Cintai Dirimu dengan Menghilangkan Crab Mentality

Cut Alvi Khairanda
Mahasiswi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Syiah Kuala
Konten dari Pengguna
4 Maret 2024 15:43 WIB
·
waktu baca 1 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Cut Alvi Khairanda tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Pernahkah kamu merasa susah melihat orang senang atau senang melihat orang susah? Ternyata hal ini merupakan bentuk dari perilaku crab mentality. Sebenarnya apa sih crab mentality itu?
Sumber: Canva.com
Crab mentality adalah suatu bentuk dari pola perilaku egois dan iri atas kesuksesan orang lain. Crab mentality dianalogikan sebagai sifat kepiting yang saling tarik menarik jika ditempatkan dalam satu wadah atau ember besar. Hal ini dikarenakan kepiting tidak membiarkan kepiting lainnya lolos dari situasi tersebut hingga akhirnya semua kepiting itu akan mati direbus bersama-sama (Loretta, 2019).
ADVERTISEMENT
Manusia sebagai makhluk sosial cenderung hidup dalam kelompok. Dalam dinamika kelompok, persaingan menjadi hal yang tak terhindarkan, baik itu dalam hal mencari makanan, mencari pasangan, atau hal-hal lainnya. Saat seseorang merasa berada dalam posisi yang kuat dan aman, otaknya akan menghasilkan hormon serotonin yang meningkatkan perasaan senang dan nyaman. Namun, sebaliknya, ketika seseorang merasa berada dalam posisi yang lemah, otaknya akan menghasilkan hormon kortisol yang memicu stres. Inilah mengapa ketika seseorang merasa kalah atau tertekan oleh orang lain, ia seringkali merasa tidak senang. Perasaan tidak senang yang berlebihan ini dapat memicu crab mentality, di mana seseorang cenderung menarik orang lain ke bawah atau merasa iri terhadap kesuksesan orang lain.
Crab mentality dapat terjadi pada siapa saja dalam berbagai kondisi. Sebagai contoh dalam kehidupan sehari-hari, kita sering melihat seseorang mengeluarkan kritik dengan maksud untuk memanipulasi, merendahkan, dan menjatuhkan orang lain. Situasi ini terjadi akibat rendahnya harga diri (Tagle, 2021), dendam, iri, dan sikap permusuhan terhadap orang lain (Lith, 2017. Dalam Burcu Uzum dkk, 2022). Tindakan tersebut biasanya dilakukan dengan pemikiran bahwa orang lain tidak boleh lebih unggul melebihi dirinya.
ADVERTISEMENT
Menurut Dinar (2022), ciri-ciri crab mentality yang harus kamu ketahui, yaitu:
ADVERTISEMENT
Untuk menghindari crab mentality, kamu perlu menyadari kelebihan serta kekurangan yang kamu miliki. Menurut Sopyan Sauri dkk (2022), terdapat beberapa cara yang dapat diambil untuk menghindari crab mentality:
ADVERTISEMENT
Itulah beberapa langkah yang dapat membantu kamu menjauh dari crab mentality. Salah satu kunci utama untuk meraih kebahagiaan adalah dengan mengatasi perasaan iri hati dalam diri kita.
Kesimpulannya, orang dengan crab mentality didorong oleh dorongan emosional untuk merasa lebih baik tentang diri mereka sendiri, namun enggan mengakui keunggulan orang lain. Mereka juga meyakini secara keliru bahwa kesuksesan orang lain akan berarti kerugian bagi diri mereka sendiri. Terjebak dalam crab mentality dapat menyebabkan seseorang baik mulai dari merasa tertekan, tidak percaya diri, hingga terhambat dalam proses berkembang. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menghindari crab mentality, dimana sikap ini tidak hanya merugikan diri kita sendiri, tetapi juga orang lain. Hal yang perlu diingat adalah dengan mengubah cara kita melihat kesuksesan orang lain sebagai dorongan untuk maju dapat membantu kita meraih kemajuan dalam hidup, sementara perilaku saling menjatuhkan justru akan menghalangi kita dalam mencapai kesuksesan.
ADVERTISEMENT
REFERENSI
Breuning, Loretta Graziano. 2019. When Others Hold You Back: How to Manage The "Crab Bucket Syndrome" and Herd Behavior. https://www.psychologytoday.com/intl/blog/your-neurochemical-self/201903/when-others-hold-you-back - :~:text=Crab%20mentality%20is%20a%20metaphor,humans%2C%20although%20in%20varied%20circumstances
Uzum, B., Ozdemir, Y., Kose, S., Ozkan, O. S., & Seneldir, O. (2022). Crab barrel syndrome: Looking through the lens of type A and type B personality theory and social comparison process. Frontiers in Psychology, 13, 792137. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.792137
Pamugari, Dinar. 2022. Get To Know: Crab Mentality. https://www.cxomedia.id/wellnes/20221018152623-18-176628/get-to-know-crab-mentality - :~:text=According%20to%20Psychology%20Today%2C%20crab,than%20them%20in%20any%20aspect
Sauri, S., Syukron, A., & Haq, M. Z. (2023). CRAB MENTALITY DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’ AN (STUDI ANALISIS TAFSIR TEMATIK). Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, 8(02). https://doi.org/10.30868/at.v8i02.5353