Kumplus- Opini 3 Daryono- Tsunami
4 Mei 2021 20:32

Mewaspadai Potensi Gempa Bumi dan Tsunami di Selatan Pulau Jawa

Letak geografis di antara dua benua dan dua samudra membuat Indonesia memiliki sistem cuaca dan iklim kontinen maritim yang khas. Pada periode tertentu, wilayah Indonesia akan selalu mengalami cuaca buruk. Dampaknya, wilayah Indonesia memiliki tingkat kerawanan yang tinggi terhadap berbagai jenis bencana alam faktor meteorologis, seperti: banjir, tanah longsor, dan angin ribut.
Meski begitu, bencana faktor meteorologis bukanlah satu-satunya ancaman buat Indonesia. Negeri kita ini nyatanya juga sangat rawan bencana akibat faktor geologis, khususnya gempa bumi dan tsunami.
Zona selatan Pulau Jawa merupakan bagian dari jalur gempa bumi yang terbentang dari Pulau Sumatera, Jawa, Bali, hingga Nusa Tenggara. Kondisi fisiografi zona selatan Pulau Jawa sangat dipengaruhi oleh aktivitas tumbukan antara Lempeng Indo-Australia dan Lempeng Eurasia di Samudra Indonesia. Kondisi ini menjadikan zona selatan Pulau Jawa sebagai salah satu kawasan dengan tingkat aktivitas kegempaan yang tinggi di Indonesia.

Hanya 20 ribu sebulan,
dapatkan ratusan konten premium kumparan+
Langganan Sekarang