memperkaya wawasan mahasiswa, terutama yang tertarik pada bidang pembuatan film dan penyiaran, LSPR sejak tahun 2012 bekerjasama dengan New York Film Academy (NYFA), Amerika Serikat. Kolaborasi yang bisa terjalin bersama para profesional film ini tentunya dapat diwujudkan dalam bentuk pertukaran mahasiswa dan program studi, pertukaran pengajar, konferensi dan/atau pelatihan, yang diharapkan dapat semakin mengasah inovasi dan kreativitas mereka yang ingin unggul di bidang pembuatan film dan penyiaran.
LSPR MoU Signing bersama New York Film Academy (NYFA)
Demi mewujudkan visi dan misinya menjadi lembaga pendidikan ilmu komunikasi dan bisnis berwawasan internasional, LSPR telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional untuk Perguruan Tinggi), dari Global Alliance for Public Relations & Communication Management, juga dari BAC (The British Accreditation Council for Independent Further and Higher Education), yaitu lembaga akreditasi pendidikan yang diakui oleh Pemerintah Inggris untuk pelajar internasional. Ini tentunya menjadi sebuah nilai tambah bagi LSPR, yang juga telah menuntaskan assessment dari AUN-QA (ASEAN University Network). Bukan itu saja, LSPR pada tahun 2022 kembali masuk ke dalam peringkat 50 besar WURI (World’s Universities with Real Impact) untuk kategori Entrepreneurial Spirit (peringkat 41) dan Crisis Management (peringkat 46).
ADVERTISEMENT
Selamat ulang tahun ke-31, LSPR! Semoga berbagai kolaborasi dan pencapaian ini terus memperkuat LSPR sebagai kampus ilmu komunikasi dan bisnis berwawasan internasional dengan prestasi yang makin gemilang.
Untuk melihat LSPR lebih lanjut, silahkan mengunjungi link dibawah ini :
https://www.instagram.com/lsprofficial/