Bisnis
·
16 Maret 2021 14:55

Menilik Kekayaan Pangeran Arab, Punya Kastil hingga Mau Beli Inter Milan

Konten ini diproduksi oleh Crazy Rich
Menilik Kekayaan Pangeran Arab, Punya Kastil hingga Mau Beli Inter Milan (27462)
searchPerbesar
Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed Bin Salman (Kanan) bersama Mantan Presiden AS Donald Trump. (Foto: Instagram/@special_royal).
Akhir-akhir ini, kabar kekayaan keluarga Kerajaan Arab Saudi yang melebihi Keluarga Kerajaan Inggris memang sedang santer diberitakan. Bayangkan saja, kekayaan keluarga tersebut mencapai Rp 21 ribu triliun! Sekitar 16 kali lipat kekayaan keluarga Kerajaan Inggris yang hanya Rp 1.232 triliun.
ADVERTISEMENT
Sebenarnya hal tersebut bukan hal aneh. Pasalnya, kekayaan pribadi satu Putra Mahkota Raja Salman Bin Abdul Aziz saja, yakni Mohammed Bin Salman (MbS) ditaksir mencapai Rp 136 triliun, belum termasuk properti lainnya yang juga mencapai Rp triliunan.
Salah satu properti yang dimiliki Pangeran MbS adalah sebuah kastil megah di Louveciennes, Perancis. Kastil yang ia beri nama Chateau Louis XIV tersebut memiliki lahan seluas 4645.152 m2.
Selain itu, kastil tersebut juga dilengkapi fasilitas lengkap, terdiri dari 10 kamar tidur, 2 kolam renang, lapangan tenis, perpustakaan, akuarium, bioskop, dan diskotik. Terdapat juga gudang yang menyimpan 3 ribu botol wine.
Kastil yang berdiri sejak abad 17 tersebut dibelinya pada 2015 dengan harga yang cukup fantastis, sekitar Rp 4,325 triliun. Kabarnya setelah dibeli oleh MbS, kastil ini menjadi rumah dengan pembelian termahal saat itu.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu, di tahun yang sama, Pria kelahiran 31 Agustus 1985 tersebut juga dikabarkan memiliki sebuah kapal pesiar seharga Rp 7,9 triliun dari pengusaha vodka Rusia Yuri Shefler.
Belum lagi ada kabar kepemilikannya atas lukisan langka Salvator Mundi karya pelukis paling terkenal di zaman Renaissance, Leonardo Da Vinci. Isunya, ia membeli lukisan dengan harga sekitar Rp 6,7 triliun tersebut pada 2017.
Pada akhir tahun lalu, MbS berinvestasi pada tiga perusahaan video game terkenal, yakni Take-Two Interactive, Electronic Arts (EA) dan Activision Blizzard. Ia berinvestasi dengan total sebesar 26,2 shares.
Baru-baru ini juga, Pangeran Arab Saudi tersebut dikabarkan berencana untuk mengakuisisi Inter Milan. Klub yang berlaga di Serie A tersebut memiliki valuasi sebesar Rp 17 triliun. Sebelumnya, MbS juga pernah berencana membeli Manchester United dan Newcastle United, namun gagal.
ADVERTISEMENT
Kekayaan MbS sendiri tidak terlepas dari kepemilikan atas perusahaan minyak milik keluarga Kerajaan Arab Saudi, yakni Saudi Aramco. Perusahaan ini merupakan sumber minyak terbesar kedua di dunia dan penghasil minyak harian terbesar di dunia.