Belajar Fisika Menyenangkan Melalui Komik dan Anime

Mahasiswa Tadris Fisika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Konten dari Pengguna
25 November 2021 20:40
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Dandi Priatama Putra tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Belajar Fisika Menyenangkan Melalui Komik dan Anime (35131)
searchPerbesar
Sumber gambar komik : foto pribadi
Assalamualaikum teman teman, pernah belajar tentang fisika? Menurut kamu fisika itu gimana? Sebagian besar jawabannya pasti sulit, rumit, banyak rumus, dan lain sebagainya. Fisika memang terlihat menyeramkan karena rumus dan hitungannya. Oleh karena itu fisika menjadi salah satu pelajaran yang kurang diminati.
ADVERTISEMENT
Namun belajar fisika bisa menjadi menyenangkan dan tidak membosankan. Mau tau caranya? Simak penjelasan di bawah ini.

Belajar fisika dengan membaca komik

Teman teman pernah membaca komik bukan? Belajar fisika dengan komik akan lebih menyenangkan daripada menghitung rumus rumus dan angka angka. Meskipun di komik tersebut terdapat rumus juga, tetapi tidak terlihat membosankan karena ada gambar yang menarik.
Komik komik yang bernuansa fisika diantaranya dapat diakses di webtoon dan web komik lainnya. Ada juga komik terjemahan dari jepang yang cukup populer seperti Detektif Conan dan Sherlock Holmes.
Misalkan materi pembiasan cahaya. Salah satu bab di komik Detektif Conan yang menjelaskan tentang fenomena broken spectre. Broken spectre adalah peristiwa sinar matahari dibiaskan oleh awan/kabut sehingga di sekitar bayangan orang yang berdiri membelakangi sinar tersebut akan tampak aura seperti pelangi.
ADVERTISEMENT
Dengan menggabungkan cerita komik dengan materi fisika tentunya akan membuat kita menjadi lebih bersemangat. Belajar fisika melalui komik, membuat fisika menjadi lebih menyenangkan.

Belajar fisika dengan menonton anime

Pernah menonton anime? Pasti pernah bukan. Masa kecil kita dahulu dihiasi dengan anime atau kartun kartun. Ternyata dengan menonton anime atau kartun secara tidak langsung kita mempelajari fisika juga.
Anime yang bertemakan fisika diantaranya adalah :
• Detektif Conan menceritakan seorang detektif yang di setiap pemecahan kasus, terkadang menggunakan konsep fisika.
• Dr Stone menceritakan siswa SMA yang menciptakan peradaban modern di zaman batu dengan bantuan fisika.
• Steins Gate menceritakan seorang ilmuwan yang berusaha membuat mesin penjelajah waktu
• dan lain sebagainya.
ADVERTISEMENT
Belajar fisika dengan menonton anime tentunya menambah semangat belajar kita. Fisika tidak membosankan jika dikemas dengan anime. Mungkin tidak melalui anime saja, bisa juga melalui kartun atau film.
Misalnya di serial anime Detektif Conan. Salah satu episode menceritakan tentang pemecahan kasus pembunuhan dengan konsep suhu dan kalor. Di episode tersebut dijelaskan bahwa "Dengan menyatukan kembali 2 bongkah es yang telah terpotong disertai suhu udara disekitar yang membeku, es akan menyatu". Dalam pernyataan tersebut terkandung hukum termodinamika 0 (nol) tentang kesetaraan suhu.
Dalam anime Dr Stone sangat banyak konsep fisika yang diangkat, salah satunya adalah materi optik. Salah satu episodenya bercerita tentang lensa cembung digunakan untuk memfokuskan cahaya sehingga dapat membakar kain. Secara teori hal tersebut benar bahwa sifat dari lensa cembung adalah mengunpulkan cahaya (konvergen).
ADVERTISEMENT
Serial anime Steins Gate menjelaskan teori perpindahan ruang dan waktu. Dalam anime ini dibahas bahwa ingatan dapat dikirim ke masa lalu melalui lubang hitam. Pernyataan tersebut mengarah ke teori black hole. Materi fisika modern banyak dibahas di serial anime ini.
Seru sekali bukan menonton anime bertemakan fisika? Namun harus tetap fokus ke konsep fisikanya ya. Jangan sampai terlena dengan alur ceritanya hingga tidak belajar.
Demikian penjelasan belajar fisika yang menyenangkan. Tertarik untuk mencobanya bukan? Selamat mencoba. Semoga fisika tidak lagi menyeramkan untuk teman teman.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020